MENINGKATKAN KUALITAS GURU DALAM MENGAJAR MELALUI TRAINING PEMBELAJARAN ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN 1 ARUK TAHUN 2020/2021

IMPROVING TEACHER QUALITY IN TEACHING THROUGH TRAINING LEARNING ELEMENTARY SCHOOL CHILDREN AT SDN 1 ARUK IN 2020/2021

Authors

  • Weritae Weritae SDN 1 Aruk

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5708

Keywords:

Kualitas Guru, Training Pembelajaran Anak, Sekolah Dasar

Abstract

Masa usia sekolah dasar  merupakan periode emas bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan, pendidikan anak untuk usia Sekolah Dasar dalam bentuk  pemberian stimulasi dari lingkungan terdekat sangat diperlukan untuk mengoptimalkan kemampuan anak. Pada observasi yang dilakukan rata-rata penilaian kualitas guru menunjukkan nilai 5,98 atau masuk dalam kategori cukup. Oleh karenanya di sini peneliti yang sekaligus sebagai kepala sekolah hendak meningkatkan kualitas guru dalam mengajar melalui training pembelajaran anak sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan Sekolah. Penelitian ini akan dilaksanakan di SDN 1 Aruk. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, angket, dan wawancara. Berdasarkan penilaian kualitas guru pada siklus I dapat diketahui bahwa guru yang mempunyai penilaian kualitas guru yang baik ada 5 orang atau mencapai 58,3% dari total guru yang diamati adalah 9 orang. Sedangkan guru yang mempunyai penilaian kualitas guru yang sangat baik terdapat 4 guru atau 41,7% dari total guru yang diamati dalam penelitian ini adalah 9 orang. Berdasarkan penilaian kualitas guru pada siklus II dapat diketahui bahwa guru yang mempunyai penilaian kualitas guru yang baik ada 2 orang atau 16,7% dari total guru yang diamati adalah 9 orang. Sedangkan guru yang mempunyai penilaian kualitas guru yang sangat baik terdapat 7 guru atau 83,3% dari total guru yang diamati dalam penelitian ini adalah 9 orang. Selain itu dapat dketahui bahwa rata-rata penilaian kualitas guru pada siklus II menunjukkan nilai 7,22 atau masuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kualitas guru yang ada di SDN- 1 Aruk.. sudah sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Weritae Weritae, SDN 1 Aruk

SDN 1 Aruk, Kec. Timpah, Kab. Kapuas, Kalimantan Tengah, Indonesia

References

Mukhtar; Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta; Gaung Persada Press.

Soetjipto; Kosasi, Raflis. 2011. Profesi Keguruan. Jakarta; Rineka Cipta.

Suhardjono, A. Azis Hoesein, dkk (1995). Pedoman penyusunan KTI di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Digutentis, Jakarta : Diknas

Suhardjono. 2005. Laporan Penelitian Eksperimen dan Penelitian Tindakan Kelas sebagai KTI, makalah pada Pelatihan Peningkatan Mutu Guru di LPMP Makasar, Maret 2005

Suhardjono. 2009. Tanya jawab tentang PTK dan PTS, naskah buku.

Suharsimi, Arikunto. 2002. Penelitian Tindakan Kelas, Makalah pada Pendidikan dan Pelatihan (TOT) Pengembangan Profesi bagi Jabatan Fungsionla Guru, 11-20 Juli 2002 di Balai penataran Guru (BPG) Semarang.

Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara

Mujtahidin,S.Pd., M.Pd. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bangkalan: Universiitas Trunojoyo Madura.

Sri Anitah, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Udin S. Winataputra, dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka

http://pembelajaranguru.wordpress.com/2008/05/20/ciri-kecenderungan-belajar-dan-cara-belajar-anak-sd-dan-mi/

http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/196510011998022-ERNAWULAN_SYAODIH/PSIKOLOGI_PERKEMBANGAN.pdf

http://zhuldyn.wordpress.com/materii-lain/perkembangan-peserta-didik/karekteristik-perkembangan-kognitif-anak-sd/

http://belajarbarengkiddos.blogspot.com/2012/11/penerapan-disiplin-untuk-anak-usia.html

http://zhuldyn.wordpress.com/materii-lain/perkembangan-peserta-didik/perkembangan-berpikir-anak-sd/

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Weritae, W. (2023). MENINGKATKAN KUALITAS GURU DALAM MENGAJAR MELALUI TRAINING PEMBELAJARAN ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN 1 ARUK TAHUN 2020/2021: IMPROVING TEACHER QUALITY IN TEACHING THROUGH TRAINING LEARNING ELEMENTARY SCHOOL CHILDREN AT SDN 1 ARUK IN 2020/2021. Anterior Jurnal, 22(3), 162–169. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5708