Analisis Bibliometrik Penelitian Game-Based Learning Pada Pembelajaran Di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.33084/martyvel.v1i2.7515Keywords:
Bibliometrik, Game based learning, VOSviewerAbstract
Game based learning merupakan pembelajaran berbasis game yang melibatkan permainan dalam proses pendidikan, bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menangkap pemetaan penelitian terkait game based learning dalam pembelajaran di sekolah .Metode yang digunakan adalah analisis bibliometrik. Database yang digunakan dalam mengumpulkan informasi terkait penelitian ini yaitu dari database Google Scholar. Penelusuran dan analisis database menggunakan software Publish or Perish(PoP) dan VOSviewer. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Publikasi penelitian Game based learning pada sekolah mangalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir(2018-2023). Fokus penelitian terkait Game based learning pada sekolah yaitu, computational thinking dan understanding; teknologi dan development
Downloads
References
(Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. dan Ris. dalam Teknol. Pembelajaran 4.2
(2018): 113-118.
Maulidina, M., Susilaningsih, S., & Abidin, Z. (2018). Pengembangan Game Based Learning Berbasis
Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inov. dan Teknol.
Pembelajaran) Kaji. dan Ris. dalam Teknol. Pembelajaran, 4(2), 113-118.
Widiana, I. Wayan. "Game Based Learning dan Dampaknya terhadap Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar." Jurnal Edutech
Undiksha 10.1 (2022): 1-10.
Anggraini, Hayu Ika, Nurhayati Nurhayati, and Shirly Rizki Kusumaningrum. "Penerapan media
pembelajaran game matematika berbasis HOTS dengan metode digital game based learning
(DGBL) di sekolah dasar." Jurnal Pendidikan Indonesia 2.11 (2021): 1885-1896.
Sari, Ratih Nor Kartika, and Hafiz Aziz Ahmad. "Game based-learning: media edutainment matematika untuk pembelajaran mandiri bagi siswa sekolah dasar."SENADA (Seminar Nasional
Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi). Vol. 5. 2022.
Inggriyani, Feby, et al. "Pendampingan Model Pembelajaran Inovatif menggunakan Kahoot sebagai Digital
Game Based Learning di KKG Sekolah Dasar." Publikasi Pendidikan 10.1 (2020): 59. Sakdah, M. S., Prastowo, A., & Anas, N. (2022). Implementasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar dalam Menghadapi Era Revolusi
Industri 4.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 487-497.
Hariyadi, Sigit, et al. "Game Based learning dalam Aplikasi Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling di
Sekolah." Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual 7.1 (2022): 22-34.
Wibawa, Aisyah Cinta Putri, et al. "Game-based learning (gbl) sebagai inovasi dan solusi percepatan
adaptasi belajar pada masa new normal." Jurnal: Integrated (Information Technology and
Vocational Education) 3.1 (2021): 17-22.
Meitriani, Ni Nyoman Wahyu, I. Wayan Dwija, and I. Putu Suardika Putra. "Penerapan Game Based
Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 4 Karangasem Tahun Pelajaran 2021/2022." Lampuhyang 14.1 (2023): 180-194.
Sembiring, Erina Hannawita Br, and Tanti Listiani. "Game Based Learning Berbantuan Kahoot! dalam Mendorong Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Matematika." GAUSS: Jurnal Pendid
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ergi Trio Apriliawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.