Evaluation Of Guide Of Reading Writing Memoriesing Al-Qur’an (BBTHA) Program At Muhammadiyah University Of Palangkaraya
Keywords:
Evaluasi program, BBTHAAbstract
Evaluasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi keefektifan Program Bimbingan Baca Tulis Hafal Al-qur’an (BBTHA) di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP. Model evaluasi CIPP dari Stufflebeam terfokus pada empat aspek, yaitu: context, input, process, dan product. . pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Subjek penelitian yang dijadikan sumber data informasi adalah mahasiswa, Rektor, Wakil Rektor, dan Pembimbing BBTHA yang ada di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Analisis kebutuhan dan tuhuan serta sasaran program BBTHA ada pada kategori sangat baik. (2) Strategi pada aspek input termasuk pada kategori baik. (3) implementasi aktifitas kegiatan dalam aspek process termasuk dalam kategori baik. (4) Product dari program BBTHA ada pada kategori baik. Kesimpulan dari evaluasi ini adalah program BBTHA tetap dilanjutkan dengan beberapa perbaikan.
Downloads
References
Amin Karimnia&Elham Kay. An Evaluation of The Undergraduate TEFL Program in Iran: A Multi-Case Study. International Journal of Instruction, Volume 8, Nomor 2, 2015. 83-98
Daniel L.Stufflebeam dan Anthony J. Shinkfield, Evaluation Theory, Models, & Applications, United States of America: A Wiley Imprint. 2007
Darmadi, Hamid. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta. 2013
Daryanto. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2012
Djaali&Pudji Muljono. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo. 2008
Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. 2008
Furqan, Arief. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional. 2000
Guili Zhang; Nancy Zeller; Robin Griffith; Debbie Metcalf; Jennifer Williams; Christine Shea&Katherine Misulis. Using The Context, Input, Process, and Product Evaluation Model (CIPP) as a Comprehensive Pramework to Guide The Planning, Implementatation, and Assessment of Service-Learning Programs. Journal of Higher Education Outreach and Engagement, Volume 15, Number 4, 2011. 57-84
Kusuma, Mochtar, Evaluasi Pendidikan, Pengantar, Kompetensi, dan Implementasi. Yogyakarta: Parama Ilmu. 2016
Mansyur; Rasyid, Harun; Suratno, Asesmen Pembelajaran di Sekolah, Yogyakarta: Multi Pressindo, 2009
Mardapi, Djemari. Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika. 2012
Mitra Farsi&Maryam Sharif. Stufflebeam’s CIPP Model&Program Theory: A Systematic Review. International Journal of Language Learning and Applied Linguistic World, Volume 6, Juli 2014. 400-406
Monchai Tiantong&Pramote Tongchin. A Multiple Intelligences Supported Web-Based Collaborative Learning Model Using Stufflebeam’s CIPP Evaluation Model. International Journal of Humanities and Social Science, Volume 3, Nomor 7, April 2013. 157-165
Purwanto dan Atwi Suparman. Evaluasi Program Diklat, Jakarta: STIA-LAN Press. 1999
Raluca Garboan. Introduction Program Evaluation Models.Transylvanian Review of Administrative Sciences, 22 E. 2008
Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. 2011
Sukardi. Evaluasi Pendidikan-Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara. 2012
Uno, Hamzah; Sofyan, Herminanto; Candiasa, I Made. Pengembangan Instrumen untuk Penelitian. Jakarta: Delima Press. 2001
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2016 Nurul Hikmah Kartini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.