Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Dengan Metode Pembelajaran Penemuan (Discovery) Pada Siswa Kelas VI SDN 1 Mendawai Efforts To Improve Ipa Learning Achievement With Discovery Learning Method In Grade VI Students Of SDN 1 Mendawai

Main Article Content

Hartatik Hartatik

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar IPA pada siswa kelas VI SDN 1 Mendawai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan yang mengharuskan peneliti untuk berpartisipasi dan berkolaborasi antara peneliti dan kelompok sasaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 1 Mendawai. Instrumen penelitian yaitu silabus, rencana pembelajaran, lembar kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan belajar mengajar dan tes formatif. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian siklus I (67,85%), siklus II (78,57%) dan siklus III (89,28%). Penerapan metode pembelajaran penemuan (discovery) mempunyai pengaruh positif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hartatik, H. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Dengan Metode Pembelajaran Penemuan (Discovery) Pada Siswa Kelas VI SDN 1 Mendawai: Efforts To Improve Ipa Learning Achievement With Discovery Learning Method In Grade VI Students Of SDN 1 Mendawai. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 53–59. https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1315
Section
Articles

References

Abdul, Majid. 2013. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Diplan & Andi Setiawan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Fatchurahman, M, dkk. 2017. The Implementation Of Guidance And Counselling In SMA (Senior High) Government School In Palangkaraya. Jurnal Konseling Gusjijang, 3(1):20-48.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Nurhidayati, Diana Dwi. 2016. Peningkatan Pemahaman Manajanemen Waktu Melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving. Jurnal Psikopedagogia. Vol. 5, no. 1
Prayitno, dkk. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Bogor: Ghalia Indonesia.
Prayitno. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Riadin, Agung & Cici Liani Fitriani. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(2):1-5
Riadin, Agung. 2015. Penerapan Pembelajaran Ipa Terpadu Model Keterhubungan (Connected) Pada Pokok Bahasan Kalor Dan Pemisahan Campuran Siswa Kelas VII Semester II MTsn 1 Model Palangka Raya. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 10(2):87100.
Setyawan, Dedy. 2015. Penerapan Metode Discovery Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Peserta Didik Kelas V Sdn 3 Selat Hilir Kabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2014/2015. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 10(2):55-58.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Wahab, Rohmalina. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.