Penerapan Metode Tutorial Sebaya Dalam Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa
Application Of Peer-To-Peer Tutorial Methods In Social Studies Learning To Improve Motivation And Learning Outcomes Students
DOI:
https://doi.org/10.33084/suluh.v7i1.2732Keywords:
Tutorial Sebaya, Motivasi Siswa, Hasil Beljaar Siswa, Pembelajaran IPSAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Al-Amin pada mata pelajaran IPS masih tergolong rendah. Maka dilakukan penelitian dengan menerapkan metode pembelajaran tutorial sebaya dalam pembelajaran IPS, yang bertujuan untuk mengetahui peningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Al-Amin setelah dilakukan tindakan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Al-Amin yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, dimana satu siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini untuk motivasi menggunakan observasi, angket, dan wawancara. Kemudian untuk hasil belajar menggunakan tes hasil belajar. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tutorial sebaya dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VIII A SMP Al-Amin Palangka Raya . Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase indikator motivasi dan peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM pada tiap siklusnya hingga mencapai bahkan melampaui kriteria keberhasilan tindakan. Pada siklus I rata-rata persentase indikator motivasi siswa berdasarkan observasi yaitu 56% dan berdasarkan angket yaitu 59%. Pada siklus II persentase motivasi meningkat, berdasarkan observasi menjadi 67%, dan berdasarkan angket menjadi 64%. Untuk hasil belajar, pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 32%, kemudian meningkat menjadi 63% pada siklus II.
Downloads
References
Abu Ahmadi & Widodo Supriyono. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Agus Suprijono. (2013). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM.
Conny Semiawan, dkk. (1992). Pendekatan Ketrampilan Proses. Jakarta: PT Gramedia.
Debosya. (2018). Kasus Siswa Bolos, Kadisdikpora Ingatkan Kepala Sekolah. http://komapos.com/sumbar/agam/1255-kasus-siswa-bolos-kadisdikpora-ingatkan-kepala-sekolah.
Dendi Tri Sunarno. (2012). “Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Media Slide PowerPoint Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII A SMP Negeri 3 Sleman”. Skripsi. Yogyakarta: UNY.
Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fian Lukas Guntur Warsono. (2011). “Penerapan Metode Tutorial Sebaya Dalam Pembelajaran Ekonomi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2010/2011.” Skripsi. Yogyakarta: UNY.
Hamzah B. Uno & Satria Koni. (2012). Assessment Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mimin Haryati. (2007). Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi Teori & Praktek. Jakarta: Gaung Persada Press.
Muhammad Numan Somantri. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Neila Ramdhani. (2012). Menjadi Guru Inspiratif Aplikasi Ilmu Psikologi dalam Pendidikan. Jakarta: Titian Foundation.
Ngalim Purwanto. (1994). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurul Ramadhani Makarao. (2009). Metode Mengajar dalam Bidang Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Permadi, Ade Salahudin, Arna Purtina dan Muhammad Jailani.2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6:1(16-21).
Rina dan Hendri. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada SDN-6 Panarung Palangka Raya Kelas IVB Tahun Pelajaran 2014/2015.Tunas Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2:1(21-25).
Rini Yustiningsih. (2018). Bolos di Warnet, 8 Pelajar Sukoharjo Ditangkap Satpol. http://www.soloposfm.com/2018/05/bolos-di-warnet-8-pelajar-
Rochiati Wiraatmadja. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sapriya. (2011). Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sardiman. (2010). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Setiawan, M Andi dan Agung Riadin. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia). 6:1(27-31).
Sgiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suharsimi Arikunto. (2008). Penelitian Ti ndakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara
sukoharjo-ditangkap-satpol/.
Supardi. (2011). Dasar-Dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak.
Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Udin. S. Winatapura. (1999). Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Wina Sanjaya. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zainal Arifin. (2012). Evaluasi Pembelajaran, Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Zainal Aqib, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru SD, SLB, TK. Bandung: Yrama Widya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.