Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp <p><strong>Title:</strong> Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan<br /><strong>Subject: </strong>community service in the field of education<br /><strong>Publisher: </strong><a href="http://lp2m.umpr.ac.id" target="_blank" rel="noopener">Institute for Research and Community Services</a> <a href="http://umpalangkaraya.ac.id" target="_blank" rel="noopener">Universitas Muhammadiyah Palangkaraya</a><br /><strong>Editor in Chief: </strong><a href="https://scholar.google.com/citations?user=Ywxk8KcAAAAJ&amp;hl=id&amp;oi=ao">Misyanto</a></p> <p><strong>Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan</strong> is a national journal managed by the <strong><a href="https://fkip.umpr.ac.id/program-studi/s1-pgsd/">Faculty of Teacher Training and Education</a> <a href="http://umpalangkaraya.ac.id" target="_blank" rel="noopener">Universitas Muhammadiyah Palangkaraya</a></strong> and published twice a year in June and December by the <strong><a href="http://lp2m.umpr.ac.id" target="_blank" rel="noopener">Institute for Research and Community Services</a> </strong><strong><a href="http://umpalangkaraya.ac.id" target="_blank" rel="noopener">Universitas Muhammadiyah Palangkaraya</a>.</strong> contains research articles and critical analysis studies on the topic of General Education, including elementary school teacher education, economics education, guidance and counseling, and information technology education, economics education, history education, natural science education, social sciences education, mathematics education, education special.</p> en-US misyanto24@gmail.com (Misyanto) windariisabella@gmail.com (Windari Sabella) Mon, 04 Dec 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Model Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Karakter dan Digital Meyongsong Perang Dagang Internasional https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/6237 <p>Studi ini mengkaji bagaimana cara menemukan model pembelajaran kewirausahaan yang dapat membangun karakter siswa yang berketerampilan berwirausaha, menghasilkan perangkat model pembelajaran kewirausahaan, dan menemukan model pembelajaran kewirausahaan yang dapat dilaksanakan dan berfungsi untuk meningkatkan keterampilan kewirausahaan. Study ini menerapkan metode penelitian dan pengembangan (R&amp;D), yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu: investigasi, perancangan, realisasi, dan evaluasi, dengan rangkaian kegiatan: validasi, uji coba dan revisi. Tingkat kesepakatan antar penilai dianalisis dengan statistik <em>Coefficient Cohen’s Kappa dan Percentage of Agreement</em>. Yang menjadi subjek studi adalah siswa dan guru kewirausahaan. Temuan studi menunjukkan bahwa di era digital pembelajaran kewirausahaan yang di kelola dengan baik akan menghasilan lulusan yang berkarakter dan berketerampilan baik, sedangkan perangkat model pembelajaran yang dihasilkan adalah buku panduan model pembelajaran kewirausahaan lengkap dengan perangkatnya, buku panduan model pembelajaran dan perangkatnya tidak hanya dihasilkan tetapi dapat dilaksanakan dan berfungsi baik untuk meningkatkan keterampilan kewirausahaan siswa. Diseminasi keterampilan berwirausaha siswa selain pemahaman teoritik melalui proses pembelajaran di kelas juga melalui, magang, praktik langsung dengan mengerjakan soal-soal menggunakan lembar kerja atau <em>jobsheet</em>. Dalam praktiknya, diseminasi keterampilan berwirausaha masih dihadapkan dengan berbagai tantangan seperti sumber daya manusia yang memiliki karakter dan semangat berkemajuan untuk mengajar sesuai dengan dinamika isu-isu bisnis kontempor, kurangnya profesionalisme guru, perubahan kurikulum, kurangnya fasilitas dan infrastruktur sekolah, keterbatasan waktu dalam mempraktikkan teori-teori kewirausahaan.</p> Iin Nurbudiyani, Endang Sri Suyati, Verawati Copyright (c) 2023 Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/6237 Mon, 04 Dec 2023 00:00:00 +0000 Analisis Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya 2022/2023 https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/5979 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari peran lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Penelitian ini dilakukan di perguruan tinggi Universitas Muhamadiyah Palangkaraya, objek penelitian adalah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi semester 3, 5, dan 7. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif untuk menjelaskan dan menggambarkan yang ada di lingkungan sekitar yang bersifat alamiah yang diperkuat dengan data dan sumber data penelitian, teknik, dan prosedur pengumpulan data, proses analisis data, pemeriksaan keabsahan data. Dari beberapa hasil tersebut diperoleh kesimpulan yaitu bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan terkait peran lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi semester 3, 5, dan 7 Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Dengan ide usaha yang matang dan juga kesiapan atas pemahaman terkait kewirausahaan akan mendorong mahasiswa untuk berwirausaha.</p> Ahmad Jariyah Copyright (c) 2023 Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/5979 Mon, 04 Dec 2023 00:00:00 +0000 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Animasi Bergambar Sekolah Dasar Negeri 3 Terusan Karya https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/5990 <p>Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan bagaimana aktivitas keterampilan berbicara peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Terusan Karya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual dan Media Animasi. (2) Mengetahui peningkatan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Terusan Karya pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual dan Media Animasi Bergambar. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) hasil belajar yang pada setiap siklus mengalami peningkatan mulai dari pra tindakan rata-rata 71,56 dengan persentase ketuntasan klasikal 56%, (2) siklus I mendapatkan skor rata-rata 72,81 dengan persentase ketuntasan klasikal 81%, dan siklus II rata-rata 76,23 dengan persentase ketuntasan klasikal 93%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didk pada pembelajaran Bahasa Indonesia. (2) Adanya peningkatan keterampilan berbicara peserta didik pada mata mata Pelajaran Bahasa Indonesia.</p> Arif Supriyadi, Ayu Fitri Lestari Copyright (c) 2023 Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/5990 Mon, 04 Dec 2023 00:00:00 +0000 Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Menteng Palangka Raya Tahun Pelajaran 2022/2023 https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/5991 <p>Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis kesulitan belajar matematika pada peserta didik kelas IV-C Sekolah Dasar Negeri 4 Menteng Palangka Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan tahapan yang terdiri dari Reduksi data (<em>Reduction Data</em>), Penyajian Data (<em>Data Display</em>), dan Penarikan Kesimpulan (<em>Concluding Drawing</em>). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan belajar matematika dikarenakan peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru dikelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kesulitan belajar matematika yang dialami peserta didik yaitu 1) Kesulitan membedakan angka serta simbol-simbol, 2 peserta didik mengalami kesulitan membedakan angka dan 3 diantaranya kesulitan membedakan simbol, 2) Tidak sanggup mengingat dalil-dalil matematika, 3) Menulis angka tidak terbaca atau dalam ukuran kecil, 4) Tidak memahami simbol-simbol matematika, 5) Lemahnya kemampuan berpikir abstrak, 6) Lemahnya kemampuan metakognisi (lemahnya kemampuan mengidentifikasi sarta memanfaatkan algoritma dalam memecahkan soal-soal matematika) yaitu peserta didik kesulitan menyelesaikan soal pada materi operasi hitung campuran.</p> Ayu Lestari, Misyanto, Agung Riadin Copyright (c) 2023 Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/5991 Mon, 04 Dec 2023 00:00:00 +0000 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Two Stay Two Stray Berbantuan Media Gambar Di Sekolah Dasar Negeri 5 Menteng https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/5986 <p>Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas belajar IPA pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Menteng Palangka Raya dengan menerapkan model <em>Two Stay Two Stray</em>, (2) mendeskripsikan aktivitas guru dalam pembelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Menteng Palangka Raya dengan menerapkan model <em>Two Stay Two Stray</em>, (3) meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model <em>Two Stay Two Stray</em> pada peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri 5 Menteng Palangka Raya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian peneliti sebanyak 31 orang peserta didik dengan 16 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data didasarkan pada hasil siklus saat proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar IPA peserta didik pada siklus I menjadi baik pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model <em>Two Stay Two Stray</em> dengan menggunakan media gambar pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Menteng Palangka Raya. (2) Aktivitas guru pada siklus I menjadi baik pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model <em>Two Stay Two Stray</em> dengan menggunakan media gambar pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Menteng Palangka Raya (3) Ada peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model <em>Two Stay Two Stray</em> dengan menggunakan media gambar pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Menteng Palangka Raya. Hal ini terlihat dari data hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan rata-rata yaitu 85 dan ketuntasan secara klasikalnya yaitu 100 %.</p> Dinda Widyasari, Fathul Zannah, Dwi Sari Usop Copyright (c) 2023 Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/5986 Mon, 04 Dec 2023 00:00:00 +0000 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Model Mastery Learning Di Sekolah Dasar Negeri 2 Kasongan Baru Tahun 2022/2023 https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/5987 <p>Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan aktivitas belajar Bahasa Indonesia guru dan peserta didik kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Kasongan Baru dengan Model <em>Mastery Learning</em> Berbantuan Media Kartu Kata, (2) Meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Kasongan Baru dengan Model <em>Mastery Learning</em> Berbantuan Media Kartu Kata. Metode dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Kasongan Baru tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar Bahasa Indonesia menjadi baik dan aktif. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas guru dan peserta didik pada siklus I dengan skor rata-rata aktivitas guru 3,6 dan aktivitas peserta didik 3,45 dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus II dengan skor rata-rata aktivitas guru 3,85 dan aktivitas peserta didik 3,75 dengan kategori baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia. Hal tersebut diperoleh dari nilai rata-rata peserta didik pada soal pre-test adalah 56,11 dengan persentase ketuntasan klasikal 22,22% setelah itu dilakukan tindak siklus I dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 73,33 dengan persentase ketuntasan klasikal 83,33% kemudian pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 80,55 dengan persentase ketuntasan klasikal 100%. Artinya pembelajaran dengan menggunakan model <em>Mastery Learning</em> Berbantuan Media Kartu Kata dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Kasongan Baru.</p> Erita Copyright (c) 2023 Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/5987 Mon, 04 Dec 2023 00:00:00 +0000 Penerapan Metode Kooperatif Face to Face Promotive Interaction Untuk Meningkatkan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Palangkaraya https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/5983 <p>Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aktivitas pembelajaran IPS dikelas IX-A SMP Muhammadiyah Palangka Raya dengan model pembelajaran kooperatif <em>Face to Face Promotive Interaction</em>, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IX-A Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Palangka Raya dengan model pembelajaran kooperatif <em>Face to Face Promotive Interaction</em>. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-A Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Palangka Raya yang berjumlah 28 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik kelas IX-A Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Palangka Raya meningkat. Hasil belajar peserta didik pada pra tindakan memperoleh nilai rata-rata 67,88 dan hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 79,26 dengan presentase ketuntasan klasikal 85%.</p> Hanna Olivia Sahida, Iin Nurbudiyani, Arna Purtina Copyright (c) 2023 Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/5983 Mon, 04 Dec 2023 00:00:00 +0000 Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pulang Pisau 5 https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/5988 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan motivasi belajar peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri Pulang Pisau 5. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Pulang Pisau 5 Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau yang berjumlah 40 orang peserta didik. Sampel penelitian ini merupakan seluruh anggota populasi, sehingga penelitian ini disebut dengan penelitian populasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) tidak terdapat hubungan yang signifikan tingkat pendidikan orang tua dengan motivasi belajar peserta didik (r<sub>hitung</sub> &lt; r<sub>tabel</sub> atau 0,197 &lt; 0,3120); (2) tingkat pendidikan orang tua memberikan kontribusi sebesar 3,88% terhadap motivasi belajar peserta didik sedangkan sisanya sebesar 96,12% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain.</p> Lulu’ul Hasanah Copyright (c) 2023 Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/5988 Mon, 04 Dec 2023 00:00:00 +0000 Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Menegah Pertama Muhammadıyah Palangkaraya Kelas VII https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/5985 <p>Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan peserta didik dalam belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, (2) mengetahui kesulitan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial yang dipengaruhi oleh faktor eksternal, (3) mengetahui kesulitan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial yang dipengaruhi oleh faktor internal. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik dari kelas VII B Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Palangkaraya. Yang berjumlah 31 peserta didik.sempel penelitian ini terdiri dari enam peseta didik.pengambilan sempel ditentukan dengan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat dua faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar yaitu faktor dalam diri (internal) dan luar diri (eksternal). (2) Adapun kesulitan belajar dari dalam diri yaitu: kurang memperhatikan pembelajaran karena metode pembelajaran yang membuat peserta didik bosan, kurangnya minat dalam mengikuti pembelajaran, dan kondisi peserta didik saat mengikuti pepmbelajaran saat masuk jam siang peserta didik mengantuk dan kelelahan sehingga tidak dapat mengikuti pelajaran dengan benar. (3) Faktor eksternal meliputi: kurang berpariasinya metode pembelajaran yang digunakan, factor guru dalam membawakan proses pembelajaran dan bahan pembelajaran yang dirasa cukup banyak.</p> Ricky, Hendri, Muhammad Jailani Copyright (c) 2023 Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/5985 Mon, 04 Dec 2023 00:00:00 +0000 Analisis Kurangnya Minat Membaca Pemahaman Peserta Didik Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Negeri 1 Telangkah Tahun Ajaran 2021/2022 https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/5989 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kurangnya minat membaca pemahaman pada peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Telangkah untuk memotivasi hasil belajar peserta didik tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan tahapan yang terdiri dari Reduksi Data (<em>Data Reduction</em>), Penyajian Data (<em>Data Display</em>), dan Penarikan Kesimpulan (<em>Concluding Drawing</em>). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan kelebihan peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 1 Telangkah tahun ajaran 2020/2021 yaitu 1) menarik perhatian peserta didik, 2) memotivasi peserta didik dalam mengikuti proses belajar, 3) membantu peserta didik mengingat lebih lama tentang materi, 4) membantu peserta didik menjadi lebih aktif.</p> Yuline Ambun Sari, Hendri, Agung Riadin Copyright (c) 2023 Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/5989 Mon, 04 Dec 2023 00:00:00 +0000 Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Teknik Homework Assignment Untuk Mengurangi Perilaku Berpikir Stereotip di SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/5981 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan <em>Rational Emotive Behavior Therapy</em> teknik <em>homework assignment</em> untuk mengurangi perilaku berpikir stereotip di SMA Muhammdiyah 1 Palangkaraya. Jumlah sampel penelitian sebanyak 12 siswa X-1 Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Palangkaraya. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik <em>Non-Probability Sampling</em>. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan <em>Paired Sample T-Test</em> atau analisis data dengan melibatkan dua pengukuran pada subjek yang sama terhadap suatu perlakuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan <em>Rational Emotive Behavior Therapy</em> dengan teknik <em>Homework Assignment</em> efektif menurunkan perilaku berpikir stereotip siswa di Sekolah Menengah Atas Muhammdiyah 1 Palangkaraya. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji <em>Paired Sample T-Test</em>, yang menunjukan bahwa perilaku berpikir stereotip mengalami penurunan rata-rata <em>pre-test</em> 1007 dengan rata-rata 83.92 dan post-test 1238 dengan rata-rata 103.17. Artinya pendekatan <em>Rational Emotive Behavior Therapy</em> dengan teknik <em>Homework Assignment</em> dapat menurunkan perilaku berpikir stereotip peserta didik di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Palangkaraya.</p> Yunita Nurhalimah, M. Fatchurahman, Muhammad Andi Setiawan Copyright (c) 2023 Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan https://journal.umpr.ac.id/index.php/jppp/article/view/5981 Mon, 04 Dec 2023 00:00:00 +0000