PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI DASAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Understanding Basic Geometry Concepts of Mathematics Education Students

Authors

  • Muhammad Hamdani Universitas Palangka Raya
  • Sry Rita Puspitasari Universitas Palangka Raya
  • Putri Sasalia S Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v23i2.5954

Keywords:

Pemahaman konsep, Geometri, Geogebra

Abstract

Pemahaman konsep ialah salah satu kecakapan matematis yang harus dikuasai dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika yang memuat banyak konsep salah satunya yaitu mata kuliah geometri. Berdasarkan kurikulum pada mata kuliah Geometri tingkat universitas membahas mengenai sistem aksioma euclid dan bidang geometri euclid dan non euclid. Berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh bahwa kemampuan dasar geometri mahasiswa tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari pemahaman siswa dalam mengetahui materi dasar sistem aksioma euclid dan non euclid. Berdasarkan latar belakang tersebut masalah yang akan diambil adalah untuk melihat pemahaman konsep geometri dasar mahasiswa Pendidikan matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Penelitian dilakukan terhadap 142 mahasiswa aktif prodi Pendidikan matematika yang sedang dan telah mengampu mata kuliah geometri dasar. Hasil yang diperoleh yaitu sebanyak memperoleh kategori sedang sebanyak 62%, terdiri paling banyak dari Angkatan 2021/2022 sebanyak 38 mahasiswa. Mahasiswa yang memperoleh tingkat tinggi sebanyak 20% dan tingkat rendah sebanyak 18%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa mahasiswa program studi Pendidikan matematika masih harus meningkatkan kemampuan geometri dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Hamdani, Universitas Palangka Raya

Sry Rita Puspitasari, Universitas Palangka Raya

Putri Sasalia S, Universitas Palangka Raya

References

Afrilianto, M. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1(2).

Coxeter, H.S.M. (1998). Non-Euclidean Geometry. Washington DC : The Mathematical Association of America, 1-10.

Greenberg, M. J. (2010). Old and New Results in the Foundations of Elementary Plane Euclidean and Non-Euclidean Geometries. The American Mathematical Monthly, Vol. 117, No. 3 (March 2010), pp. 198-219, doi:10.4169/000298910x480063.

Hadi, W. & Faradillah, A. 2022. Modul Pembelajaran Geometri Berbasis Geogebra Online. Bandung: Media Sains Indonesia. 1-44.

Hamimi, L., Ikhsan, M., & Abidin, Z. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pembuktian Menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Geometri Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), 16–26. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i1.10124

Hernandez, A., Diaz, J.P., & Machin, M.C. 2018. Mathematical understanding in problem solving with GeoGebra: a case study in initial teacher education. International Journal of Mathematical Educational in Science and Technology. doi: 10.1080/0020739X.2019.1587022.

Ilyas, M., & Basir, F. (2016). Analysis Of Student’s Conceptual Understanding Of Mathematics On Set At Class VII SMP Frater Palopo. International Conference on Mathematic, Science, Technology, Education and their Applications. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Juandi, D., Kusumah, Y.S., Tamur, M., Perbowo., & Wijaya, T.T. 2021. A meta-analysis of Geogebra software decade of assisted mathematics learning: what to learn and where to go?. Heliyon, 7(5), 1-8.

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika 2008. Palembang: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang.

Mthethwa, M., Bayaga, A., Bosse, M.J., & Willliams, D. 2020. Geogebra for Learning and Teaching: a Parallel Investigation, S.Afr.J.Education, 40 (2), 1-12.

Muhassanah, dkk. 2014. Analisis Keterampilan Geometri Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Vol. 2 No. 1 Tahun 2014. 54-66.

Noto, M.S., Priatna, N., & Dahlan, J.A. (2020). Mathematical Proof: The Learning Obstacles of Preservice Mathematics Teachers on Transformation Geometry. Journal on Mathematics Education. 10 (1), 117-126

Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 327-338.

Ryu, E.K., Hannah, R., & Yin, W. 2021. Scaled Relative Graphs: Nonexpansive Operators Via 2D Euclidean Geometry. Mathematical Programming, https://doi.org/10.1007/s10107-021-01639-w.

Sumarmo, U. 1987. Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa SMA

Dikaitkan dengan Penalaran Logik Siswa dan Beberapa Unsur Proses Belajar

Mengajar. Disertasi pada Pascasarjana IKIP Bandung: tidak diterbitkan

Yi, M., Flores, R., & Wang, J. (2020). Examining the influence of van Hiele theory-based instructional activities on elementary preservice teachers’ geometry knowledge for teaching 2-D shapes. Teaching and Teacher Education, 91, 103038. doi:10.1016/j.tate.2020.103038

Ziatdinov, R.; Valles, J.R., Jr. Synthesis of Modeling, Visualization, and Programming in GeoGebra as an Effective Approach for Teaching and Learning STEM Topics. Mathematics 2022, 10, 398. https://doi.org/ 10.3390/math10030398.

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Hamdani, M., Puspitasari, S. R., & Sasalia S, P. (2024). PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI DASAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA: Understanding Basic Geometry Concepts of Mathematics Education Students. Anterior Jurnal, 23(2), 148–152. https://doi.org/10.33084/anterior.v23i2.5954