https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/issue/feedJurnal Perspektif Penelitian Pendidikan2025-12-04T01:23:55+00:00Misyantomisyanto24@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>Title:</strong> Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan<br /><strong>Subject: </strong>General Education<br /><strong>Publisher: </strong><a href="http://lp2m.umpr.ac.id" target="_blank" rel="noopener">Institute for Research and Community Services</a> <a href="http://umpalangkaraya.ac.id" target="_blank" rel="noopener">Universitas Muhammadiyah Palangkaraya</a><br /><strong>Editor in Chief: </strong><a href="https://scholar.google.com/citations?user=Ywxk8KcAAAAJ&hl=id&oi=ao">Misyanto</a></p> <p><strong>e-ISSN</strong>: <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/3063-5578">3063-5578</a></p> <p><strong>Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan</strong> is a national journal managed by the <strong><a href="https://fkip.umpr.ac.id/program-studi/s1-pgsd/">Faculty of Teacher Training and Education</a> <a href="http://umpalangkaraya.ac.id" target="_blank" rel="noopener">Universitas Muhammadiyah Palangkaraya</a></strong> and published twice a year in June and December by the <strong><a href="http://lp2m.umpr.ac.id" target="_blank" rel="noopener">Institute for Research and Community Services</a> </strong><strong><a href="http://umpalangkaraya.ac.id" target="_blank" rel="noopener">Universitas Muhammadiyah Palangkaraya</a>.</strong> contains research articles and critical analysis studies on the topic of General Education, including elementary school teacher education, economics education, guidance and counseling, and information technology education, history education, natural science education, social sciences education, mathematics education, and education special.</p>https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/11414Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas II di SDN Dukuh Kupang V Surabaya2025-11-13T02:06:46+00:00Shafarina Ainurrahmafarinarahmaainur@gmail.comPutri Aprilia Dwi Maharaniputriaprilia405@gmail.comDesi Eka Pratiwidesipratiwi_fbs@uwks.ac.id<p>Kemampuan membaca permulaan merupakan dasar penting bagi keberhasilan belajar siswa di tingkat sekolah dasar, karena menjadi fondasi untuk memahami berbagai mata pelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri Dukuh Kupang V Surabaya, ditemukan bahwa sebagian besar siswa kelas II masih mengalami kesulitan dalam mengenali huruf dan merangkai kata sederhana, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa melalui penggunaan media kartu kata bergambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II, Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas II (B) yang berjumlah 28 siswa kelas II SD Negeri Dukuh Kupang V Surabaya. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta tes kemampuan membaca permulaan, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dari rata-rata 73% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II, dan aktivitas belajar siswa meningkat dari 66% menjadi 89%. Kemampuan membaca permulaan siswa juga meningkat, ditunjukkan oleh kenaikan ketuntasan belajar dari 36% pada prasiklus menjadi 50% pada siklus I dan mencapai 75% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, penggunaan media kartu kata bergambar terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri Dukuh Kupang V Surabaya.</p>2025-12-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Shafarina Ainurrahma, Putri Aprilia Dwi Maharani, Desi Eka Pratiwihttps://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/11405Penerapan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid Materi Unsur Intrinsik Cerita Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN Pakis V/372 Surabaya 2025-11-12T08:01:31+00:00Masulla Hana Sajidahmasullahana@gmail.comLailatul Hasanahlailatulhasanah248@gmail.comDesi Eka Pratiwidesipratiwi_fbs@uwks.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi unsur intrinsik cerita melalui penerapan media pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) berbasis digital di kelas III SDN Pakis V/372 Surabaya. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia yang disebabkan oleh pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus menggunakan model Kemmis dan McTaggart, yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan dari pra-siklus hingga siklus II. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 63 pada pra-siklus (ketuntasan 62,8%) menjadi 73 pada siklus I (ketuntasan 75,3%) dan mencapai 80 pada siklus II (ketuntasan 86%). Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan media TTS digital mampu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih interaktif, menarik, dan menyenangkan, sehingga meningkatkan motivasi, partisipasi aktif, serta pemahaman siswa terhadap unsur intrinsik cerita. Dengan demikian, media pembelajaran TTS berbasis digital dapat dijadikan sebagai alternatif inovasi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar, literasi, dan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar.</p>2025-12-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Lailatul Hasanah, Masulla Hana Sajidah, Desi Eka Pratiwihttps://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/11425Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SD Pakis V yang Mengalami Keterlambatan Melalui Pendekatan Multisensori dengan Media Kartu Gambar2025-11-21T00:57:38+00:00Dilla Puspa Anggrainidillapuspaa02@gmail.comDesi Eka Pratiwidesipratiwi_fbs@uwks.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SDN Pakis V Surabaya yang mengalami keterlambatan membaca melalui pendekatan multisensori dengan media kartu bergambar. Pendekatan multisensori melibatkan penggunaan berbagai indera seperti penglihatan, pendengaran, sentuhan, dan gerakan secara simultan untuk memperkuat proses belajar dan daya ingat murid. Metode yang dugunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah murid kelas 1A yang menunjukkan kesulitan dalam mengenal huruf, membaca suku kata, dan memahami kata sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan literasi awal murid, tetapi juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan murid dalam proses pembelajran, sehingga membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode multisensori sebagai strategi efektif dalam mengatasi keterlambatan membaca pada anak sekolah dasar.</p>2025-12-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dilla Puspa Anggraini, Desi Eka Pratiwihttps://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/11497Penggunaan Media Educaplay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di SDN Pakis V-372 Surabaya2025-11-21T01:07:44+00:00Hanny Nur Jan'nah Masrurrohhannynurjannah119@gmail.comMiranda Noerdianasarimirandadianasari06@gmail.comDesi Eka Pratiwidesipratiwi_fbs@uwks.ac.id<p>Salah satu mata pelajaran dasar yang penting dalam pendidikan adalah Bahasa Indonesia, namun banyak siswa merasa bahwa Bahasa Indonesia itu membosankan dan kurang menarik saat pembelajaran. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti mengadopsi pendekatan yang lebih menyenangkan dengan menggunakan platform media Educaplay sebagai metode untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menilai peningkatan hasil pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada Materi Konsep Unsur Intrinsik di kelas III SDN Pakis V-372 Surabaya, dengan memanfaatkan platform media Educaplay sebagai alat bantu pembelajaran yang menarik. Subjek penelitian terdiri dari 27 siswa di kelas III. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra-siklus, persentase ketuntasan siswa adalah 55,56%. Pada siklus I, persentase ketuntasan meningkat menjadi 70,37% dengan 14 siswa mencapai ketuntasan. Di siklus II, terjadi peningkatan signifikan hingga mencapai 85,19% dengan 23 siswa tuntas. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Educaplay secara efektif meningkatkan hasil pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SDN Pakis V-372 Surabaya.</p>2025-12-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Hanny Nur Jan'nah Masrurroh, Miranda Noerdianasari, Desi Eka Pratiwi