IMPLEMENTASI NILAI NILAI DASAR PERDAMAIAN DALAM UPAYA PENCEGAHAN BULLYING DI SEKOLAH RAMAH ANAK

Implementation Of Basic Values In Efforts To Prevent Bullying In Child-Friendly Elementary Schools

Authors

  • Annisa Annisa Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Wahdan Najib Habiby Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v23i2.6799

Keywords:

Bullying, child-friendly schools, peace values

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan nilai-nilai dasar perdamaian di sekolah dasar ramah anak serta melihat keefektifannya dalam upaya pencegahan bullying. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di SDN Pajang IV Surakarta. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan tiga guru kelas yaitu kelas 1, 3 dan 4. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilaksanakan dengan mengamati lingkungan sekolah, lingkungan kelas, dan hubungan antara guru dengan peserta didik. Wawancara dilakukan bersama kepala sekolah dan tiga guru kelas sebagai informan program sekolah ramah anak dan nilai-nilai dasar perdamaian. Dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan data berupa dokumen sekolah ramah anak serta potret lingkungan kelas dan lingkungan sekolah. Lalu, data dianalisis menggunakan model analisis interaktif yaitu mengumpulkan data hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian, data yang diperoleh dianalisis dengan cara memfokuskan data pada topik penelitian, Selanjutnya, data disajikan dengan mendeskripsikan sesuai topik penelitian dan dilakukan penarikan kesimpulan terhadap data penelitian. Hasil dari penelitian mengungkapkan implementasi nilai-nilai dasar perdamaian dalam pencegahan bullying belum maksimal dikarenakan pemahaman guru terhadap nilai-nilai dasar perdamaian rendah, sehingga penerapan nilai perdamaian hanya terfokus pada nilai toleransi. Pelaksanaan evaluasi juga tidak optimal karena dilakukan tanpa pedoman evaluasi dan hanya dilakukan dengan mengamati perubahan sikap peserta didik. Dalam penerapan program sekolah ramah anak telah termuat nilai-nilai dasar perdamaian namun belum diimplementasikan secara spesifik sehingga berpengaruh pada upaya pencegahan bullying di lingkungan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Rahman, Nurlela, M. R. (2022). Diseminasi Pendidikan Kedamaian Terhadap Guru dan Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Majene. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 319–326. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.59004/jmas.v1i3.124

Adey, P., Hewitt, G., Hewitt, J., & Landau, N. (2004). The professional development of teachers: Practice and theory. Boston: Kluwer Academic Publishers.

Al-Fraihat, D., Joy, M., Masa’deh, R. & Sinclair, J. (2020). Evaluating E-Learning Systems Success: An Empirical Study. Retrieved from http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0747563219302912

Avalos, B. (2011). Teacher professional development in teaching and teacher education over ten years. Teaching and Teacher Education, 27(1), 10–20. Retrieved from https://doi.org/https:/doi.org/10.106/j.tate.2010.08.007

Bram, D. (2022). Pasca Kasus Bullying Siswa SD di Laweyan: Anak Masih Trauma, Orang Tua Waswas. Retrieved from https://radarsolo.jawapos.com/solo/841691630/pasca-kasus-bullying-siswa-sd-di-laweyan-anak-masih-trauma-orang-tua-waswas

CNN Indonesia. (2020). Kasus ‘Bullying’ Teman Alkid Solo, 8 Remaja Dijemput Polisi. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200814184928-12-535943/kasus-bullying-teman-alkid-solo-8-remaja-dijemput-polisi

Darmawan, I. P. A. (2019). Pendidikan Perdamaian Dengan 12 Nilai Dasar Perdamaian. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(1), 55–71. Retrieved from https://doi.org/10.34307/b.v2i1.82

DetikJateng, T. (2023). Motif Bullying di Cilacap hingga 2 Pelaku Jadi Tersangka. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-6957770/motif-bullying-di-cilacap-hingga-2-pelaku-jadi-tersangka

Dewi, A. A. I. A. A. (2022). Perlindungan Hak Anak : Upaya Pencegahan Kekerasan Anak Melalui Kebijakan Sekolah Ramah Anak Protection of Children’s Rights: Efforts to Prevent Child Violence Through Child-Friendly School Policies, 645–653. Retrieved from https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um019v7i3p645-643

Dihni, V. A. (2022). KPAI: Aduan Anak Jadi Korban Kekerasan Fisik Mendominasi pada 2021. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/27/kpai-aduan-anak-jadi-korban-kekerasan-fisik-mendominasi-pada-2021

Dody Wibowo. (2022). Mendukung Guru untuk Mempelajari Perdamaian: Studi Awal di Sekolah Sukma Bangsa Sigi, Sulawesi Tengah. Sukma : Jurnal Pendidikan, 6(2), 181–207. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.32533/06204.2022

Ernawati, Fadilah, Galih Fajar, Deslinda, Gadis, Khoiri, A. (2023). Pembelajaran Nilai-Nilai Perdamaian untuk Meningkatkan Konsep Diri dan Toleransi Pada Remaja di Surakarta. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara, 1(2), 113–116.

Erviana, V. Y. (2021). Penanganan Dekadensi Moral melalui Penerapan Karakter Cinta Damai dan Nasionalisme. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 1–9. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.27149

Fristin Intan Sulistyowati, K. (2023). Diduga Melakukan Bullying, 8 Siswi di Karanganyar Dilaporkan Polisi oleh Orangtua Murid. Retrieved from https://regional.kompas.com/read/2023/02/01/215007178/diduga-melakukan-bullying-8-siswi-di-karanganyar-dilaporkan-polisi-oleh

Hadi Santosa, F., Raka Al Chuza Adnan Kadar, & Siti Almaesaroh. (2021). Pendidikan Perdamaian dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Jakarta. Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(1), 22–34. Retrieved from https://doi.org/10.21009/jps.101.02

Ikhwan, A. (2017). Metode simulasi pembelajaran dalam perspektif Islam. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 1. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.24269/ijpi.v2i2.623

Jayani, D. H. (2019). PISA: Murid Korban ‘Bully’ di Indonesia Tertinggi Kelima di Dunia. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/12/12/pisa-murid-korban-bully-di-indonesia-tertinggi-kelima-di-dunia

Jumlah Anak (Usia 0-18 Tahun) Korban Kekerasan Per Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah 2019-2021. (n.d.). Retrieved from https://jateng.bps.go.id/indicator/30/1026/1/jumlah-anak-usia-0-18-tahun-korban-kekerasan-per-kabupaten-kota-di-provinsi-jawa-tengah.html

Junior Akbar. (2019). UNICEF poll: More than a third of young people in 30 countries report being a victim of online bullying. Retrieved from https://www.unicef.org/press-releases/unicef-poll-more-third-young-people-30-countries-report-being-victim-online-bullying

Kemendiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Kusuma, R., Azhar, D., Bashori, K., & Samsuddin, M. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Perdamaian Di Peacesantren. Jurnal Studi Islam, 21(2), 134–146. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.23917/profetika.v21i2.13075

Laili, I., Dayati, U., & Rochmadi, N. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Ranking One Civic Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1), 120–128. Retrieved from https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um019v6i1p120-128

Lincoln, E., & Amalee, I. (2017). 12 Nilai Dasar Perdamaian. Bandung: Pelangi Mizan.

Mudzofir. (2021). Pendidikan Damai. Jakarta: Media Indonesia.

Mukhtar, R. (2015). Rencana Pengembangan Sekolah. Manajer Pendidikan, 9(3), 386–393. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.33369/mapen.v9i3.1135

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas ProgramSekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204

Nuriyah, N. (2016). Evaluasi Pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(1). Retrieved from https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/edueksos.v3i1.327

Nurwanto, W. N. H. (2020). Penyemaian Sikap Hidup Damai di Sekolah: Tinjauan Pendidikan Perdamaian dan Multi-Dimensi Kurikulum. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 1–11. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p1-11

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume III) : What School Life Means for Students’ Lives. OECD. Paris. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.1787/acd78851-en

Prayogo, H., Aziz, H., & Hakim, A. (2017). Implementasi Penanaman Nilai Dasar Perdamaian melalui Program “ Character Building ” ( Study Kasus di Bimbingan Belajar Rumah Cerdas KITA ). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 22–26. Retrieved from http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26051

Rahayu, B. A., & Permana, I. (2019). Bullying di Sekolah : Kurangnya Empati Pelaku Bullying dan Pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237. Retrieved from https://doi.org/10.26714/jkj.7.3.2019.237-246

Rohmadi, M., & Nasucha, Y. (2015). Dasar-Dasar Penelitian. surakarta : Pustaka Briliant.

Ruslan, Sanusi, S., & Safitri, W. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Dasar Perdamaian dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 530–537. Retrieved from https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um019v6i2p530-537

Salsa Yamada, R. N. S. (2022). Peran Guru dalam Mengatasi Tindakan School Bullying Sebagai Upaya Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 2 Wates Kab. Kediri. Journal of Civies and Moral Studies, 7(1), 30–43. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jcms.v7n1.p30-43

Sari, Y. P. and Azwar, W. (2017). 'Bullying bullying', 10(November), pp. 333-367

Setiani, A., & Priansa, J. D. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Walidin, W., S. & T. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. FTK Ar-Raniry Press.

Widaningtyas, A. M. (2018). Pendidikan Perdamaian dalam Kerangka Sekolah Ramah HAM. Jurnal Hak Asasi Manusia, 14(14), 35–70. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.58823/jham.v14i14.106

Yasmin salsabila, Ananda Aditya Sari Harahap, Nabila Fitria, N. D. H. (2023). Pengaruh Perkembangan Kemampuan pada Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Terhadap Hasil Belajar. Alebra : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 3(1), 10. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.58432/algebra.v3i1.741

Yunistita, Ratna, Sitohang, H. N. J., &Sembiring, E. P. B. D. B. (2022). Penyuluhan pada siswa SD Negeri 024868, Binjai Barat Mengenai Pencegahan dan Civies Media Kajian Kewarganegaraan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 161–166. Retrieved from https://doi.org/10.55927/jpmb.vli4.827

Yuyun, Zarkasih, A. S. (2022). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(1), 1–10. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i1.6122

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Annisa, A., & Habiby, W. N. (2024). IMPLEMENTASI NILAI NILAI DASAR PERDAMAIAN DALAM UPAYA PENCEGAHAN BULLYING DI SEKOLAH RAMAH ANAK: Implementation Of Basic Values In Efforts To Prevent Bullying In Child-Friendly Elementary Schools. Anterior Jurnal, 23(2), 123–133. https://doi.org/10.33084/anterior.v23i2.6799