EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS HIDAYATUL MUHAJIRIN PALANGKA RAYA
The Effectiveness Of Video Learning Media In Overcoming Difficulties Of Learning The History Of Islamic Culture At MTS Hidayatul Muhajirin Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v23i2.6918Keywords:
Media video, Kesulitan belajarAbstract
Media video merupakan media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar yang berfungsi mengarahkan perhatian, mengatasi kesulitan belajar serta meningkatkan hasil belajar siswa. Sejalan dengan hal tersebut, realitas yang terjadi di MTs Hidayatul Muhajirin Palangka Raya sarana berbasis IT tidak dapat dimanfaatkan dengan baik, sehingga beberapa dari siswa kesulitan dalam memahami materi khususnya pada mata pelajaran SKI. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media audio visual dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas VIII MTs Hidayatul Muhajirin Palangka Raya ditinjau dari hasil belajar kognitif siswa dan proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang tergolong dalam True Experimental Design dengan rancangan penelitian “post-test only design”. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Pada pengujian taraf keefektifan media pembelajaran diperoleh nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 59,33% dan kelas kontrol hanya sebesar 3,64%. Maka, dari hasil uji hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti media video pembelajaran memberi pengaruh cukup efektif dibandingkan guru dan buku ajar sebagai media pembelajaran pada Materi Daulah Mamluk di kelas VIII MTs Hidayatul Muhajirin Palangka Raya.
Downloads
References
Amin, M. (2013). Sejarah Peradaban Islam (R. Rosdakarya., ed.).
Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Raja Wali Press.
Azwar, S. (2020). Metode Penelitian. . Pustaka Pelajar.
Isnaini, L., & Astuti, T. (2023). Analisis Kompetensi Profesional Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif (Studi Kasus di SD Muhammadiyah 01 Pencongan). Journal of Elementary Education 5(1).
Malisi, M., Surawan, S., Hasanah, S., & Hanum, S. (2023). Film as a mass communication media: Analysis of moral messages through Omar Hana's film. Informasi, 53(1), 29-38. doi:https://doi.org/10.21831/informasi.v53i1.55458
Ramayulis. (2012). Sejarah Pendidikan Islam. Radar Raya.
RI, K. A. (n.d.). Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 9 Tahun 2013 Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah. In Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 9 Tahun 2013 Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah. (p. 19).
Lutfi, S., Surawan, S., & Zanuba, A. A. (2024). Regulation Learning Qur’an: Upaya Membangun Kemandirian Belajar Abad 21. Anterior Jurnal, 23(1), 75–80. https://doi.org/10.33084/anterior.v23i1.6618
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidika. Alfabeta.
Surawan. (2020). Dinamika dalam Belajar (Kajian dalam Psikologi Pendidikan). 194.
Ummar, S. (2023). Penerapan Media Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelas X SMK Negeri Pertanian 1 Sukaraja. utile: Jurnal Kependidikan 9(2). DOI: https://doi.org/10.37150/jut.v9i2.2235
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syahmidi, Winarti, Ayunda Puspitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.