Pengaruh Efikasi Diri, Kecerdasan Emosional, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMA Negeri Kelas XI Se-Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone
The Influence Of Self Efficacy, Emotional Intelligence, And Learning Motivation, On The Biology Learning Outcomes Of Class XI SMAN In The Tanete Riattang Sub District, Bone District
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v23i3.7558Keywords:
Efikasi diri Kecerdasan emosional Motivasi belajar Peserta didik SMAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung efikasi diri dan kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar biologi peserta didik kelas XI SMA Negeri se-Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis ex-post facto yang bersifat korelasional. Variabel dalam penelitian ini yaitu dua variabel bebas meliputi efikasi diri (X1), kecerdasan emosional (X2), satu variabel intervening yaitu motivasi belajar (Y) dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar biologi (Z) peserta didik pada pembelajaran biologi. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri di Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, yang terdiri dari 4 sekolah. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri se-Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Pengambilan sampel penelitian ini yaitu Probability Sampling dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner atau angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis statistik deskriptif, analisis statistik inferensial dan pengujian hipotesis. Efikasi diri dan kecerdasan emosional berpengaruh langsung terhadap motivasi belajar biologi peserta didik kelas XI SMA Negeri se-Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Efikasi diri, kecerdasan emosional dan motivasi belajar berpengaruh langsung terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas XI SMA Negeri se-Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Efikasi diri dan kecerdasan emosional berpengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar biologi melalui motivasi belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri se-Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.
Downloads
References
Agus & Musa, H. 2020. Pengaruh Efikasi Diri, Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Makassar. Seminar Nasional Variansi (Venue Artikulasi-Riset, Inovasi, Resonansi-Teori, dan Aplikasi Statistika).
Anggraini, D, K. & Soesatyo, Y. 2019. Hubungan Efikasi Diri,Gaya Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Kedamean. Jurnal Pendidikan. Vol 7. No 2.
Aqsayunarsih. 2019. Pengaruh Efikasi Diri dan Regulasi Diri terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIA SMAN di Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 1. No. 1
Daud, F. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 19(2).
Hartati, I., & Suciati, I. 2021. Pengaruh Efikasi terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 4. No 2.
Irsyad. F, M,. & Fauzi, S. 2020. Hubungan Antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada pelajar biologi dikelas X Madrasah Aliyah Negeri Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 8. No 1.
Jariah. A., Daud. F. & Darwis. M. 2022. Pengaruh Motivasi Belajar, Minat Belajar, dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri di Kecamatan Manggala Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Biologi FMIPA UNM (Menjadi Peneliti dan Pendidik Penggerak Bidang Biologi di Era Merdeka Belajar).
Juliana & Rozali. Y. A. 2017. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Pada Remaja. Jurnal Psikologi.
Ningsih, W, F & Hayati, I , R. 2020. Dampak Efikasi Diri Terhadap Proses Dan Hasil Belajar Matematika; (The Impact Of Self-Efficacy On Mathematics Learning Processes and Outcomes). Journal On Teacher Education. Vol 1, No. 2 Hal 26 – 32
Nola, P, J. & Nerita, Siska. 2023. Pengaruh Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Kartika 15 Padang pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 7. No 3.
Nurhayati, A., Angraini, & Oroh. F. A. 2022. Pengaruh Kecerdasn Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Math Education. Vol 3 . No 7.
Nurlelia, R. & Prasetyo, T. 2021. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Gugus 3 Kecamatan Caringi. Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan. Vol 13. No 1.
Pangestika, N. S. 2016. Faktor-faktor Kesulitan Belajar Berprestasi Rendah Di Kelas IV SD Negeri Sek-kecamatan Ngemplak. Basic Education, 5(8), 813-826.
Pramana, M. W., Jampel & Pujiawan. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL). Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 8. No. 2
Quraisy, A., & Agus. 2021. Hubungan Efikasi Diri dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Makassar. Jurnal Sigma. Vol 13. No 2.
Rahim, R., & Fadhila, N. 2023. Hubungan Antara Gaya Belajar dan Efikasi Diri dengan Hasil Belajar Biologi Siswa di SMAN 9 Pangkep. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran. Vol 3. No 1.
Rahmayanti. Y., & Kusasi. M. Hubungan Efikasi Diri dengan Hasil Belajar Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Pada Siswa Kelas 11 Sma 1 Banjarmasin. Jurnal Vidya Karya. Vol 34. No 2.
Rangkuti, N., Turmudi, & Abdussakkir. 2021. Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ideaspublishing. Vol 7, No. 3.
Respita, R. 2020. Pengaruh Gaya Belajar dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan. Vol 2. No 3.
Risdayanti & Duryati. 2022. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smpdi Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. Vol 9. No 2.
Saenab, S., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Lestari, S.R. (2019). Keterampilan Metakognitif dan Motivasi Mahasiswa pada Perkuliahan Biologi Dasar di Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sainsmatc, Vol 3. No 1. Hal 37-48.
Salimah. N. K., & Suharsono. 2023. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas 11 MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 1. No 1.
Sinaga, I, L. & Sinambela, M. 2022. Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Biologi pada Materi Sistem Eksresi ManusiaKelas XI MIA SMAN 16 Medan. Jurnal Pelita Pendidikan. Vol 5.No 2.
Sobandi, R. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Kelas VIII MTS Negeri 1 Pangandaran. Jurnal Diksatrasia, 2(1) 306.
Sucitno, F., & Sumarna, N. 2020. Pengaruh Efikasi Diri terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa kelas XI di SMAN 1 Wawotobi Kabupaten Konawe. Jurnal Sublimapsi. Vol 1. No 3.
Suyanti, Sunyono, & Efkar, T. (2016). Hubungan Efikasi Diri dan Kemampuan Metakognisi dengan Penguasaan Konsep Kimia Menggunakan Model SIMAYANG. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 5(3), 52–64.
Taiyeb, A. M. & Mukhlisa, N. 2015. Hubungan gaya belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau. Jurnal Bionature, volume 16 nomor 1. hlm 8-16.
Teni & Yudianto, A. 2021. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol 2. No 1.
Utami, S. A., & Ismail. W. 2020. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 1 Pangkep. Jurnal Psikologi. Vol 5. No 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahmi Rahmi, Firdaus Daud, Alimuddin Ali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.