PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DARING MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SDN 4 SELAT HULU TAHUN PELAJARAN 2021/2022 IMPROVING TEACHERS' ABILITY TO UTILIZE DIGITAL-BASED LEARNING MEDIA IN ONLINE LEARNING THROUGH ACADEMIC SUPERVISION AT SDN 4 SELAT HULU ACADEMIC YEAR 2021/2022

Main Article Content

Sri Rahayu

Abstract

Berdasarkan penjajakan awal yang penulis lakukan di SDN 4 Selat Hulu, semenjak wabah virus corona melanda negeri ini, pembelajaran di laksanakan secara daring (dalam jaringan). Karena biasanya pembelajaran di laksankan secara tatap muka, tentu saja system pembelajaran daring yang begitu mendadak berdampak pada kegagapan guru dan siswa karena belum terbiasa melaksanakan pembelajaran daring. Bertitik tolak dari pemikiran di atas, maka kepala sekolah hendak meningkatkan kemampuan guru memanfaatkan media pembelajaran berbasis digital dalam pembelajaran daring melalui supervisi akademik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (School Action Research). Penelitian ini akan dilaksanakan di SDN 4 Selat Hulu. Penelitian akan dilakukan pada semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancacara dan dokumentasi. Pada pra siklus peneliti baru mengamati seberapa besar Kemampuan guru memanfaatkan media pembelajaran berbasis digital dalam pembelajaran daring dan ternyata hasilnya sangat rendah yakni mendapat skor rata-rata hanya mencapai 6,4 artinya kemampuan guru memanfaatkan media pembelajaran berbasis digital dalam pembelajaran daring kurang baik. Di lihat dari Hasil supervisi ada peningkatan skor rata-rata dari pra siklus ke siklus I, dimana hasil skor rata-rata observasi pra siklus hanya mencapai skor 5 sementara pada siklus I mencapai 11,4 yang artinya kemampuan guru memanfaatkan media pembelajaran berbasis digital dalam pembelajaran daring baik. Selanjutnya pada siklus II Hasil supervisi mencapai skor 15,8 artinya Kemampuan guru memanfaatkan media pembelajaran berbasis digital dalam pembelajaran daring sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahayu, S. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DARING MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SDN 4 SELAT HULU TAHUN PELAJARAN 2021/2022: IMPROVING TEACHERS’ ABILITY TO UTILIZE DIGITAL-BASED LEARNING MEDIA IN ONLINE LEARNING THROUGH ACADEMIC SUPERVISION AT SDN 4 SELAT HULU ACADEMIC YEAR 2021/2022. Anterior Jurnal, 22(3), 140–149. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5706
Section
Articles
Author Biography

Sri Rahayu, SDN 4 Selat Hulu

SDN 4 Selat Hulu, Kec. Selat, Kab. Kapuas, Kalimantan Tengah, Indonesia

References

Al-amri, Icras Hamid.2006. Pengembangan Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar.Yogyakarta : Departemen Nasional.

Anas Sudijono. 2001. Pengantar Ealuasi Pendidikan. Jakarta. RajaGrafindo Persada

Arikunto Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Glickman, C.D. (1981). Development supervision: Alternative practice for helping teacher improve instruction.

Hamalik, 1994. Media Pendidikan . Bandung : Citra Aditya Bakti

Hamzah. 2011. Profesi Kependidikan : Problema, Solusi, dan Formasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta : Numi Aksara.

Imam Gunawan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyasa.2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nurfuadi, Moh.Roqib. 2009. Kepribadian Guru. Yogyakarta : Grafindo Litera Media.

Santyasa, I W. 2004. Pengaruh Model dan Setting Pembelajaran Terhadap. Remidiasi Miskonsepsi, Pemahaman Konsep, dan Hasil Belajar Siswa. Pada Siswa SMU

Stephen P.Robbins, 2009. Manajemen, Jilid 1. Edisi Kesepuluh. Jakarta, Penerbit. Erlangga

Sudibyo, Bambang. 2008.Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja RoSDakarya.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta CV.

Suharjono. 2010. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Malang: Lembaga Cakrawala Indonesia (LCI).

Suharsaputra, Uhar. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung : Refika Aditama.

Surakhmad, Winarno. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT REMAJA ROSDA KARYA.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Jakarta, Sekretariat Negara.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Fokus Media.

W.S. Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.