UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI MELALUI KEGIATAN SUPERVISI MANAJERIAL DI SD NEGERI 2 SELAT UTARA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2020/2021
EFFORTS TO IMPROVE TEACHERS' ABILITY IN ADMINISTRATIVE MANAGEMENT THROUGH MANAGERIAL SUPERVISION ACTIVITIES AT SD NEGERI 2 SELAT UTARA SEMESTER I IN ACADEMIC YEAR 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5703Keywords:
Kemampuan Guru, Pengelolaan Administrasi, Supervisi ManajerialAbstract
Sekolah yang administrasinya kurang efektif dan kurang efisien akan menghambat penyelenggaraan upaya sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan. Secara umum, administrasi sekolah dapat diartikan sebagai upaya pengaturan dan pendayagunaan seluruh sumberdaya sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan di sekolah secara optimal. Pada hasil supervise oleh peneliti Masalah yang terjadi di SD Negeri 2 Selat Utara Kecamatan Selat adalah kemampuan guru dalam pengelolaan administrasi masih rendah. Oleh karena itu Peneliti Ingin Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Administrasi Melalui Kegiatan Supervisi Manajerial Di SD Negeri 2 Selat Utara Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). subjek penelitian adalah guru SDN 2 Selat Utara. Instrument yang digunakan dalam peneitian ini adalah Lembar Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Pada pra tindakan di hasilkan skor rata-rata seluruh sekolah binaan 25,66 artinya kemampuan guru dalam pengelolaan administrasi cukup. Pada siklus I mendapatkan skor rata-rata seluruh sekolah binaan 56,22 artinya kemampuan guru dalam pengelolaan administrasi Baik, sedangkan target penelitian ini adalah kemampuan guru dalam pengelolaan administrasi amat baik, maka supervisi manajerial akan di tambah waktunya dalam siklus II.Pada siklus II di hasilkan skor rata-rata seluruh sekolah binaan 75,77 artinya kemampuan guru dalam pengelolaan administrasi amat baik, artinya sudah memenuhi target kemampuan guru dalam pengelolaan administrasi. Pada hasil peneliti menilai bahwa guru sudah mampu menertibkan administrasi kesiswaan, guru mampu dalam menertibkan administrasi kurikulum, guru mampu dalam menertibkan administrasi pendidik dan tenaga kependidikan, guru mampu dalam menertibkan administrasi sarana-prasarana, guru mampu dalam Menertibkan administrasi keuangan (Bendahara).
Downloads
References
Bafadal, Ibrahim. 503. Peningkatan Profesional Guru Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Dakir. Pengembangan Disiplin Guru. (Online). (dakir.wordpress.com, diakses 1 Maret 2010).
Dimyati dan Mudjiono, 1999, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dirjen Dikdasmen, 1996. Pengelolaan Sekolah di Sekolah, Jakarta: Depdikbud.
Sardiman, AM, 501. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Subagio. (2010) Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran [On Line]. Tersedia : http://subagio- subagio.blogspot.com/2010/03/kompetensi-guru-dalam-meningkatkan-mutu.htm
Syamsul Hadi, (509). Kepemimpinan Pembelajaran, Makalah Disampaikan ada Sosialisasi Akuntabilitas Kinerja Kepala Sekolah Dalam Inovasi Pembelajaran.
Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Tenaga Kependidikan
KBBI.1996. Edisi Kedua. Jakarta:Balai Pustaka.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 19 Tahun 507. Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Syaifulhijrah. Pengertian Perilaku, Disiplin, Unsur-unsur Disiplin, Fungsi Disiplin, Jenis-jenis Disiplin. (Online). (Syaifulhijrah.blogspot.com, diakses 1 Maret 2010).
Tu’u, Tulus. 504. Peran Disiplin pada perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Undang-Undang No. 20 Tahun 503. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siwun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.