PENERAPAN METODE CARD SORT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI DI SDN 1 ARUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021
IMPLEMENTATION OF THE CARD SORT METHOD IN THEMATIC LEARNING IN AN EFFORT TO IMPROVE THE LEARNING OUTCOMES OF CLASS VI STUDENTS AT SDN 1 ARUK IN ACADEMIC YEAR 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5700Keywords:
Hasil Belajar Siswa, Metode Card SortAbstract
Dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran Tematik, strategi, metode, dan teknik pun sangat diperlukan. Berdasarkan observasi di kelas VI SDN I Aruk, guru sangat jarang menggunakan metode pembelajaran dalam pelajaran Tematik, ketika didalam kelas guru cenderung melakukan metode campuran, seperti ceramah, penugasan dan lain-lain. Hal itu menyebabkan hasil pembelajaran siswa yang masih rendah, Oleh Karena itu penulis berupaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode Card Sort pada mata pelajaran Tematik pada tema menyayangi tumbuhan dan hewan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 1 Aruk pada semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah: 28 orang siswa. Instrument yang digunakan dalam peneitian ini adalah Lembar Observasi, Lembar Wawancara, Dokumentasi. Berdasarkan hasil tes yang dilaksanakan pada siklus I sampai siklus II terdapat peningkatan. Tercatat di siklus I siswa yang mendapat nilai rendah berjumlah 21 siswa menjadi 5 siswa dengan presentase 15,15% dan juga hanya 2 siswa yang nilainya berada di bawah KKM. Kemudian, siswa yang mendapat nilai sedang juga mengalami peningkatan, pada siklus I terdapat 11 siswa yang mendapat nilai sedang dengan presentase 33,33% menjadi 17 siswa yang mendapat nilai sedang dengan presentase 51,52%. Dan yang mendapat nilai tinggi pada siklus I hanya 1 orang siswa dengan presentase 3,03% meningkat menjadi 11 siswa yang mendapat nilai tinggi dengan presentase 33,33% pada siklus II. Dengan demikian nilai rata-rata posttest dalam penerapan siklus I yaitu 72,42 meningkat menjadi 86,96 di siklus II. Hal ini dapat dibuktikan dengan berkurangnya siswa yang mendapat nilai di bawah KKM.
Downloads
References
Abdurohim, Acep lim. Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap. Bandung: CV Penerbit Diponegoro. 2003.
Albar, Melani. “Penggunaan Metode Card Sort untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Penguasaan Mufradat (Kosa Kata) pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VB di MI Islamiyah Sukun Malang”, Skripsi pada Jurusan PGMI Fakultas UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2011.
Annuri, H. Ahmad. Panduan Tahsîn Tilâwah Al-Qur’an dan Pembahasan Ilmu Tajwid. Jakarta: Al-Kautsar. 2010.
Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.2007. cet.4.
B. Uno, Hamzah. Profesi Kependidikan (Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia). Jakarta: PT Bumi Aksara. 2007.
Cahyawati, Yunita. “Penerapan Strategi Card Sort dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Komunikasi dan Prestasi Belajar Siswa”. Skripsi pada FKIP UMS, 2012.
Daradjat, Zakiyah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara. 1992.
Hartono, Strategi Pembelajaran Active Learning (Suatu Strategi Pembelajaran Berbasis Student Centred) www.sanaky.com. 21 Februari 2020.
https://ahmadmuhli.wordpress.com/2015/08/15.
Moeliono, Anton. et.all., Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Munadi, Yudhi. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Gaung Persada Press. 2008.
Musfah, Jejen. Manajemen Pendidikan (Teori, Kebijakan, dan Praktik). Jakarta: Prenadamedia Group. 2015.
Nisa’, Khoirun. “Implementasi Metode Card Sort dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII-A di MTs Al-Urwatul Wutsqo Bulurjo Diwek Jombang”, Skripsi pada Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2010.
Nizhan , Abu. Buku Pintar Al-Qur’an. Jakarta: Qultum Media. 2008.
Nurdin, Syarifuddin. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: PT Ciputat Press. 2005.
Rajasa, Sutan. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Karya Utama. 2002.
S. Sadiman, Arief, dkk. Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 2007.
Sabri, M. Alisuf. Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: UIN Jakarta Press. 2005.
Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Fajar Interpratama. 2008.
Soenarto, Ahmad. Pelajaran Tajwid Praktis dan Lengkap. Jakarta: Bulan Terang.
Suprobowati, Widiati. “Penerapan Strategi Pembelajaran Akif Model Question Student Have Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa IPS Ekonomi Kelas VIII”, Penelitian Tindakan Kelas di SMPN 5 Kota Tangerang Selatan pada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta, 2012, tidak dipublikasikan.
Surya , Mohammad, dkk. Landasan Pendidikan: Menjadi Guru yang Baik. Bogor: Ghalia Indonesia. 2010.
Syamsuri, Hasani Ahmad. Studi Ulumul Qur’an. Ciputat: Zikra Multi. 2009.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 2003. Edisi Ketiga.
Trianto, Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Praktek).
Jakarta: Prestasi Pustaka. 2011.
Yasin, A. Fatah. Dimensi-dimensi Pendidikan Islam. Malang: UIN Malang Press.
Yunus, Mahmud. Pokok-pokok Pendidikan dan Pengajaran. Jakarta: PT Hidakarya Agung. 1990.
Zaini, Hisyam, dkk. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. 2004.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Santra Budi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.