Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik Melalui Teknik Supervisi Kunjungan Kelas Pada Guru-Guru SDN 2 Kumpai Batu Atas Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Pelajaran 2019/2020

Efforts To Improve Teachers Ability In Using Learning Media In Thematic Learning Through Supervision Techniques For Class Visits To Teachers At SDN 2 Kumpai Batu Atas Arut Selatan District West Kotawaringin Regency 2019/2020 Academic Year

Authors

  • Juni Purwoto SDN 2 Kumpai Batu Atas Kotawaringin Barat

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v6i2.2470

Keywords:

Kemampuan Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik, Teknik Supervisi Kunjungan Kelas

Abstract

Berdasarkan penjajakan awal yang penulis lakukan di SDN 2 Kumpai Batu Atas, rata-rata prestasi belajar siswa output SDN 2 Kumpai Batu Atas cukup tinggi. Hasil belajar yang tinggi tentu saja dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah faktor kemampuan guru. Guru yang mempunyai kemampuan tinggi dalam mengelola pembelajaran, seperti dalam hal menggunakan media pembelajaran tentu saja akan mempermudah siswa memahami materi pelajaran yang disampaikan, yang secara langsung berakibat pada tingginya prestasi belajar siswa. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui: 1.Kondisi kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran pada pembelajaran tematik sebelum dan sesudah dilaksanakan teknik supervisi kunjungan kelas di SDN 2 Kumpai Batu Atas Tahun Pelajaran 2019/2020. 2. Pelaksanaaan teknik supervisi kunjungan kelas dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran pada pembelajaran tematik SDN 2 Kumpai Batu Atas Tahun Pelajaran 2019/2020.Metode Penelitian : Penelitian ini akan dilaksanakan di SDN 2 Kumpai Batu Atas. Penelitian akan dilakukan pada semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancacara dan dokumentasi. Hasil Penelitian:  hasil skor rata-rata observasi pra siklus hanya mencapai skor 5 sementara pada siklus I mencapai 11,4 yang artinya kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran pada pembelajaran tematik baik. Selanjutnya pada siklus II Hasil supervisi mencapai skor 15,8 artinya Kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran pada pembelajaran tematik sangat baik. Teknik supervisi kunjungan kelas sangat efektif untuk meningkatakan Kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran pada pembelajaran tematik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Juni Purwoto, SDN 2 Kumpai Batu Atas Kotawaringin Barat

References

Al-amri, Icras Hamid.2006. Pengembangan Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar.Yogyakarta : Departemen Nasional.
Anderson, 1976. Media Pembelajaran. Jakarta, PT. Erlangga .
Arikunto Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Briggs, Leslie J. 1977. Instructional Design,Educational Technology Publications. Inc. New Jersey : Englewood Cliffs.
Fatchurahman M., Setiawan M.A., Karyanti K. 2021.The Development Of Group Healing Storytelling Model In Multicultural Counselling Services In Indonesian Schools: Examination Of Disciplinary Cases. The Education and science journal. 23(4):157-180.
Hamalik, 1994. Media Pendidikan . Bandung : Citra Aditya Bakti.
Hamzah. 2011. Profesi Kependidikan : Problema, Solusi, dan Formasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta : Numi Aksara.
Imam Gunawan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kemmis S dan Mc. Taggart. 1992. The Action Research Planner. Victoria: Deakrin. University.
Kemp, J.E. dan Dayton, D.K. 1985. “Planning and Producing Instructional. Media”. Cambridge: Harper & Row Publishers, New York.
Mulyasa.2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.Bandung : Remaja Rosdakarya.
Nurfuadi, Moh.Roqib. 2009. Kepribadian Guru. Yogyakarta : Grafindo Litera Media.
Permadi, Ade Salahudin. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peserta Didik. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Infornasi. 2(2):20-26.
Putra, Chandra Anugrah dan M Andi Setiawan. 2019.Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar.3(1)1-6.
Robbins, Stephen P. & Timothy A. Judge. 2009. Organizational Behavior. 13 Three. Edition, USA: Pearson International Edition,
Setiawan, M Andi dan Diplan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Artikel Scholar.1:76.
Sudibyo, Bambang. 2008.Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sudijono, Anas. 2001. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja RoSDakarya.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta CV.
Suharjono. 2010. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Malang: Lembaga Cakrawala Indonesia (LCI).
Suharsaputra, Uhar. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung : Refika Aditama.
Surakhmad, Winarno. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT REMAJA ROSDA KARYA.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Fokus Media.
W.S. Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2021-03-10

How to Cite

Purwoto, J. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik Melalui Teknik Supervisi Kunjungan Kelas Pada Guru-Guru SDN 2 Kumpai Batu Atas Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Pelajaran 2019/2020: Efforts To Improve Teachers Ability In Using Learning Media In Thematic Learning Through Supervision Techniques For Class Visits To Teachers At SDN 2 Kumpai Batu Atas Arut Selatan District West Kotawaringin Regency 2019/2020 Academic Year. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 64–73. https://doi.org/10.33084/suluh.v6i2.2470