PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN SUSUN KELAS VI SDN 1 SELAT DALAM TAHUN 2020/2021

IMPLEMENTATION OF PROBLEM-BASED LEARNING MODELS IN EFFORTS TO INCREASE STUDENTS' LEARNING MOTIVATION IN MATHEMATICS MATERIAL DIVISION OF GRADE VI SDN 1 SELAT IN 2020/2021

Authors

  • Sukmowati Rubikah SDN 1 Selat Dalam

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5707

Keywords:

Motivasi Belajar, Matematika, Pembagian Susun, Problem Based Learning

Abstract

Berdasarkan hasil observasi guru kelas di hasilkan bahwa masih banyak siswa yang belum bisa mengerjakan soal pembagian bersusun. Selain itu, dalam pembelajaran pembagian bersusun guru belum pernah mengadakan diagnosis kesulitan belajar yang dialami siswa secara mendalam. Siswa dikatakan mengalami kesulitan belajar jika mendapatkan nilai rendah dalam penguasaan materi pembagian bersusun.Oleh karenanya guru kelas yang disini merupakan peneliti hendak meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika materi pembagian susun (porogapit) melalui model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini akan dilaksanakan di SDN 1 Selat. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancacara, Tes dan dokumentasi. Adapun hasil observasi siklus I di peroleh skor 181 artinya Motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika materi pembagian susun (porogapit) baik, dan jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 22 sedangkan Rata-rata kelas siklus I adalah 75,79. Hasil observasi motivasi belajar siswa pada siklus II menyebutkan bahwa ketertarikan siswa untuk mempelajari materi pembelajaran meningkat dibandingkan siklus sebelumnya sehingga dapat dikatakan siswa semakin terpemahaman dengan penggunaan model pembelajaran problem based learning oleh siswa. Adapun hasil observasi siklus II di peroleh skor 220 artinya Motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika materi pembagian susun (porogapit) sangat baik, dan jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 28 sedangkan Rata-rata kelas siklus II adalah 80,48, artinya penggunaan Model pembelajaran problem based learning mampu meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika materi pembagian susun (porogapit).  

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sukmowati Rubikah, SDN 1 Selat Dalam

SDN 1 Selat Dalam, Kec. Selat, Kab. Kapuas, Kalimantan Tengah, Indonesia

References

Sardiman. 2012. Interaksi dan Pemahaman Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: BumiAksara.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Jakarta: Persada.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Uno, Hamzah B. 2012. Teori Pemahaman & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

http://www.rumusmatematikadasar.com/2015/01/materi-bangun-ruang-sisi-lengkung-smp-kelas-9.html

Noor, Juliansyah. 2012. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Agus Purwanto,Erwan dan Dyah Ratih Sulistyastuti. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Untuk Administrasi Publik, Dan Masalah- masalah Sosial. Yogyakarta: Gaya Media

Arikunto, Suharismi . 2010. Prosedur Penelitian Sebuah Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Agoes Dariyo, Dasar-Dasar Pedagogi Modern, (Jakarta : PT Indeks Permata Puri Media. 2013).

Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si, Psikologi Pendidikan, (Jakarta : Raja Grafindo Persada. 2014

John W. Santrock, Educational Psychology Buku 2, (Jakarta : Salemba Humanika. 2009)).

Slameto, Belajar dan factor-faktor yang mempengruhinya, (Jakarta: Rieneka Cipta, 2003)

Miarso, dkk, Teknologi Komunikasi Pendidikan: Pengertian dan Penerapannya di Indonesi, (Jakarta: CV. Rajawali, 1984)

Azhar Arsyad, Media pembelajaran, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007)

Abdul Halim Ibrahim, al-muwajjih al-Fanni li Mudarrisi al-lughah al-‘Arabiyah, (Kairo: Dar al-Ma’arif, 1968)

Asnawir dan Basyiruddin Umar, Media Pembelajaran, cet. I; (Jakarta; Ciputat Perss, 2002)

Oemar Hamalik, Media Pendidikan, (Bandung:PT. Citra Aditya Bakti, 1994)

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Rubikah, S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN SUSUN KELAS VI SDN 1 SELAT DALAM TAHUN 2020/2021: IMPLEMENTATION OF PROBLEM-BASED LEARNING MODELS IN EFFORTS TO INCREASE STUDENTS’ LEARNING MOTIVATION IN MATHEMATICS MATERIAL DIVISION OF GRADE VI SDN 1 SELAT IN 2020/2021. Anterior Jurnal, 22(3), 150–161. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5707