MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS TANGGAPAN DESKRIPTIF MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DI KELAS VII B SMP NEGERI 1 KURUN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2021/2022
INCREASING INDONESIAN LEARNING ACHIEVEMENT DESCRIPTIVE RESPONSE TEXT MATERIAL THROUGH DEMONSTRATION LEARNING METHODS IN CLASS VII B OF SMP NEGERI 1 ODD SEMESTER IN ACADEMIC YEAR 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5704Keywords:
Prestasi Belajar, Bahasa Indonesia, Metode Pembelajaran, DemonstrasiAbstract
Rendahnya prestasi belajar siswa pada pembelajaran menyusun teks tanggapan deskriptif terlihat dari 28 siswa hanya, 12 orang yang mampu mengetahui (mengingat) materi yang diberikan guru, 12 orang siswa yang aktif menjawab pertanyaan, 10 orang siswa yang aktif menanggapi pertanyaan, 10 orang siswa yang mampu merespon materi pelajaran.Oleh karenanya guru yang disini berperan sebagai peneliti hendak menggunakan metode pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kurun kelas VII B. Jumlah siswa kelas VII B ada 28 siswa. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil tindakan kelas, observasi, analisis dan pembahasan yang telah di dilaksanakan dalam dua siklus sebagaimana dikemukakan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar Keterampilan menyusun teks tanggapan deskriptif kelas VII B semester 1 SMP Negeri 1 Kurun tahun pelajaran 2021/2022, terbukti dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan pembelajaran, sebelum tindakan sebesar 35,71% (10 siswa) menjadi 75% (21 siswa) pada siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 100% (28 siswa). Pada awal siklus terdapat beberapa kelemahan dalam proses pembelajaran, tetapi setelah diadakan refleksi dan perbaikan maka proses pembelajaran pada siklus II dapat mencapai keberhasilan sesuai target yang diharapkan. Jadi semua indikator kinerja telah tercapai, maka hipotesis tindakan berbunyi bahwa” dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar Keterampilan menyusun teks tanggapan deskriptif Kelas VII B semester 1 SMP Negeri 1 Kurun tahun pelajaran 2021/2022” telah terbukti
Downloads
References
Abdul Majid dan Dian Andayani. 2004. Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Agus Suprijono. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Bahsori Muhsin. 2000. Humanistik. Bandung: PT Rafika Aditama
Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah.
Yogyakarta: Gava Media
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hadari Nawawi. 1993. Pendidikan dalam Islam. Surabaya: Al-Ikhlas
Hasan Basri. 2015. Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia
Hery Noer Dan Munzier, 2000. Watak Pembelajaran. Jakarta: Friska Agung Insani
Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press
Khuriyah. 2014. Metodologi Pembelajaran menyusun teks tanggapan deskriptif. Sukoharjo: Fataba Press
Lexy J. Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muhaimin. 2002. Paradigma Pembelajaran. Bandung Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sri Hayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.