UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI MELALUI KEGIATAN SUPERVISI MANAJERIAL DI SD NEGERI 2 SELAT UTARA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2020/2021

EFFORTS TO IMPROVE TEACHERS' ABILITY IN ADMINISTRATIVE MANAGEMENT THROUGH MANAGERIAL SUPERVISION ACTIVITIES AT SD NEGERI 2 SELAT UTARA SEMESTER I IN ACADEMIC YEAR 2020/2021

Authors

  • Siwun Siwun SDN 2 Selat Utara

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5703

Keywords:

Kemampuan Guru, Pengelolaan Administrasi, Supervisi Manajerial

Abstract

Sekolah yang administrasinya kurang efektif dan kurang efisien akan menghambat penyelenggaraan upaya sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan. Secara umum, administrasi sekolah dapat diartikan sebagai upaya pengaturan dan pendayagunaan seluruh sumberdaya sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan di sekolah secara optimal. Pada hasil supervise oleh peneliti Masalah yang terjadi di SD Negeri 2 Selat Utara Kecamatan Selat adalah kemampuan guru dalam pengelolaan administrasi masih rendah. Oleh karena itu Peneliti Ingin Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Administrasi Melalui Kegiatan Supervisi Manajerial Di SD Negeri 2 Selat Utara Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode yang  digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). subjek penelitian adalah guru SDN 2 Selat Utara. Instrument yang digunakan dalam peneitian ini adalah Lembar Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Pada pra tindakan di hasilkan skor rata-rata seluruh sekolah binaan 25,66 artinya kemampuan guru dalam pengelolaan administrasi cukup. Pada siklus I mendapatkan skor rata-rata seluruh sekolah binaan 56,22 artinya kemampuan guru dalam pengelolaan administrasi Baik, sedangkan  target penelitian ini adalah kemampuan guru dalam pengelolaan administrasi amat baik, maka supervisi manajerial akan di tambah waktunya dalam siklus II.Pada siklus II di hasilkan skor rata-rata seluruh sekolah binaan 75,77 artinya kemampuan guru dalam pengelolaan administrasi amat baik, artinya sudah memenuhi target kemampuan guru dalam pengelolaan administrasi. Pada hasil peneliti menilai bahwa guru sudah mampu menertibkan administrasi kesiswaan, guru mampu dalam menertibkan administrasi kurikulum, guru mampu dalam menertibkan administrasi pendidik dan tenaga kependidikan, guru mampu dalam menertibkan administrasi sarana-prasarana, guru mampu dalam Menertibkan administrasi keuangan (Bendahara).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Siwun Siwun, SDN 2 Selat Utara

SDN 2 Selat Utara, Kec. Selat, Kab. Kapuas, Kalimantan Tengah, Indonesia

References

Bafadal, Ibrahim. 503. Peningkatan Profesional Guru Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dakir. Pengembangan Disiplin Guru. (Online). (dakir.wordpress.com, diakses 1 Maret 2010).

Dimyati dan Mudjiono, 1999, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dirjen Dikdasmen, 1996. Pengelolaan Sekolah di Sekolah, Jakarta: Depdikbud.

Sardiman, AM, 501. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Subagio. (2010) Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran [On Line]. Tersedia : http://subagio- subagio.blogspot.com/2010/03/kompetensi-guru-dalam-meningkatkan-mutu.htm

Syamsul Hadi, (509). Kepemimpinan Pembelajaran, Makalah Disampaikan ada Sosialisasi Akuntabilitas Kinerja Kepala Sekolah Dalam Inovasi Pembelajaran.

Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Tenaga Kependidikan

KBBI.1996. Edisi Kedua. Jakarta:Balai Pustaka.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 19 Tahun 507. Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Syaifulhijrah. Pengertian Perilaku, Disiplin, Unsur-unsur Disiplin, Fungsi Disiplin, Jenis-jenis Disiplin. (Online). (Syaifulhijrah.blogspot.com, diakses 1 Maret 2010).

Tu’u, Tulus. 504. Peran Disiplin pada perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Undang-Undang No. 20 Tahun 503. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Siwun, S. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI MELALUI KEGIATAN SUPERVISI MANAJERIAL DI SD NEGERI 2 SELAT UTARA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2020/2021: EFFORTS TO IMPROVE TEACHERS’ ABILITY IN ADMINISTRATIVE MANAGEMENT THROUGH MANAGERIAL SUPERVISION ACTIVITIES AT SD NEGERI 2 SELAT UTARA SEMESTER I IN ACADEMIC YEAR 2020/2021. Anterior Jurnal, 22(3), 118–127. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5703