PUBLIC TRUST PADA KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DANDA JAYA KABUPATEN BARITO KUALA
Public Trust On The Leadership Of The Head Of Danda Jaya Village, Barito Kuala District
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v23i2.6201Keywords:
Publik , Kepercayaan , KepemimpinanAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran kepercayaan masyarakat terhadap kepemimpinan kepala desa di Desa Danda Jaya Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala. Metode penelitian yang digunakan adalah Pendekatan Kualitatif dengan Jenis Penelitian Deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi kepada lima orang informan sesuai teori kepercayaan masyarakat menurut Robbin dan Judge. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap kepemimpinan kepala desa Danda Jaya sudah berjalan dengan baik, karena tingginya tingkat kepercayaan masyarakat menjadi penyebab banyaknya keberhasilan atau kemajuan desa yang dicapai selama kepemimpinannya. faktor transparansi dilihat dari menjalankan pemerintahan seperti dalam hal rencana alokasi dana desa dll, faktor kemampuan dalam mengendalikan lobi-lobi politik dan banyaknya kemajuan desa yang diperoleh serta faktor kebaikan hati kepala desa mempunyai pengaruh yang baik dan baik. jiwa kepemimpinan yang ramah.
Downloads
References
Rizal, M. R. R., & Wondabio, L. S. (2023). Analisis Inkonsistensi Antara Kinerja Dengan Kepercayaan Publik Pada Komisi Pemberantasan Korupsi. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 7(2), 236-253.
Sari, R. N. (2020). Kepercayaan masyarakat pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah di Kecamatan Rumbia (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Rahayu, P., & Trisnawati, N. (2022). Strategi Humas di SMK IPIEMS Surabaya Dalam Meningkatkan Citra dan Kepercayaan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(1).
Pranoto, E. (2008). Good Governance: Perannya dalam membangun public trust dalam kepemimpinan perpustakaan perguruan tinggi. Media Pustakawan, 15(3), 77-81.
Ibhar, M. Z., Sari, N., Suryani, L., & Putri, T. C. (2022). Pengaruh service quality terhadap kepuasan dan kepercayaan masyarakat pada kantor kelurahan mundam kecamatan medang kampai. Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis (JaPaBis), 4(2), 41-47.
Patras, Y. E., & Hidayat, R. (2018). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Pada Organisasi Melalui Perbaikan Perilaku Pemimpin dan Keadilan Organisasi. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 2(2), 165-174.
Dewanti, R. (2022). Peranan Kepemimpinan Perempuan Dalam Jabatan Publik Pada Kantor Dprd Kabupaten Mahakam Ulu. Jurnal Paradigma (JP), 11(2)
Ismunandar, A., & Hasan, H. (2022). Kepemimpinan Transformasional dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Al-Qiyam, 3(2), 214-222.
Utari, S., & Hadi, M. M. (2020). Gaya Kepemimpinan Demokratis Perpustakaan Kota Yogyakarta (Studi Kasus). Jurnal Pustaka Ilmiah, 6(1), 994-1002.
Putra, M. A. R. (2018). Peningkatan Kepercayaan Publik Melalui Pemerintahan Partisipatif (Studi Pada Pelaksanaan Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 30 Tahun 2013 Tentang Manajemen Inovasi Pembangunan Berbasis Partisipasi Publik) (Doctoral Dissertation, Universitas Airlangga).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sitna Hajar Malawat, Depi Ilahi, Ayu Yulianti, Depi Ilahi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.