https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/issue/feed Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan 2024-06-30T00:00:00+00:00 Misyanto misyanto24@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>Title:</strong> Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan<br /><strong>Subject: </strong>community service in the field of education<br /><strong>Publisher: </strong><a href="http://lp2m.umpr.ac.id" target="_blank" rel="noopener">Institute for Research and Community Services</a> <a href="http://umpalangkaraya.ac.id" target="_blank" rel="noopener">Universitas Muhammadiyah Palangkaraya</a><br /><strong>Editor in Chief: </strong><a href="https://scholar.google.com/citations?user=Ywxk8KcAAAAJ&amp;hl=id&amp;oi=ao">Misyanto</a></p> <p><strong>Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan</strong> is a national journal managed by the <strong><a href="https://fkip.umpr.ac.id/program-studi/s1-pgsd/">Faculty of Teacher Training and Education</a> <a href="http://umpalangkaraya.ac.id" target="_blank" rel="noopener">Universitas Muhammadiyah Palangkaraya</a></strong> and published twice a year in June and December by the <strong><a href="http://lp2m.umpr.ac.id" target="_blank" rel="noopener">Institute for Research and Community Services</a> </strong><strong><a href="http://umpalangkaraya.ac.id" target="_blank" rel="noopener">Universitas Muhammadiyah Palangkaraya</a>.</strong> contains research articles and critical analysis studies on the topic of General Education, including elementary school teacher education, economics education, guidance and counseling, and information technology education, economics education, history education, natural science education, social sciences education, mathematics education, education special.</p> https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/7443 Investigasi Efek Cyberloafing terhadap Dinamika Stres Profesional 2024-06-25T00:44:29+00:00 Haris Munandar harismunandar@umpr.ac.id Dibyo Waskito Guntoro dibyowaskitoguntoro@umpr.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efek <em>cyberloafing</em> terhadap dinamika stres profesional, dengan fokus khusus pada pengaruh <em>cyberloafing</em> terhadap stres kerja di institusi X. Studi ini melibatkan 120 karyawan sebagai responden dan menggunakan metode analisis korelasi product moment untuk mengukur hubungan antara kedua variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang sangat signifikan antara <em>cyberloafing</em> dan stres kerja, dengan koefisien korelasi (r) sebesar -0,595 dan taraf signifikansi p = 0,000 (p &lt; 0,01). Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi tingkat <em>cyberloafing,</em> semakin rendah tingkat stres kerja yang dialami karyawan. Meskipun demikian, penelitian ini juga mengungkapkan kompleksitas hubungan antara <em>cyberloafing</em> dan stres kerja. <em>Cyberloafing</em> dalam tingkat moderat dapat berfungsi sebagai mekanisme koping yang efektif untuk mengurangi stres kerja dan meningkatkan kesejahteraan karyawan. Namun, fenomena ini juga berpotensi berdampak negatif terhadap produktivitas dan kinerja organisasi jika tidak dikelola dengan baik. Hasil penelitian ini menyoroti pentingnya pendekatan yang seimbang dalam mengelola c<em>yberloafing</em> di tempat kerja, dengan mempertimbangkan potensi manfaatnya dalam mengurangi stres kerja sambil tetap menjaga produktivitas. Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang dinamika <em>cyberloafing</em> dan stres kerja, serta implikasinya bagi manajemen sumber daya manusia di era digital. Temuan ini dapat menjadi dasar bagi pengembangan kebijakan yang lebih efektif dalam mengelola penggunaan internet di tempat kerja dan strategi pengelolaan stres karyawan.</p> 2024-06-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan