Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi Strata Dua Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v10i2.10021Keywords:
Dukungan Orang Tua, Motivasi Belajar, Minat Melanjutkan Studi S2Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2020, 21 orang mahasiswa tidak berminat menlanjutkan studi strata dua dan sebanyak 9 orang mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi angkatan 2020 berminat melanjutkan studi strata dua. Tujuan penelitian mendeskripsikan pengaruh setiap variabel yaitu dukungan orang tua dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan melanjutkan studi strata dua pada mahasiswa pendidikan ekonomi tahun 2020 dan 2021 Universitas Jambi. Penelitian dilakukan di Universitas Jambi pada bulan juli 2024. Penelitian merupakan kuantitatif deskriptif. Temuan penelitian dukungan orang tua dan motivasi belajar mempengaruhi minat mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2020 dan 2021 untuk melanjutkan pendidikan. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa dukungan orang tua (X1) memiliki pengaruh positif secara parsial terhadap minat melanjutkan studi Statra dua (Y), dengan t hitung sebesar 6,145 dan nilai signifikan 0,000. Nilai t hitung 8,718 dan nilai signifikan 0,000. Nilai F sebesar 230,713 dan nilai signifikan sebesar 0,000, analisis simultan menunjukkan bahwa kedua variabel independen motivasi belajar dan dukungan orang tua mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi strata dua.
Downloads
References
Addnin, Indra Jannatul Z. Mawardi, Effendi. Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Minat Mahasiswa Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. EcoGen. Vol. 4 No.1, (2021) Page 35-41
Duangdala, T., Moxom, N., & Phimmachak, L. (2024). Factors Influencing Students' Decision in Choosing Majors of Study at the National University of Laos, and Causes of Students' Dropout and Pause of Studies: Student Perspective. Lao Social Sciences Journal.
Noviana, T. (2025). Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Tinggi dalam Rangka Memperbaiki Kualitas Hidup di Ma Ma'arif Ponggok Kabupaten Blitar. Jurnal Madani Mengabdi (JMM), 5(2), 87-102.
Nurhadiyanti, S. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Mahasiswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Piyungan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi UNY.
Sardiman. (2020). Interaksi Dengan Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta : Pt. Grafindo Persada.
Surjanti, J., Utomo, E.B., & Hakim, L. (2025). Analysis of the Role of Internal and External Factors in Determining Students' Interest in Continuing Their Studies to Higher Education. Jurnal Pendidikan, 12(3), 45-60.
Suryani, Hendrayadi.( 2015). Metode Riset Kuantitatif, Teori, Dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen Dan Ekonomi Islam, Jakarta: Prenada Media,
Wu, M. S., Ma-Kellams, C., Xie, T., & Zhang, Y. (2025). Culture and Morality: Things We Value in Educational Settings. Frontiers in Psychology, 12(1528375).
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,Dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arif Agustian, Muhammad Arif Liputo, Iwan Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.