EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS HIDAYATUL MUHAJIRIN PALANGKA RAYA

The Effectiveness Of Video Learning Media In Overcoming Difficulties Of Learning The History Of Islamic Culture At MTS Hidayatul Muhajirin Palangka Raya

Authors

  • Syahmidi IAIN Palangka Raya
  • Winarti IAIN Palangka Raya
  • Ayunda Puspitasari IAIN Palangka Raya

Keywords:

Media video, Kesulitan belajar

Abstract

Media video merupakan media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar yang berfungsi mengarahkan perhatian, mengatasi kesulitan belajar serta meningkatkan hasil belajar siswa. Sejalan dengan hal tersebut, realitas yang terjadi di MTs Hidayatul Muhajirin Palangka Raya sarana berbasis IT tidak dapat dimanfaatkan dengan baik, sehingga beberapa dari siswa kesulitan dalam memahami materi khususnya pada mata pelajaran SKI. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media audio visual dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas VIII MTs Hidayatul Muhajirin Palangka Raya ditinjau dari hasil belajar kognitif siswa dan proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang tergolong dalam True Experimental Design dengan rancangan penelitian “post-test only design”. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Pada pengujian taraf keefektifan media pembelajaran diperoleh nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 59,33% dan kelas kontrol hanya sebesar 3,64%. Maka, dari hasil uji hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti media video pembelajaran memberi pengaruh cukup efektif dibandingkan guru dan buku ajar sebagai media pembelajaran pada Materi Daulah Mamluk di kelas VIII MTs Hidayatul Muhajirin Palangka Raya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Syahmidi, IAIN Palangka Raya

Winarti, IAIN Palangka Raya

Ayunda Puspitasari, IAIN Palangka Raya

References

Amin, M. (2013). Sejarah Peradaban Islam (R. Rosdakarya., ed.).

Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Raja Wali Press.

Azwar, S. (2020). Metode Penelitian. . Pustaka Pelajar.

Isnaini, L., & Astuti, T. (2023). Analisis Kompetensi Profesional Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif (Studi Kasus di SD Muhammadiyah 01 Pencongan). Journal of Elementary Education 5(1).

Malisi, M., Surawan, S., Hasanah, S., & Hanum, S. (2023). Film as a mass communication media: Analysis of moral messages through Omar Hana's film. Informasi, 53(1), 29-38. doi:https://doi.org/10.21831/informasi.v53i1.55458

Ramayulis. (2012). Sejarah Pendidikan Islam. Radar Raya.

RI, K. A. (n.d.). Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 9 Tahun 2013 Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah. In Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 9 Tahun 2013 Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah. (p. 19).

Lutfi, S., Surawan, S., & Zanuba, A. A. (2024). Regulation Learning Qur’an: Upaya Membangun Kemandirian Belajar Abad 21. Anterior Jurnal, 23(1), 75–80. https://doi.org/10.33084/anterior.v23i1.6618

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidika. Alfabeta.

Surawan. (2020). Dinamika dalam Belajar (Kajian dalam Psikologi Pendidikan). 194.

Ummar, S. (2023). Penerapan Media Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelas X SMK Negeri Pertanian 1 Sukaraja. utile: Jurnal Kependidikan 9(2). DOI: https://doi.org/10.37150/jut.v9i2.2235

Downloads

Published

2024-05-28

How to Cite

Syahmidi, Winarti, & Ayunda Puspitasari. (2024). EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS HIDAYATUL MUHAJIRIN PALANGKA RAYA: The Effectiveness Of Video Learning Media In Overcoming Difficulties Of Learning The History Of Islamic Culture At MTS Hidayatul Muhajirin Palangka Raya . Anterior Jurnal, 23(2), 175–179. Retrieved from https://journal.umpr.ac.id/index.php/anterior/article/view/6918