UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI PELATIHAN TIK DI SD 1 SELAT UTARA TAHUN 2020/2021
EFFORTS TO IMPROVE TEACHERS' ABILITY TO USE COMPUTER AS LEARNING MEDIA THROUGH ICT TRAINING AT SD 1 SELAT UTARA IN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5699Keywords:
Kemampuan Guru, Komputer, Media Pembelajaran, Pelatihan TIKAbstract
Pada umumnya dalam bidang pendidikan, penggunaan teknologi berbasis komputer merupakan cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis mikro prosesor, di mana informasi atau materi yang disampaikan disimpan dalam bentuk digital, bukan dalam bentuk cetakan. Pada kenyataannya guru SD I Selat utara masih belum bisa mengoperasikan Komputer, sehingga sulit untuk mengolah media pembelajaran berbasis teknologi. Oleh karena itu disini peneliti hendak mengadakan pelatihan TIK agar kemampuan guru meningkat dalam penggunaan media Komputer. Penelitian tindakan ini dilaksanakan di SDN 1 Selat utara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Pada tahap refleksi, peneliti mengkaji, melihat dan mempertimbagkan atas hasil pekerjaannya dalam penggunaan komputer. Tahap refleksi dilihat dari tahap pelaksanaan dan observasi, melalui tahap ini dirancang tindakan yang akan diterapkan pada siklus berikutnya yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terjadilah tahap perencanaan – tindakan – observasi – refleksi. Hasil refleksi siklus I, ada 5 guru yang sudah mampu menggunakan komputer, dan ada 4 guru yang belum mampu menggunakan komputer. Hasil refleksi siklus II, semua guru sudah mampu menggunakan komputer sebagai media pembelajaran.
Downloads
References
Depdiknas. 2003. UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2005. UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas
Depdikbud. 1989, Undang-Undang Repuplik Indonesia, No. 2 Tahun 1989 Tentang Pendidikan Nasional, Jakarta, Depdikbud
id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer
Joni. T.Raka, 1992, Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Pendidikan Guru, Dirjendikti Depdikbud
Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta, Kencana.
Sagala, H. Syaiful. 2006, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung, Alfabeta.
Sanjaya. Wina, 2006, Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta, Kencana Prenada Media
Sardiman, AM. 2004, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, Raja Grafindo Persada
Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta, Hikayat Publishing.
Surya. Moh. 1992, Psikologi Pendidikan, Bandung, IKIP Bandung
Surya. Mohamad. 2004, Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Bandung, Bani Quraisy
Suwarno. Wiji. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jogjakarta, Ar-Ruzz Media
Tirtarahardja. Umar dan La Sula. 2000, Pengantar Pendidikan, Jakarta, Reneka Cipta
Wardhani, IGAK.; Wihardit, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta, Depdiknas Universitas Terbuka
www.likethisya.com/pengertian-komputer.html
www.pengertianahli.com/2013/07/pengertian-teknologi-informasi-dan.htm
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.