Pengaruh Bimbingan Klasikal Degan Media Audio Visual Untuk Mengembangkan Konformitas Positif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5
The Effect Of Classical Counseling Of Visual Audio Media To Develop Positive Conformity Of VIII Grade Students Of SMP Negeri 5
DOI:
https://doi.org/10.33084/suluh.v6i1.1706Keywords:
Bimbingan klasikal dengan media audio visual, Konformitas PositifAbstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan klasikal dengan media audio visual untuk mengembangkan konformitas positif siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Rembang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian true eksperimen design dengan jenis One Group Pre-test and Post-test design. Peneliti menggunakan sebanyak 32 siswa untuk kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi, wawancara. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Hasil penelitian kelompok eksperimen skor pretest rata-rata 62,1 (kategori tinggi) dan kelompok kontrol sebesar 51,1. Hasil post-test menunjukkan rata-rata kelompok eksperimen sebesar 63,5 (kategori tinggi) dan kelompok kontrol sebesar 48,8.Sehingga terjadi peningkatan rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 1,4.Hasil uji hipotesis diperoleh hasil thitung = 15,17.Dikonsultasikan dengan ttabel taraf signifikansi 5% (0.05) yaitu 2,042. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung =15,17> ttabel =2,042. Disimpulkan bahwa ada pengaruh bimbingan klasikal dengan media audio visual untuk mengembangkan konformitas positif siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Rembang.
Downloads
References
Asch (Baron, Robert & Bryne, Donn). 2005. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.
Baron, Robert & Bryne, Donn. 2003. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.
Baron, Robert & Bryne, Donn. 2005. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.
Kustandi, Cecep & Sutjipto. 2016. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor.Ghalia Indonesia.
Kusuma, Dewi Cintia. 2015. “Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa SMA Negeri 1 Depok Yogyakarta”. Artikel E-Journal. UNY.
Munir. 2013. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nurihsan. 2008. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika aditama.
Permadi, Ade Salahudin & Muchlis Saini. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):20-26.
Putra, Chandra Anugrah. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Perancangan dan Kecerdasan Logik-Matematik Terhadap Kompetensi Merancang Web. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(2):90-101.
Sears, 1985. Psikologi Sosial. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Setyawan, Dedy & Muhammad Fitriadi. Penggunaan Media Tiga Dimensi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1):1-7.
Siwabessy, Louse B dan Sri Hastoeti. 2008. Bahan Ajar Sertifikasi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Jabatan Melalui Jalur Pendidikan. Jakarta: Depdiknas..
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RnD & D. Bandung. Tarsito.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RnD & D. Bandung. Tarsito.
Winkel. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan.Yogyakarta: Media Abadi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.