Penerapan Metode Presentasi Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa
Application of the Presentation Method to Increase Student Interest and Learning Outcomes
DOI:
https://doi.org/10.33084/suluh.v7i1.2734Keywords:
Penerapan Model Presentasi, Minat Belajar, Hasil Belajar SiswaAbstract
Dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK), sering ditemukan bahwa peserta didik kurang mampu menunjukkan respon dalam mengikuti Proses Pembelajaran, dan cenderung menjadi pasif, artinya disini terjadi sistem pembelajaran satu arah, dimana guru yang sebagai sumber informasi belajar peserta didik dan peserta didik hanya sebagai pendengar saja, tidak adanya interaktif atau kerjasama antara guru dengan peserta didik dan antar peserta didik itu sendiri.
Tujuan Penelitian ini adalah sebagai berikut : a) Mendeskripsikan langkah-langkah model Pembelajaran Demonstrasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) di kelas V SDN 14 Palangka. Membuktikan apakah model Pembelajaran Presentasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) di kelas V SDN 14 Palangka.
Hasil Penelitian adalah sebagai berikut : Berdasarkan data nilai pada tabel 4.11 dapat dibuat kesimpulan adalah sebagi berikut : untuk nilai pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) di kelas V SDN 14 Palangka dari 11 orang siswa semua mendapat nilai tuntas atau 100% tuntas, dengan jumlah nilai 960 dan nilai rata-rata kelas adalah 87,5 nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 95 dan nilai terendah adalah 75. Artinya dengan menerapkan Pembelajaran Metode Demontrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 14 Palangka. Peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 14 Palangka dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas hasil Lembar Kerja Siswa (LKS) .
Downloads
References
Dalyono , M. , 1997. Psikologi Pendidikan Cetakan I. Jakarta : Rieneke Cipta
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud dan PT Rieneke Cipta
Djamara, S>B. 2002. Psikologi Belajar Mengajar. Jakarta : Rieneke Cipta.
Hamalik , O. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara
Hardjana , a. G, 2007. Model-model Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Katolik Di Sekolah Dasar. Semarang : LPMP
Hofman, Ruedi. (1988. Sebuah Gagasan Kitab Suci dan Sekolah Minggu. Rohani, Januari halaman 10-13)
Jacobs, Tom, 1992. Silabus Pendidikan Iman Katolik. Yogyakarta : Kanisius
Komkat, 2004. Menjadi Murid Yesus 5. Yogyakarta : Kanisius
Poerwadarminta, W.J.S 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Purwanto, N. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT.Raja Grapindo Persada.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Reneke Cipta
Sudjana, N. 1989. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja
Rosda Karya.
Permadi Ade S, Arna Purtina, Muhammad Jailani. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6:1(16-21).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.