Analisis Bibliometrik Penelitian Game-Based Learning Pada Pembelajaran Di Sekolah

Authors

  • Ergi Trio Apriliawan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Keywords:

Bibliometrik, Game based learning, VOSviewer

Abstract

Game based learning merupakan pembelajaran berbasis game yang melibatkan permainan dalam proses pendidikan, bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menangkap pemetaan penelitian terkait game based learning dalam pembelajaran di sekolah .Metode yang digunakan adalah analisis bibliometrik. Database yang digunakan dalam mengumpulkan informasi terkait penelitian ini yaitu dari database Google Scholar. Penelusuran dan analisis database menggunakan software Publish or Perish(PoP) dan VOSviewer. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Publikasi penelitian Game based learning pada sekolah mangalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir(2018-2023). Fokus penelitian terkait Game based learning pada sekolah yaitu, computational thinking dan understanding; teknologi dan development

Downloads

Download data is not yet available.

References

(Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. dan Ris. dalam Teknol. Pembelajaran 4.2

(2018): 113-118.

Maulidina, M., Susilaningsih, S., & Abidin, Z. (2018). Pengembangan Game Based Learning Berbasis

Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inov. dan Teknol.

Pembelajaran) Kaji. dan Ris. dalam Teknol. Pembelajaran, 4(2), 113-118.

Widiana, I. Wayan. "Game Based Learning dan Dampaknya terhadap Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar." Jurnal Edutech

Undiksha 10.1 (2022): 1-10.

Anggraini, Hayu Ika, Nurhayati Nurhayati, and Shirly Rizki Kusumaningrum. "Penerapan media

pembelajaran game matematika berbasis HOTS dengan metode digital game based learning

(DGBL) di sekolah dasar." Jurnal Pendidikan Indonesia 2.11 (2021): 1885-1896.

Sari, Ratih Nor Kartika, and Hafiz Aziz Ahmad. "Game based-learning: media edutainment matematika untuk pembelajaran mandiri bagi siswa sekolah dasar."SENADA (Seminar Nasional

Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi). Vol. 5. 2022.

Inggriyani, Feby, et al. "Pendampingan Model Pembelajaran Inovatif menggunakan Kahoot sebagai Digital

Game Based Learning di KKG Sekolah Dasar." Publikasi Pendidikan 10.1 (2020): 59. Sakdah, M. S., Prastowo, A., & Anas, N. (2022). Implementasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar dalam Menghadapi Era Revolusi

Industri 4.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 487-497.

Hariyadi, Sigit, et al. "Game Based learning dalam Aplikasi Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling di

Sekolah." Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual 7.1 (2022): 22-34.

Wibawa, Aisyah Cinta Putri, et al. "Game-based learning (gbl) sebagai inovasi dan solusi percepatan

adaptasi belajar pada masa new normal." Jurnal: Integrated (Information Technology and

Vocational Education) 3.1 (2021): 17-22.

Meitriani, Ni Nyoman Wahyu, I. Wayan Dwija, and I. Putu Suardika Putra. "Penerapan Game Based

Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 4 Karangasem Tahun Pelajaran 2021/2022." Lampuhyang 14.1 (2023): 180-194.

Sembiring, Erina Hannawita Br, and Tanti Listiani. "Game Based Learning Berbantuan Kahoot! dalam Mendorong Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Matematika." GAUSS: Jurnal Pendid

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Apriliawan, E. T. (2024). Analisis Bibliometrik Penelitian Game-Based Learning Pada Pembelajaran Di Sekolah. Martyvel: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 49–54. Retrieved from https://journal.umpr.ac.id/index.php/martyvel/article/view/7515