Bimbingan Klasikal Dalam Membangun Kepercayaan Diri Siswa Kelas X IBB MAN 3 Bantul Yogyakarta

Classical Guidelines In Building The Confidence Of Grade X IBB Man 3 Students, Bantul Yogyakarta

Authors

  • Ahmad Zulkarnain UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Tamimatul Uzlifah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v6i1.1704

Keywords:

Bimbingan Klasikal, Kepercayaan Diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahap-tahap pelaksanaan bimbingan klasikal yang dilakukan oleh guru BK dalam membangun kepercayaan diri siswa kelas X IBB di MAN 3 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif. Adapun subyek penelitian ini adalah koordinator BK, guru pembimbing (BK) dan siswa kelas X IBB. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana tahap-tahap bimbingan klasikal dalam membangun kepercayaan diri siswa kelas X IBB MAN 3 Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data melalui Observasi, Interview (wawancara) dan Dokumentasi. Adapun untuk analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu data yang sudah diperoleh kemudian disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah di atas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: tahap-tahap bimbingan klasikal dalam membangun kepercayaan diri siswa kelas X IBB di MAN 3 Bantul, yaitu dimulai dari perencanaan kegiatan yang tersusun dalam SATLAN/RPL, pengorganisasian yang berupa saran dan prasana, pelaksanaan dari program itu sendiri, monitoring dan penilaian untuk mengevaluasi layanan yang sudah dilakukan serta adanya tindak lanjut untuk perbaikan oleh guru BK.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ahmad Zulkarnain, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Tamimatul Uzlifah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

References

Aprianti Yofita Rahayu, Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT. Indeks, 2013
Aqib Zainal, Ikhtisar Bimbingan & Konseling di Sekolah, Bandung: Yrama Widya, 2012.
Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional 2007.
Hendri. 2013. Minat Peserta Didik Dalam Mengikuti Pelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Anterior Jurnal, 12(2):61-68.
https://tzaky.wordpress.com/2009/07/15/percaya-diri-dan-tidak-putus-asamenurut-islam/, diakses pada tanggal 21 Februari 2018, pukul 20.50 WIB
Juliansyah Noor, Metode Penelitian (Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah), Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.
Karyanti, Muhammad Andi Setiawan. 2018. Model Konseling Kelompok Teknik Expresif Writing Berlandaskan Falsafah Dandang Tingang Untuk Meningkatkan Perilaku Respect. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 2(2):129-136.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Pedoman Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan
Menengah, 2016.
Setiawan, M Andi. 2015. Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 4(1).
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Alfabeta, 2009
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rieneka Cipta, 1998.
Walgito Bimo, Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karir), Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2004.
Yusuf, S. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Zulkarnain, A., & Uzlifah, T. (2020). Bimbingan Klasikal Dalam Membangun Kepercayaan Diri Siswa Kelas X IBB MAN 3 Bantul Yogyakarta: Classical Guidelines In Building The Confidence Of Grade X IBB Man 3 Students, Bantul Yogyakarta. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 8–15. https://doi.org/10.33084/suluh.v6i1.1704