MENINGKATKAN KUALITAS GURU DALAM MENGAJAR MELALUI TRAINING PEMBELAJARAN ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN 1 ARUK TAHUN 2020/2021
IMPROVING TEACHER QUALITY IN TEACHING THROUGH TRAINING LEARNING ELEMENTARY SCHOOL CHILDREN AT SDN 1 ARUK IN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5708Keywords:
Kualitas Guru, Training Pembelajaran Anak, Sekolah DasarAbstract
Masa usia sekolah dasar merupakan periode emas bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan, pendidikan anak untuk usia Sekolah Dasar dalam bentuk pemberian stimulasi dari lingkungan terdekat sangat diperlukan untuk mengoptimalkan kemampuan anak. Pada observasi yang dilakukan rata-rata penilaian kualitas guru menunjukkan nilai 5,98 atau masuk dalam kategori cukup. Oleh karenanya di sini peneliti yang sekaligus sebagai kepala sekolah hendak meningkatkan kualitas guru dalam mengajar melalui training pembelajaran anak sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan Sekolah. Penelitian ini akan dilaksanakan di SDN 1 Aruk. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, angket, dan wawancara. Berdasarkan penilaian kualitas guru pada siklus I dapat diketahui bahwa guru yang mempunyai penilaian kualitas guru yang baik ada 5 orang atau mencapai 58,3% dari total guru yang diamati adalah 9 orang. Sedangkan guru yang mempunyai penilaian kualitas guru yang sangat baik terdapat 4 guru atau 41,7% dari total guru yang diamati dalam penelitian ini adalah 9 orang. Berdasarkan penilaian kualitas guru pada siklus II dapat diketahui bahwa guru yang mempunyai penilaian kualitas guru yang baik ada 2 orang atau 16,7% dari total guru yang diamati adalah 9 orang. Sedangkan guru yang mempunyai penilaian kualitas guru yang sangat baik terdapat 7 guru atau 83,3% dari total guru yang diamati dalam penelitian ini adalah 9 orang. Selain itu dapat dketahui bahwa rata-rata penilaian kualitas guru pada siklus II menunjukkan nilai 7,22 atau masuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kualitas guru yang ada di SDN- 1 Aruk.. sudah sangat baik.
Downloads
References
Mukhtar; Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta; Gaung Persada Press.
Soetjipto; Kosasi, Raflis. 2011. Profesi Keguruan. Jakarta; Rineka Cipta.
Suhardjono, A. Azis Hoesein, dkk (1995). Pedoman penyusunan KTI di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Digutentis, Jakarta : Diknas
Suhardjono. 2005. Laporan Penelitian Eksperimen dan Penelitian Tindakan Kelas sebagai KTI, makalah pada Pelatihan Peningkatan Mutu Guru di LPMP Makasar, Maret 2005
Suhardjono. 2009. Tanya jawab tentang PTK dan PTS, naskah buku.
Suharsimi, Arikunto. 2002. Penelitian Tindakan Kelas, Makalah pada Pendidikan dan Pelatihan (TOT) Pengembangan Profesi bagi Jabatan Fungsionla Guru, 11-20 Juli 2002 di Balai penataran Guru (BPG) Semarang.
Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara
Mujtahidin,S.Pd., M.Pd. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bangkalan: Universiitas Trunojoyo Madura.
Sri Anitah, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Udin S. Winataputra, dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka
http://belajarbarengkiddos.blogspot.com/2012/11/penerapan-disiplin-untuk-anak-usia.html
http://zhuldyn.wordpress.com/materii-lain/perkembangan-peserta-didik/perkembangan-berpikir-anak-sd/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Weritae
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.