Evaluation Of Guide Of Reading Writing Memoriesing Al-Qur’an (BBTHA) Program At Muhammadiyah University Of Palangkaraya

Authors

  • Nurul Hikmah Kartini Universitas Muhammadiyah Palangka Raya

Keywords:

Evaluasi program, BBTHA

Abstract

Evaluasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi keefektifan Program Bimbingan Baca Tulis Hafal Al-qur’an (BBTHA) di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP. Model evaluasi CIPP dari Stufflebeam terfokus pada empat aspek, yaitu: context, input, process, dan product. . pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Subjek penelitian yang dijadikan sumber data informasi adalah mahasiswa, Rektor, Wakil Rektor, dan Pembimbing BBTHA yang ada di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

 Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Analisis kebutuhan dan tuhuan serta sasaran program BBTHA ada pada kategori sangat baik. (2) Strategi pada aspek input termasuk pada kategori baik. (3) implementasi aktifitas kegiatan dalam aspek process termasuk dalam kategori baik. (4) Product dari program BBTHA ada pada kategori baik. Kesimpulan dari evaluasi ini adalah program BBTHA tetap dilanjutkan dengan beberapa perbaikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nurul Hikmah Kartini, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya

References

Amin Karimnia&Elham Kay. An Evaluation of The Undergraduate TEFL Program in Iran: A Multi-Case Study. International Journal of Instruction, Volume 8, Nomor 2, 2015. 83-98

Daniel L.Stufflebeam dan Anthony J. Shinkfield, Evaluation Theory, Models, & Applications, United States of America: A Wiley Imprint. 2007

Darmadi, Hamid. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta. 2013

Daryanto. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2012

Djaali&Pudji Muljono. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo. 2008

Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. 2008

Furqan, Arief. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional. 2000

Guili Zhang; Nancy Zeller; Robin Griffith; Debbie Metcalf; Jennifer Williams; Christine Shea&Katherine Misulis. Using The Context, Input, Process, and Product Evaluation Model (CIPP) as a Comprehensive Pramework to Guide The Planning, Implementatation, and Assessment of Service-Learning Programs. Journal of Higher Education Outreach and Engagement, Volume 15, Number 4, 2011. 57-84

Kusuma, Mochtar, Evaluasi Pendidikan, Pengantar, Kompetensi, dan Implementasi. Yogyakarta: Parama Ilmu. 2016

Mansyur; Rasyid, Harun; Suratno, Asesmen Pembelajaran di Sekolah, Yogyakarta: Multi Pressindo, 2009

Mardapi, Djemari. Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika. 2012

Mitra Farsi&Maryam Sharif. Stufflebeam’s CIPP Model&Program Theory: A Systematic Review. International Journal of Language Learning and Applied Linguistic World, Volume 6, Juli 2014. 400-406

Monchai Tiantong&Pramote Tongchin. A Multiple Intelligences Supported Web-Based Collaborative Learning Model Using Stufflebeam’s CIPP Evaluation Model. International Journal of Humanities and Social Science, Volume 3, Nomor 7, April 2013. 157-165

Purwanto dan Atwi Suparman. Evaluasi Program Diklat, Jakarta: STIA-LAN Press. 1999

Raluca Garboan. Introduction Program Evaluation Models.Transylvanian Review of Administrative Sciences, 22 E. 2008

Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. 2011

Sukardi. Evaluasi Pendidikan-Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara. 2012

Uno, Hamzah; Sofyan, Herminanto; Candiasa, I Made. Pengembangan Instrumen untuk Penelitian. Jakarta: Delima Press. 2001

Downloads

Published

2016-12-27

How to Cite

Nurul Hikmah Kartini. (2016). Evaluation Of Guide Of Reading Writing Memoriesing Al-Qur’an (BBTHA) Program At Muhammadiyah University Of Palangkaraya. Anterior Jurnal, 16(1), 90–102. Retrieved from https://journal.umpr.ac.id/index.php/anterior/article/view/9589