MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS TANGGAPAN DESKRIPTIF MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DI KELAS VII B SMP NEGERI 1 KURUN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2021/2022

INCREASING INDONESIAN LEARNING ACHIEVEMENT DESCRIPTIVE RESPONSE TEXT MATERIAL THROUGH DEMONSTRATION LEARNING METHODS IN CLASS VII B OF SMP NEGERI 1 ODD SEMESTER IN ACADEMIC YEAR 2021/2022

Authors

  • Sri Hayati SMPN 1 Kurun

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5704

Keywords:

Prestasi Belajar, Bahasa Indonesia, Metode Pembelajaran, Demonstrasi

Abstract

Rendahnya prestasi belajar siswa pada pembelajaran menyusun teks tanggapan deskriptif terlihat dari 28 siswa hanya, 12 orang yang mampu mengetahui (mengingat) materi yang diberikan guru, 12 orang siswa yang aktif menjawab pertanyaan, 10 orang siswa yang aktif menanggapi pertanyaan, 10 orang siswa yang mampu merespon materi pelajaran.Oleh karenanya guru yang disini berperan sebagai peneliti hendak menggunakan metode pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kurun kelas VII B. Jumlah siswa kelas VII B ada 28 siswa. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil tindakan kelas, observasi, analisis dan pembahasan yang telah di dilaksanakan dalam dua siklus sebagaimana dikemukakan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar Keterampilan menyusun teks tanggapan deskriptif kelas VII B semester 1 SMP Negeri 1 Kurun tahun pelajaran 2021/2022, terbukti dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan pembelajaran, sebelum tindakan sebesar 35,71% (10 siswa) menjadi 75% (21 siswa) pada siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 100% (28 siswa). Pada awal siklus terdapat beberapa kelemahan dalam proses pembelajaran, tetapi setelah diadakan refleksi dan perbaikan maka proses pembelajaran pada siklus II dapat mencapai keberhasilan sesuai target yang diharapkan. Jadi semua indikator kinerja telah tercapai, maka hipotesis tindakan berbunyi bahwa” dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar Keterampilan menyusun teks tanggapan deskriptif Kelas VII B semester 1 SMP Negeri 1 Kurun tahun pelajaran 2021/2022” telah terbukti

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sri Hayati, SMPN 1 Kurun

SMPN 1 Kurun, Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Indonesia

References

Abdul Majid dan Dian Andayani. 2004. Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Agus Suprijono. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bahsori Muhsin. 2000. Humanistik. Bandung: PT Rafika Aditama

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah.

Yogyakarta: Gava Media

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hadari Nawawi. 1993. Pendidikan dalam Islam. Surabaya: Al-Ikhlas

Hasan Basri. 2015. Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia

Hery Noer Dan Munzier, 2000. Watak Pembelajaran. Jakarta: Friska Agung Insani

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press

Khuriyah. 2014. Metodologi Pembelajaran menyusun teks tanggapan deskriptif. Sukoharjo: Fataba Press

Lexy J. Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muhaimin. 2002. Paradigma Pembelajaran. Bandung Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Hayati, S. (2023). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS TANGGAPAN DESKRIPTIF MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DI KELAS VII B SMP NEGERI 1 KURUN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2021/2022: INCREASING INDONESIAN LEARNING ACHIEVEMENT DESCRIPTIVE RESPONSE TEXT MATERIAL THROUGH DEMONSTRATION LEARNING METHODS IN CLASS VII B OF SMP NEGERI 1 ODD SEMESTER IN ACADEMIC YEAR 2021/2022. Anterior Jurnal, 22(3), 128–139. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5704