Implementasi Penerapan Metode Pembelajaran Active Knowledge Sharing Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menjelaskan Identitas Diri, Keluarga Dan Kerabat Di Kelas 1 SD Negeri 3 Pasir Panjang Implementation Of Application Of Active Knowledge Sharing Learning Method In Improving Students Ability To Explain Self-Identity, Family And Vocationality In Class 1 SD Negeri 3 Pasir Panjang
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian menggunakan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing agar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menjelaskan identitas diri, keluarga dan kerabat di kelas I SD Negeri 3 Pasir Panjang. Dengan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil relajar siswa dalam belajar IPS kelas 1 khususnya materi identitas diri. Hasil analisis data pada hasil belajar siswa Pada siklus 1 ini menyatakan jumlah siswa yang mendapatkan nilai melebihi standart KKM mengalami peningkatan yaitu sejumlah 8 siswa di bandingkan dengan pra siklus hanya 4 siswa. perolehan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dimulai dari pelaksanaan pra siklus yaitu hanya ada 4 siswa yang tuntas belajar, kemudian siklus 1 meningkat menjadi 8 siswa sampai pada siklus II mencapai 11 siswa.
Downloads
Article Details
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.
References
Aqib, Zainal. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
B. Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Esti Wuryani, Sri. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.
Iman Prasetya, Teguh, Hutan, www.teguhiman prasetya.wordpress.com, 2010, diakses pada hari Senin, 25 Maret 2012 pukul 20.05 WIB.
Lie, Anita. 2002. Mempraktekkan Cooperaive Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Masnur, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Program Penyetaraan D-II Guru Agama SLTP/MTs, Depag Jakarta, Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam dan Universitas Terbuka, 1995/1996.
Moeleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammad, Mahmud. 2009. Strategi Penyelenggaraan PAI di Sekolah “http://Jurnal Iqro’.Wordpress.Com dalam Yahoo.com.
Muharromah, Sihhatul. ” Penerapan Metode Mind Mapping Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Aqidah Akhalak Siswa Kelas X F di MAN Yogyakarta 1”, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2009.
Munjin Nasih, Ahmad & Lilik Nur Kholidah. 2009. Metode dan Teknik Pembelajaran Agama Islam. Bandung: PT Refika Aditama,
Murni, Wahid. 2010. Evaluasi Pembelajaran Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta : Nuha Litera.
Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nufarokah, Annisatul. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras.