Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Tematik Tema 5 Ekosistem Dengan Menggunakan Media Video Pada Siswa kelas V SDN 2 Pasir Panjang Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2019/2020

Efforts To Improve Thematic Learning Achievement In Theme 5 Ecosystems By Using Video Media For Class V Students At SDN 2 Pasir Panjang West Kotawaringin Regency In 2019/2020

Authors

  • Tugiman Tugiman SDN 2 Pasir Panjang Kotawaringin Barat

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v6i2.2469

Keywords:

SEFT, Perilaku Agresi, Solomon Three Group Design

Abstract

Pengalaman peneliti di lapangan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik masih berpusat pada guru (teacher centered). nilai pra tindakan mata pelajaran tematik masih banyak siswa yang belum tuntas di bandingkan siswa yang tuntas.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar tematik dengan menggunakan media video pada siswa kelas V SDN 2 Pasir Panjang Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Pelajaran 2019/2020. Peneliti ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) menurut Arikunto (2006 : 104). Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Dari hasil tes pada siklus I menunjukkan pemahaman belajar siswa mengalami peningkatan. Pemahaman belajar nilai rata-rata siswa pra siklus 65,85 meningkat menjadi 72,95. Pemahaman belajar siklus I jumlah belajar yang tuntas belajar 21 siswa dan 7 siswa belum tuntas belajar. Dari hasil tes pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan, dapat dilihat dari siklus I ke siklus II dan siswa yang tuntas belajar tematik tema Tema 5 ekosistem dengan presentasi 100% atau 28 siswa telah mencapai KKM bahkan melampaui target KKM kelas. Oleh karena itu, pembelajaran tematik Tema 5 ekosistem dengan  media Video Pada Siswa kelas V dianggap telah berhasil dan pelaksanaan berhenti pada siklus II. Berdasarkan diagram di atas, dapat diketahui nilai rata-rata siswa Kelas V SDN 2 Pasir Panjang meningkat. Dari pra siklus sebelum menggunakan media video nilai rata-rata siswa 65,85. Sedangkan nilai rata-rata siklus I adalah 72,95. Hal ini menunjukkan peningkatan pemahaman belajar dari pra siklus, siklus I dan siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Tugiman Tugiman, SDN 2 Pasir Panjang Kotawaringin Barat

References

A.A, Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja. Grafindo Persada.
A.Kosasih.1993.Optimalisasi Media Pembelajaran.PT.Grasindo:Jakarta Aqib, Zainal.2010.Penelitian Tindakan Kelas.Yrama Widya: Bandung
Agusyanto, Rudi. 2007. Jaringan Sosial Dalam Organisasi. Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada.
Ahmad Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada.
Arifin, Zainal. 2012. Penenlitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Arikunto, Suharsimi.2006.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Bhumi Aksara: Jakarta
Azhar, Arsyad.2013. Media Pembelajaran. Rajawali Press: Jakarta
Cheppy, Riyana.2007.Pedoman Pengembangan Media Video. P3AI UPI: Jakarta
Dahar, Ratna .2011.Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga: Jakarta Rudi dan Cepi.2007.Media Pembelajaran.Wacana Prima:Bandung
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto.2010.Media Pembelajaran Perannya Sangat Pentin Dalam mencapai. Yogyakarta: Gava Media.
Dimyati dan Mujiono.2006.Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta Djamarah.2002. Psikologi Pendidikan.Rineka Cipta : Jakarta
Dwi, Siswoyo. 2008.Ilmu Pendidikan. UNY Press: Yogyakarta
Fajrina, Aulia Rahma. 2012. Hubungan Media Video Dengan Prestasi belajar Kelas IV SDN 1 Rajabasa Tahun pelajaran 2015/2016. Skripsi- ilmiah.digilib.unila.co.id/2012/04/hubungan-penggunaan-media video. Web / 3 Oktober 2018
Fatchurahman M., Setiawan M.A., Karyanti K. 2021.The Development Of Group Healing Storytelling Model In Multicultural Counselling Services In Indonesian Schools: Examination Of Disciplinary Cases. The Education and science journal. 23(4):157-180.
Hamalik, Oemar,2010. Metoda Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar.Tarsito : Bandung
Hamid. 2010. Kemampuan Dasar Mengajar.Alfabeta. Bandung
Handayani, Hasma. 2013. Skripsi-ilmiah.digilib.unila.co.id/2013/12/pengaruh- media-video-terhadap-prestasi. html dikutip 5 Oktober 2018
Haris, Abdul. 2006.Psikologi dalam pendidikan.Alfabeta: Bandung
Harjanto. 2005.Perencanaan Pembelajaran.Rineka Cipta: Jakarta
Koswara, Deni. 2008.Kebiasaan kepala Sekolah Efektif . Pribumi Mekar: Bandung
Kristiawan.2012. Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Materi Globalisasi Menggunakan Media Audio-Visual Mata Pelajaran PKN Kelas IV SDN Kledok Tahun Pelajaran 2011/2012.Skripsi-ilmiah.blogspot.co.id/2012/04/ pengaruh-penggunaan-media audiovisual. Web / 7 oktober 2018.
Mulyasa E. 2010.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung:
Nana, Sudjana.2009.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja rosdakarya. Bandung
Ngalim, Purwanto.2009.Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.Remaja Rosdakarya: Jakarta
Pardjono,dkk.2007.Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Lembaga Penelitian INY
Pidarta, Made.2009.Landasan Kependidikan;Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia.Rineka Cipta: Jakarta
Prastowo, Andi .2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press
Purwanto, M Ngalim,2009, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya,
Qoriah, Siti. 2010. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran tematik Melalui Media Studi Pada Siswa Mima’arif Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi-ilmiah.blogspot.co.id/2010
Rudy, Gunawan.2013.Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi.Alfabeta : Bandung
Rusman.2012.Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangan sProfesionalisme Guru Abad 21. Alfabeta: Bandung
Sa’ud, Udin Saefudin.2008.Inovasi Pendidikan. Alfabeta: Bandung
Setiawan, M Andi dan Diplan Setiawan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas Teori Serta Panduan Bagi Guru Kelas Dan Guru Bimbingan Konseling. Deepublish. 1:67.
Setiawan, M Andi. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Artikel Scholar. 1:76.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugihartono, dkk, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.
Sumiati . 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta. Tujuan Pembelajaran.Gava Media: Yogyakarta
Tu'u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2021-03-15

How to Cite

Tugiman, T. (2021). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Tematik Tema 5 Ekosistem Dengan Menggunakan Media Video Pada Siswa kelas V SDN 2 Pasir Panjang Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2019/2020: Efforts To Improve Thematic Learning Achievement In Theme 5 Ecosystems By Using Video Media For Class V Students At SDN 2 Pasir Panjang West Kotawaringin Regency In 2019/2020. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 49–63. https://doi.org/10.33084/suluh.v6i2.2469