PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DARING MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SDN 4 SELAT HULU TAHUN PELAJARAN 2021/2022
IMPROVING TEACHERS' ABILITY TO UTILIZE DIGITAL-BASED LEARNING MEDIA IN ONLINE LEARNING THROUGH ACADEMIC SUPERVISION AT SDN 4 SELAT HULU ACADEMIC YEAR 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5706Keywords:
Kemampuan Guru, Media Pembelajaran Digital, Pembelajaran Daring, Supervisi AkademikAbstract
Berdasarkan penjajakan awal yang penulis lakukan di SDN 4 Selat Hulu, semenjak wabah virus corona melanda negeri ini, pembelajaran di laksanakan secara daring (dalam jaringan). Karena biasanya pembelajaran di laksankan secara tatap muka, tentu saja system pembelajaran daring yang begitu mendadak berdampak pada kegagapan guru dan siswa karena belum terbiasa melaksanakan pembelajaran daring. Bertitik tolak dari pemikiran di atas, maka kepala sekolah hendak meningkatkan kemampuan guru memanfaatkan media pembelajaran berbasis digital dalam pembelajaran daring melalui supervisi akademik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (School Action Research). Penelitian ini akan dilaksanakan di SDN 4 Selat Hulu. Penelitian akan dilakukan pada semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancacara dan dokumentasi. Pada pra siklus peneliti baru mengamati seberapa besar Kemampuan guru memanfaatkan media pembelajaran berbasis digital dalam pembelajaran daring dan ternyata hasilnya sangat rendah yakni mendapat skor rata-rata hanya mencapai 6,4 artinya kemampuan guru memanfaatkan media pembelajaran berbasis digital dalam pembelajaran daring kurang baik. Di lihat dari Hasil supervisi ada peningkatan skor rata-rata dari pra siklus ke siklus I, dimana hasil skor rata-rata observasi pra siklus hanya mencapai skor 5 sementara pada siklus I mencapai 11,4 yang artinya kemampuan guru memanfaatkan media pembelajaran berbasis digital dalam pembelajaran daring baik. Selanjutnya pada siklus II Hasil supervisi mencapai skor 15,8 artinya Kemampuan guru memanfaatkan media pembelajaran berbasis digital dalam pembelajaran daring sangat baik.
Downloads
References
Al-amri, Icras Hamid.2006. Pengembangan Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar.Yogyakarta : Departemen Nasional.
Anas Sudijono. 2001. Pengantar Ealuasi Pendidikan. Jakarta. RajaGrafindo Persada
Arikunto Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Glickman, C.D. (1981). Development supervision: Alternative practice for helping teacher improve instruction.
Hamalik, 1994. Media Pendidikan . Bandung : Citra Aditya Bakti
Hamzah. 2011. Profesi Kependidikan : Problema, Solusi, dan Formasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta : Numi Aksara.
Imam Gunawan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mulyasa.2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.Bandung : Remaja Rosdakarya.
Nurfuadi, Moh.Roqib. 2009. Kepribadian Guru. Yogyakarta : Grafindo Litera Media.
Santyasa, I W. 2004. Pengaruh Model dan Setting Pembelajaran Terhadap. Remidiasi Miskonsepsi, Pemahaman Konsep, dan Hasil Belajar Siswa. Pada Siswa SMU
Stephen P.Robbins, 2009. Manajemen, Jilid 1. Edisi Kesepuluh. Jakarta, Penerbit. Erlangga
Sudibyo, Bambang. 2008.Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja RoSDakarya.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta CV.
Suharjono. 2010. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Malang: Lembaga Cakrawala Indonesia (LCI).
Suharsaputra, Uhar. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung : Refika Aditama.
Surakhmad, Winarno. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT REMAJA ROSDA KARYA.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Jakarta, Sekretariat Negara.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Fokus Media.
W.S. Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sri Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.