Implementasi Penerapan Metode Pembelajaran Active Knowledge Sharing Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menjelaskan Identitas Diri, Keluarga Dan Kerabat Di Kelas 1 SD Negeri 3 Pasir Panjang

Implementation Of Application Of Active Knowledge Sharing Learning Method In Improving Students Ability To Explain Self-Identity, Family And Vocationality In Class 1 SD Negeri 3 Pasir Panjang

Authors

  • Latia Latia

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1098

Keywords:

Implementasi Pembelajaran Active Knowledge Sharing, Kemampuan Siswa Dalam Menjelaskan Identitas Diri, Keluarga dan Kerabat

Abstract

Tujuan penelitian menggunakan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing agar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menjelaskan identitas diri, keluarga dan kerabat di kelas I SD Negeri 3 Pasir Panjang. Dengan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil relajar siswa dalam belajar IPS kelas 1 khususnya materi identitas diri. Hasil analisis data pada hasil belajar siswa Pada siklus 1 ini menyatakan jumlah siswa yang mendapatkan nilai melebihi standart KKM mengalami peningkatan yaitu sejumlah 8 siswa di bandingkan dengan pra siklus hanya 4 siswa. perolehan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dimulai dari pelaksanaan pra siklus yaitu hanya ada 4 siswa yang tuntas belajar, kemudian siklus 1 meningkat menjadi 8 siswa sampai pada siklus II mencapai 11 siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rieneka Cipta.
Aqib, Zainal. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
B. Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Esti Wuryani, Sri. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.
Iman Prasetya, Teguh, Hutan, www.teguhiman prasetya.wordpress.com, 2010, diakses pada hari Senin, 25 Maret 2012 pukul 20.05 WIB.
Lie, Anita. 2002. Mempraktekkan Cooperaive Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Masnur, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Program Penyetaraan D-II Guru Agama SLTP/MTs, Depag Jakarta, Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam dan Universitas Terbuka, 1995/1996.
Moeleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammad, Mahmud. 2009. Strategi Penyelenggaraan PAI di Sekolah “http://Jurnal Iqro’.Wordpress.Com dalam Yahoo.com.
Muharromah, Sihhatul. ” Penerapan Metode Mind Mapping Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Aqidah Akhalak Siswa Kelas X F di MAN Yogyakarta 1”, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2009.
Munjin Nasih, Ahmad & Lilik Nur Kholidah. 2009. Metode dan Teknik Pembelajaran Agama Islam. Bandung: PT Refika Aditama,
Murni, Wahid. 2010. Evaluasi Pembelajaran Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta : Nuha Litera.
Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nufarokah, Annisatul. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras.

Downloads

Published

2019-09-18

How to Cite

Latia, L. (2019). Implementasi Penerapan Metode Pembelajaran Active Knowledge Sharing Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menjelaskan Identitas Diri, Keluarga Dan Kerabat Di Kelas 1 SD Negeri 3 Pasir Panjang: Implementation Of Application Of Active Knowledge Sharing Learning Method In Improving Students Ability To Explain Self-Identity, Family And Vocationality In Class 1 SD Negeri 3 Pasir Panjang. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 6–11. https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1098