Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.33084/martyvel.v1i2.7517Keywords:
Meta analisis, Problem based Learning, Hasil belajar, Matematika, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar Matematika khususnya pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah meta-analisis secara analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan menganalisis atau mereview kembali artikel dari hasil-hasil penelitian yang telah dipubliskasikan, dengan sampel sebanyak 15 artikel nasional dan dapat diakses secara online melalui Google Scholar yang telah diterbitkan pada tahun 2013-2020. Hasil dari penelitian meta-analisis ini menunjukkan jika model pembelajaran Problem Based Learning sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar dengan persentase terendah 0,40% sampai yang tertinggi mencapai 43,00%. Berdasarkan dari hasil meta-analisis menunjukkan juga jika model pembelajaran Problem Based Learning memberikan pengaruh yang besar terdapat hasil belajar Matematika jika dilihat melalui effect size dari segi jejang pendidikan pada sekolah dasar, wilayah dan kategori dengan mendapatkan rata-rata sebesar 1.302231. Sehingga dapat ditarik kesimpulan jika model pembelajaran Problem Based Learning sangat efektif digunakan dalam pembelajaran Matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar.
Downloads
References
Zannah, F. (2013). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik SMA pada Pembelajaran Konsepprotista Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 8, 30–35.
Zannah, F., & Dewi, I. S. (2020). Analisis Karakteristik Gaya Belajar Mahasiswa PGSD UM Palangkaraya. Konstruktivisme: JUrnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 105–110.Ahmad, S. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Ariyanti, M. R. D., & Untari, M. F. A. (2019). Keefektifan Model Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Dakota Terhadap Hasil Belajar Materi FPB dan KPK. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 73-82.
Chabiba, P. N. (2016) Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Materi Luas Bidang di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2).
Diantari, P., Wiarta, I. W., Negara, I. G. A. O., & Ke, S. P. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus 1 Kuta Utara. Mimbar Pgsd Undiksha, 2(1).
Huda, M. J., & Umam, N. K. (2018). Keefektifan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V Sdit Az-Zahra Demak. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 1(2), 88-93.
Permastya, F. W., Margiati, K. Y., & Nurhadi, N. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas V (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).
Mulyati, Firman, Fitria. Y. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Problem Based Learning Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sd Negeri 113 Pekanbaru. https://doi.org/10.31227/osf.io/bhs9y
Prastica, H. B. D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Muatan Pelajaran Matematika Tentang Skala Di SDN Gambiranom. Reposiroty: Universitas Sanata Dharma
Rahayu, Z. U. (2014). Keefektifan Pembelajaran Matematika Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar dan Sikap Siswa Di Kelas V SDN Caturtunggal 4 Depok Sleman. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD- an, 1(1).
Sadewa, R., Tampubolon, B., & Suryani, S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Metode Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV Sekolah Dasar. Neliti: Jurnal pendidikan dan Pembelajaran Untan
Sa’diyah, C., Damayani, A. T., & Untari, M. F. A. (2015). Keefektifan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edusentris, 2(1), 12-21.
Saputra, T. A., Dewi, N. K., & Istiningsih, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Kawo Tahun Ajaran 2019/2020. Progres Pendidikan, 1(1), 7-13.
Setiyawan, H. (2017). Pembelajaran Matematika Model PBL (Problem Based Learning) pada Mata Pelajaran Matematika Materi Luas Bidang pada Siswa Kelas III SD. Inovasi, 19(1), 8-17.
Sekarsari, D. (2019)Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan FPB dan KPK Siswa Kelas IV SDN Kepatihan 01 Jember. Repository Universitas Jember
MARTYVEL JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN https://journal.umpr.ac.id/martyvel Volume 1 No 2 Hal 62-69 Maret 2024 E-ISSN XXXX-XXXX
Situmorang, V. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learningdan Model Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaranmatematika Di Kelas V SDN 068003 P. Simalingkar Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2(1), 144-158.
Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yasa, P. A. E. M., & Bhoke, W. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sd. Journal of Education Technology, 2(2), 70- 75.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Helena Nofita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.