https://journal.umpr.ac.id/index.php/pencerah/issue/feed Pencerah Publik 2024-07-18T04:32:02+00:00 Dr. Aquarini lp2m@umpalangkaraya.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">Pencerah Publik is a Scientific Journal managed by <a title="Faculty of Social and Political Science" href="http://fisip.umpalangkaraya.ac.id/" target="_blank" rel="noopener">Faculty of Social and Political Science</a>&nbsp;<a href="http://umpalangkaraya.ac.id" target="_blank" rel="noopener">Universitas Muhammadiyah Palangkaraya</a>&nbsp;and published twice a year (in April and Oktober) by <a href="http://lp2m.umpalangkaraya.ac.id" target="_blank" rel="noopener">Institute for Researches and Community Services</a> <a href="http://umpalangkaraya.ac.id" target="_blank" rel="noopener">Universitas Muhammadiyah Palangkaraya</a>, contains articles of research and critical-analysis studies in Social and Political Science topics.</p> https://journal.umpr.ac.id/index.php/pencerah/article/view/7579 Kebijakan Pengelolaan Limbah Industri UMKM Produksi Makanan dan Minuman terhadap Lingkungan di Kota Palangkaraya 2024-07-17T23:46:40+00:00 Triwik Puji Rahayu pujirhy08trwk@gmail.com Anggelina Hariyanti pujirhy08trwk@gmail.com <p><em>This study investigates waste management practices in small and medium enterprises (SMEs) in the food and beverage sector in Palangkaraya City. Interviews revealed low awareness and knowledge of waste regulations, as well as ineffective waste management practices. Major challenges include lack of knowledge, financial resources, and technology. The research highlights the need for intensive education, government support, and stakeholder collaboration to enhance sustainable waste management in SMEs.</em></p> 2024-07-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Triwik Puji Rahayu, Anggelina Hariyanti https://journal.umpr.ac.id/index.php/pencerah/article/view/5312 Kualitas Pelayanan Publik Pada Bidang Kesehatan Di Puskesmas Pauh Kota Padang 2023-06-21T10:34:38+00:00 Natasha Aksa natashaaksa@gmail.com <p>Pelayanan merupakan usaha pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. salah satu pelayanan tersebut adalah pelayanan kesehatan untuk menjaga dan merehabilitas kesehatan masyarakat. Pemerintah mengadakan pelayanan kesehatan yang tempatnya terjangkau oleh masyarakat di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang berada di setiap Kecamatan. Pusat kesehatan Masyarakat (Puskesmas) merupakan lembaga layanan publik bidang kesehatan yang diselenggarakan oleh Negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan yang diberikan Puskesmas Pauh Kota Padang. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan koesioner. Secara hasil, bahwa pelayanan yang diberikan Puskesmas Pauh masih belum mencapai standar pelayanan maksimal. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa indicator, yaitu : kurangnya sumber daya, sarana dan prasarana di&nbsp;Puskesmas&nbsp;Pauh.</p> 2024-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Natasha Aksa https://journal.umpr.ac.id/index.php/pencerah/article/view/7581 Tata Kelola Kolaboratif Dalam Kelembagaan Penanganan Konflik Sosial antar Organisasi Kemasyarakatan 2024-07-18T02:49:38+00:00 Mochammad Rozikin mochrozikin@ub.ac.id <p>Kapasitas kelembagaan saat ini mengalami perkembangan. Secara struktural kapasitas ini terbagi atas potensi, daya dukung dan daya tampung, sedangkan secara fungsional sumber daya yang dimiliki dapat dikonversikan menjadi kapasitas yang mampu mengatasi suatu permasalahan. Maraknya fenomena konflik antar Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) menuntut institusi penegakan hukum mempunyai kapasitas yang mampu mengatasi persoalan tersebut serta pentingnya pelaksanaan diselenggarakan secara kolaboratif guna terwujudnya ketahanan nasional. Penulis melakukan literatur review kepada penelitian dengan bahasan terkait Ormas, penegakan hukum, dan peran institusi penegak hukum secara meta-analisis. Hasil akhir menunjukkan bahwa keseluruhan kajian tidak mengkaji tentang kemampuan kapasitas secara detail, terutama pada potensi, daya dukung dan daya tampung institusional. Temuan lain menunjukkan bahwa penelitian ini masih jarang dilakukan mengingat keterbatasan dan fokus permasalahan, pendekatan teoritis yang digunakan, serta urgensi terhadap pentingnya tata kelola kolaboratif di dalam kelembagaan. Hal ini menjadi celah dilakukannya penelitian lanjutan yang berbeda, di mana penelitian terdahulu yang ada belum secara spesifik membahas tema ini</p> 2024-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Mochammad Rozikin https://journal.umpr.ac.id/index.php/pencerah/article/view/7585 Membangun Kapasitas Tata Kelola Pengawasan Ketenagakerjaan Bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2024-07-18T04:32:02+00:00 Mochammad Rozikin mochrozikin@ub.ac.id <p><em>The issue of implementing national K3 labor inspection includes two main aspects, namely governance and capacity building. The two main issues relate to weak awareness of the importance of implementing OSHMS in the workplace, weak understanding of K3 as part of human rights, weak criminal sanctions related to K3, relatively low coverage of K3 supervision, overlapping technical K3 regulations between institutions, weak quality, quantity and competence of K3, as well as the lack of synergy and integration of the operational supervision system between the central and regional governments. The author analyzes empirical data and reviews previous research using a systematic flow prism framework, and juxtaposes it with the fundamental theoretical concepts of governance, capacity building and labor inspection. The results of the analysis produce a hypothetical framework for building capacity for labor inspection governance in the K3 sector. This requires strategic intervention in human resource capacity, organizations and institutions, as well as governance that needs to be jointly constructed on the basis of an agreement on the principle of joint involvement. So, during the management and implementation process, each stakeholder/actor can be adaptive, the system and implementation of supervision can be more effective and efficient, where continuity and feedback from the accumulated process can reduce the impact and influence of uncertainty and the dynamics of a dynamic workforce environment.</em></p> 2024-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Mochammad Rozikin