UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEFEKTIFKAN PEMBELAJARAN MELALUI PROGRAM PEMBINAAN GURU DAN SUPERVISI AKADEMIK DI SD NEGERI 8 SELAT HILIR TAHUN PELAJARAN 2020/2021
EFFORTS TO IMPROVE TEACHERS' ABILITY IN EFFECTIVE LEARNING THROUGH TEACHER DEVELOPMENT AND ACADEMIC
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5701Keywords:
Kemampuan Guru, Efektifitas Pembelajaran, Program Pembinaan Guru, Supervisi AkademikAbstract
Pembinaan guru merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah agar guru memiliki kompetensi dalam proses pembelajaran termasuk dalam mengelola pembelajaran di kelas. Pembinaan guru bertujuan agar dalam proses pembelajaran memiliki mutu pembelajaran. Berdasarkan hasil supervisi yang dilakukan oleh peneliti di SD Negeri 8 Selat Hilir terhadap 10 orang guru, didapat bahwa belum semua guru menyiapkan perencanaan pembelajaran, perencanaan dibuat setelah pelaksanaan pembelajaran hanya untuk memenuhi administrasi saja.Oleh karena itu peneliti melakukan upaya dengan melaksanakan Program pembinaan guru dan supervisi akademik agar dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengefektifkan pembelajaran di SD Negeri 8 Selat Hilir. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 8 Selat Hilir dengan subjek penelitian adalah guru yang ada di sekolah ini yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian tahap I siklus I total skor observasi mencapai 90 dan skor rata-rata adalah 8,8. Atau 60%, tahap II siklus I total skor observasi mencapai 96 dan skor rata-rata adalah 9,3. Dan tahap III siklus I total skor observasi mencapai 99 dan skor rata-rata adalah 9,6. Pada siklus II ini, Kepala sekolah melaksanakan Program pembinaan guru dan supervisi akademik dengan 3 X pertemua yakni tahap I, II dan III. Pada tahap I siklus II guru sudah mulai faham dan mampu dalam mengefektifkan pembelajaran dan sudah maksimal karena skor yang di dapat dari hasil observasi adalah 11,3 dengan kriteria Skor maksimal tiap guru: 3X4 = 12, yang berarti Kemampuan guru dalam mengefektifkan pembelajaran sudah sangat baik.
Downloads
References
A’yun, Iim. Pembinaan Profesi Guru, diunduh selasa, 8 oktober 2013,(09.32)
Alma, Buchari dkk. 2010. Guru Profesional. Bandung: CV.Alfabeta.
Anonim, 2008. Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan sekolah (School Action Research) Peningkatan Kompetensi Supervisi Kepala sekolah SMA/SMK. Jakarta : Departemen Pendidikan
Anonim. 2011. Pembinaan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. (Online), http://cacamaupoet.blogs.com/2011/09/pembinaan-profesionalisme-tenaga/ Diakses pada tanggal 19 september 2014.
Basuki,Wibawa. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan
Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan. Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
Departemen Pendidikan Nasional.2003 Kegiatan Belajar Mengajar Yang Efektif.Jakarta Departemen Pendidikan Nasional.
Dwi Siswoyo, dkk. 2013. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Glickman, John1981. Reconstructing American Education.Harvard University Press.
Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: PT. Bumi Aksara,2004.
http://duseptipanggabean.blogspot.com/2012/01/menciptakan-suasana-belajar-yang.html
Kartini, kartono. 2005. Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta : PT. Raja Grafindo. Persada.
KBBI, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional RI, http://pusatbahasa.kemdiknas.go.id/lamanbahasa/
Muhson, Ali. Agustus 2004. “Meningkatkan Profesionalisme Guru”. Jurnal. Ekonomi dan Pendidikan. Volume II No. 1.
Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.
Musfah, Jejen. 2015. Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan dan. Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia
Nasional Direktorat Jendral PMPTS. Arikanto S dan S. Supardi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Rastodio, 2009, Kompetensi Guru, Jakarta: Bumi Aksara
Sergiovanni T.J. Supervision of Teaching. ... Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan LPTK.
Sri Esti Wuryani Djiwandono. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Hamidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.