Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi Strata Dua Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2020, 21 orang mahasiswa tidak berminat menlanjutkan studi strata dua dan sebanyak 9 orang mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi angkatan 2020 berminat melanjutkan studi strata dua. Tujuan penelitian mendeskripsikan pengaruh setiap variabel yaitu dukungan orang tua dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan melanjutkan studi strata dua pada mahasiswa pendidikan ekonomi tahun 2020 dan 2021 Universitas Jambi. Penelitian dilakukan di Universitas Jambi pada bulan juli 2024. Penelitian merupakan kuantitatif deskriptif. Temuan penelitian dukungan orang tua dan motivasi belajar mempengaruhi minat mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2020 dan 2021 untuk melanjutkan pendidikan. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa dukungan orang tua (X1) memiliki pengaruh positif secara parsial terhadap minat melanjutkan studi Statra dua (Y), dengan t hitung sebesar 6,145 dan nilai signifikan 0,000. Nilai t hitung 8,718 dan nilai signifikan 0,000. Nilai F sebesar 230,713 dan nilai signifikan sebesar 0,000, analisis simultan menunjukkan bahwa kedua variabel independen motivasi belajar dan dukungan orang tua mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi strata dua.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Addnin, Indra Jannatul Z. Mawardi, Effendi. Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Minat Mahasiswa Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. EcoGen. Vol. 4 No.1, (2021) Page 35-41
Duangdala, T., Moxom, N., & Phimmachak, L. (2024). Factors Influencing Students' Decision in Choosing Majors of Study at the National University of Laos, and Causes of Students' Dropout and Pause of Studies: Student Perspective. Lao Social Sciences Journal.
Noviana, T. (2025). Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Tinggi dalam Rangka Memperbaiki Kualitas Hidup di Ma Ma'arif Ponggok Kabupaten Blitar. Jurnal Madani Mengabdi (JMM), 5(2), 87-102.
Nurhadiyanti, S. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Mahasiswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Piyungan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi UNY.
Sardiman. (2020). Interaksi Dengan Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta : Pt. Grafindo Persada.
Surjanti, J., Utomo, E.B., & Hakim, L. (2025). Analysis of the Role of Internal and External Factors in Determining Students' Interest in Continuing Their Studies to Higher Education. Jurnal Pendidikan, 12(3), 45-60.
Suryani, Hendrayadi.( 2015). Metode Riset Kuantitatif, Teori, Dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen Dan Ekonomi Islam, Jakarta: Prenada Media,
Wu, M. S., Ma-Kellams, C., Xie, T., & Zhang, Y. (2025). Culture and Morality: Things We Value in Educational Settings. Frontiers in Psychology, 12(1528375).
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,Dan R&D. Bandung:Alfabeta.