PENERAPAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDN 1 SELAT DALAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021

REWARD AND PUNISHMENT IMPLEMENTATION IN EFFORTS TO IMPROVE TEACHERS' PERFORMANCE AT SDN 1 SELAT IN THE 2020/2021 ACADEMIC YEAR

Authors

  • Ruslina Ruslina SDN 1 Selat Dalam

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5697

Keywords:

Kinerja Guru, Reward, Punishment

Abstract

Salah satu masalah yang menonjol yang sering di temui di SDN 1 Selat adalah masalah kinerja guru, indikator kinerja guru di sini meliputi kinerja dalam perencanaan pembelajaran, kinerja dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang aktif dan  efektif dan kinerja guru dalam penilaian pembelajaran. Oleh karenanya berdasarkan masalah tersebut maka kepala sekolah yang disini sebagai peneliti hendak membimbing guru agar lebih giat lagi kinerjanya melalui pemberian reward dan punishment. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN 1 Selat Dalam Tahun Pelajaran 2020/2021 Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada siklus I peneliti sudah melaksanakan Pemberian Reward dan Punishment untuk memperbaiki kinerja guru di SDN 1 Selat Dalam Kecamatan Selat. Di lihat dari hasil observasi ada peningkatan skor rata-rata dari pra siklus ke siklus I, dimana hasil skor rata-rata observasi pra siklus hanya mencapai skor 5,2 sementara pada siklus I mencapai 9,04 yang artinya kinerja guru bagus. Hasil observasi siklus II mencapai skor 11,5 artinya Kinerja Guru Bagus sekali. Sebanarnya selama ini peneliti sudah beberapa kali melaksanakan Pemberian Reward dan Punishment tapi tidak di laporkan dalam bentuk tulisan seperti PTS ini. Hasil akhir penelitian ini adalah Pemberian Reward dan Punishment dapat meningkatkan kinerja guru SDN  1 Selat Dalam.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ruslina Ruslina, SDN 1 Selat Dalam

SDN 1 Selat Dalam, Kec. Selat, Kab, Kapuas, Kalimantan Tengah, Indonnesia

References

Buchari Alma. (2009). Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung. Penerbit ALFABETA.

Hamzah, Ondi Saondi, dkk, 2009. Etika Profesi Keguruan. Refika Aditama, Jakarta.

Soetjipto dan Raflis Kosasih, (1999).Profesi Keguruan. Jakarta: Reneka cipta.

Sudarwan Danim, 2010. Profesionalisasi dan etika Profesi Guru.Alfabeto, Bandung.

Saondi, Ondi dan Aris Suherman. 2010. Etika Profesi Keguruan. Refika Aditama: Bandung.

Udin syarfuddin Saud. (2009). Pengembangan Profesi Guru. Bandung. Penerbit ALFABETA.

Zainal aqib dan Elham Rohmanto. (2007). Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. Bandung.CV.YRAMA WIDYA.

Anonim, 2008. Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan sekolah (School Action Research) Peningkatan Kompetensi Supervisi Pengawas Sekolah SMA/SMK. Jakarta : Departemen Pendidikan

Anonim,1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Ruslina, R. (2023). PENERAPAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDN 1 SELAT DALAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021: REWARD AND PUNISHMENT IMPLEMENTATION IN EFFORTS TO IMPROVE TEACHERS’ PERFORMANCE AT SDN 1 SELAT IN THE 2020/2021 ACADEMIC YEAR. Anterior Jurnal, 22(3), 71–79. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5697