Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Dengan Metode Pembelajaran Penemuan (Discovery) Pada Siswa Kelas VI SDN 1 Mendawai

Efforts To Improve Ipa Learning Achievement With Discovery Learning Method In Grade VI Students Of SDN 1 Mendawai

Authors

  • Hartatik Hartatik

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1315

Keywords:

Prestasi Belajar IPA, Metode Pembelajaran Penemuan (Discovery)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar IPA pada siswa kelas VI SDN 1 Mendawai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan yang mengharuskan peneliti untuk berpartisipasi dan berkolaborasi antara peneliti dan kelompok sasaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 1 Mendawai. Instrumen penelitian yaitu silabus, rencana pembelajaran, lembar kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan belajar mengajar dan tes formatif. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian siklus I (67,85%), siklus II (78,57%) dan siklus III (89,28%). Penerapan metode pembelajaran penemuan (discovery) mempunyai pengaruh positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, Majid. 2013. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Diplan & Andi Setiawan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Fatchurahman, M, dkk. 2017. The Implementation Of Guidance And Counselling In SMA (Senior High) Government School In Palangkaraya. Jurnal Konseling Gusjijang, 3(1):20-48.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Nurhidayati, Diana Dwi. 2016. Peningkatan Pemahaman Manajanemen Waktu Melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving. Jurnal Psikopedagogia. Vol. 5, no. 1
Prayitno, dkk. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Bogor: Ghalia Indonesia.
Prayitno. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Riadin, Agung & Cici Liani Fitriani. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(2):1-5
Riadin, Agung. 2015. Penerapan Pembelajaran Ipa Terpadu Model Keterhubungan (Connected) Pada Pokok Bahasan Kalor Dan Pemisahan Campuran Siswa Kelas VII Semester II MTsn 1 Model Palangka Raya. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 10(2):87100.
Setyawan, Dedy. 2015. Penerapan Metode Discovery Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Peserta Didik Kelas V Sdn 3 Selat Hilir Kabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2014/2015. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 10(2):55-58.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Wahab, Rohmalina. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2020-03-19

How to Cite

Hartatik, H. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Dengan Metode Pembelajaran Penemuan (Discovery) Pada Siswa Kelas VI SDN 1 Mendawai: Efforts To Improve Ipa Learning Achievement With Discovery Learning Method In Grade VI Students Of SDN 1 Mendawai. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 53–59. https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1315