Pengaruh Pengalaman Konsumen dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Ulang Pada Galaxy Cafe Resto Meeting Room Buntok Tahun 2023

The Influence Of Consumer Experience and Brand Awareness On Repurchase Intention In Galaxy Cafe Resto Meeting Room Buntok In 2023

Authors

  • Uripa Rahayu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dahani Dahanai Buntok
  • Harlina Kurniaty Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dahani Dahanai Buntok

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v23i1.6640

Keywords:

Pengalaman Konsumen, Kesadaran merek , Minat beli ulang

Abstract

Galaxy adalah salah satu kafe dan resto yang memiliki banyak peminat di kota Buntok Kalimantan Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Pengalaman Konsumen dan Kesadaran Merek terhadap Minat Beli Ulang pada Galaxy Cafe Resto Meeting Room Buntok Tahun 2023 baik secara parsial maupun simultan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pengalaman Konsumen menurut Schmitt dalam Monica dan Widaningsih (2020), teori Kesadaran Merek menurut Aaker dalam Yudhi et al. (2021), dan teori Minat Beli Ulang menurut Ferdinand dalam Kharolina & Transistari (2022). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang telah melakukan setidaknya satu kali atau lebih pembelian  di Galaxy Cafe Resto Meeting Room Buntok, sementara pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling teknik sampling insidental. Teknik Pengujian Instrumen dalam penelitian ini menggunakan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Alat analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan SPSS Versi 26. Hasil yang diperoleh  berdasarkan hasil analisis  di temukan bahwa hasil rentang skala variabel (X1) Pengalaman Konsumen pada indikator Panca Indera memiliki nilai skor paling tinggi yaitu 438, variabel (X2) Kesadaran Merek pada indikator Pengenalan Merek memiliki nilai skor paling tinggi yaitu 432, dan variabel (Y) Minat Beli Ulang  pada indikator Minat Referensial memiliki nilai skor paling tinggi yaitu 437.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Uripa Rahayu, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dahani Dahanai Buntok

Harlina Kurniaty, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dahani Dahanai Buntok

References

Aaker, David A. (2020). Manajemen Ekuitas Merek. Cetakan Pertama, Mitra Utama, Jakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. (2016). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Cetakan Ketujuh, Bumi Aksara, Jakarta.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas, Jilid I. Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid I dan II. PT. Indeks, Jakarta.

Priansa, Donni Juni. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Cetakan Kesatu, Alfabeta, Bandung.

Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Cetakan ke-3, RajaGrafindo, Depok.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Cetakan ke-23, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Cetakan Ke-30, Alfabeta, Bandung.

Sunyoto, Danang. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Cetakan I, CAPS (Center for Academic Publishing Service), Yogyakarta.

Sunyoto, Danang. (2018). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Cetakan Ketiga, CAPS (Center for Academic Publishing Service), Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-01-18

How to Cite

Rahayu, U., & Kurniaty, H. (2024). Pengaruh Pengalaman Konsumen dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Ulang Pada Galaxy Cafe Resto Meeting Room Buntok Tahun 2023: The Influence Of Consumer Experience and Brand Awareness On Repurchase Intention In Galaxy Cafe Resto Meeting Room Buntok In 2023. Anterior Jurnal, 23(1), 103–112. https://doi.org/10.33084/anterior.v23i1.6640