UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI PELATIHAN TIK DI SD 1 SELAT UTARA TAHUN 2020/2021

EFFORTS TO IMPROVE TEACHERS' ABILITY TO USE COMPUTER AS LEARNING MEDIA THROUGH ICT TRAINING AT SD 1 SELAT UTARA IN 2020/2021

Authors

  • Sani Sani SDN 1 Selat Utara

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5699

Keywords:

Kemampuan Guru, Komputer, Media Pembelajaran, Pelatihan TIK

Abstract

Pada umumnya dalam bidang pendidikan, penggunaan teknologi berbasis komputer merupakan cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis mikro prosesor, di mana informasi atau materi yang disampaikan disimpan dalam bentuk digital, bukan dalam bentuk cetakan. Pada kenyataannya guru SD I Selat utara masih belum bisa mengoperasikan Komputer, sehingga sulit untuk mengolah media pembelajaran berbasis teknologi. Oleh karena itu disini peneliti hendak mengadakan pelatihan TIK agar kemampuan guru meningkat dalam penggunaan media Komputer. Penelitian tindakan ini dilaksanakan di SDN 1 Selat utara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Pada tahap refleksi, peneliti mengkaji, melihat dan mempertimbagkan atas hasil pekerjaannya dalam penggunaan komputer. Tahap refleksi dilihat dari tahap pelaksanaan dan observasi, melalui tahap ini dirancang tindakan yang akan diterapkan pada siklus berikutnya yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terjadilah tahap perencanaan – tindakan – observasi – refleksi. Hasil refleksi siklus I, ada 5 guru yang sudah mampu menggunakan komputer, dan ada 4 guru yang belum mampu menggunakan komputer. Hasil refleksi siklus II, semua guru  sudah mampu menggunakan komputer sebagai media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sani Sani, SDN 1 Selat Utara

SDN 1 Selat Utara, Kec. Selat, Kab. Kapuas, Kalimantan Tengah, Indonesia

References

Depdiknas. 2003. UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2005. UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas

Depdikbud. 1989, Undang-Undang Repuplik Indonesia, No. 2 Tahun 1989 Tentang Pendidikan Nasional, Jakarta, Depdikbud

id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer

Joni. T.Raka, 1992, Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Pendidikan Guru, Dirjendikti Depdikbud

Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta, Kencana.

Sagala, H. Syaiful. 2006, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung, Alfabeta.

Sanjaya. Wina, 2006, Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta, Kencana Prenada Media

Sardiman, AM. 2004, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, Raja Grafindo Persada

Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta, Hikayat Publishing.

Surya. Moh. 1992, Psikologi Pendidikan, Bandung, IKIP Bandung

Surya. Mohamad. 2004, Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Bandung, Bani Quraisy

Suwarno. Wiji. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jogjakarta, Ar-Ruzz Media

Tirtarahardja. Umar dan La Sula. 2000, Pengantar Pendidikan, Jakarta, Reneka Cipta

Wardhani, IGAK.; Wihardit, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta, Depdiknas Universitas Terbuka

www.likethisya.com/pengertian-komputer.html

www.pengertianahli.com/2013/07/pengertian-teknologi-informasi-dan.htm

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Sani, S. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI PELATIHAN TIK DI SD 1 SELAT UTARA TAHUN 2020/2021: EFFORTS TO IMPROVE TEACHERS’ ABILITY TO USE COMPUTER AS LEARNING MEDIA THROUGH ICT TRAINING AT SD 1 SELAT UTARA IN 2020/2021. Anterior Jurnal, 22(3), 80–85. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5699