IMPLEMENTASI KOMUNIKASI DAN ILMU SOSIAL DASAR BAGI MAHASISWA STAI KUALA KAPUAS DI ERA GLOBALISASI

Implementation of Communication & Basic Social Knowledge for STAI Kuala Kapuas Colleger in Globalization Era

Authors

  • Rico Rico Sekolah Tinggi Agama Islam Kuala Kapuas
  • Nafiah Ibnor STAI Kuala Kapuas
  • Ushansyah Ushansyah STAI Kuala Kapuas
  • Siti Fatimah UNISKA MAB Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v22i1.3996

Keywords:

Komunikasi, Implementasi, Ilmu Sosial Dasar, Globalisasi

Abstract

Komunikasi diambil dari kata dalam bahasa latin “communication” serta bersumber dari kata “communis” yang berarti “sama”. Hafieda cangara berpendapat bahwa komunikasi berasal dari dalam bahasa latin “communis” yang artinya membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua individu atau lebih. Komunikasi bertujuan untuk bertukar pendapat dan mengetahui satu sama lain antara individu. Komunikasi adalah alat yang sangat penting dalam perkembangan hidup manusia. Tanpa adanya komunikasi manusia tidak akan berkembang sampai sekarang ini. Komunikasi yang baik adalah tonggak utama dalam menjalin hubungan yang baik antara manusia. Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang mempelajari permasalahan-permasalahan sosial yang berkembang dan timbul di dalam masyarakat, khususnya di Indonesia. Dengan ilmu ini diharapkan daya tangkap, persepsi, serta penalaran & kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan sosialnya mengalami peningkatan. STAI Kuala Kapuas adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Kuala kapuas yang memberikan ilmu sosial dasar bagi mahasiswanya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi & implementasi ilmu sosial dasar dengan tujuan daya tangkap, persepsi, serta penalaran & Kepekaan mahasiswa STAI Kuala Kapuas terhadap lingkungan sosialnya mengalami peningkatan. dalam penelitian ini mahasiswa STAI Kuala Kapuas dipertanyakan seberapa jauh peran globalisasi terhadap komunikasi dan implementasi ilmu sosial dasar.dalam penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif, fenomologis, dan berbentuk diskriptif. Penelitian dengan bentuk deskriptif adalah penelitian yang menggambarkan isi data yaitu komunikasi dan implementasi ilmu sosial dasar bagi mahasiswa di STAI Kuala Kapuas di era globalisasi. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa mahasiswa mengilhami bahwa Komunikasi dengan menggunakan sarana era globalisasi merupakan salah satu sarana yang Efektif & efisien dalam penerapan Ilmu Sosial dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nafiah Ibnor, STAI Kuala Kapuas

STAI Kuala Kapuas

Ushansyah Ushansyah, STAI Kuala Kapuas

STAI Kuala Kapuas

Siti Fatimah, UNISKA MAB Banjarmasin

UNISKA MAB Banjarmasin

References

Ariesani Hermanto & Melay Anggraini, 2020, Globalisasi, revolusi digital, dan lokalitas: Dinamika Internasional dan Domestik di Era Borderless World. Yogyakarta: LPPM UPN VY PRESS.
Abdul kadir Muhammad, Prof, SH, 2011, Ilmu Sosial Budaya Dasar, Bandung: Citra Aditya Bakti.
Anwar, R. (2018). Hambatan Komunikasi Aantarbudaya di Kalangan Pelajar Asli Papua Dengan Siswa Pendatang di Kota Jayapura.Jurnal Common, 2(2), 139–149.
Liliweri, A. (2013). Dasar-Dasar Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lue Sudiyono, Dr. MM & Yulia Palupi, M.Pd, 2016, Ilmu Sosial Dasar, Yogyakarta: Kaliwangi Offset.
Lexy.J.Meleong, 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Machful Indra Kurniawan, 2015, Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar: JOURNAL PEDAGOGIA ISSN 2089 -3833 Volume. 4, No. 1, Februari 2015.
Rico dan Muzahid Akbar Hayad, Kesalahpahaman Komunikasi Suku Dayak dan Suku Banjar, Jurnal Etissa, Vol.6 No. 2 (Desmber 2021).
Sutrisno Hadi, Metodologi Reseach II, (Yogyakarta: Fak. Psikologi UGM, 1994).
Shihab, M. Quraish, 2002, Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati.
Sugiyono, Prof, Dr, 2009, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2023-01-02

How to Cite

Rico, R., Ibnor, N., Ushansyah, U., & Fatimah, S. (2023). IMPLEMENTASI KOMUNIKASI DAN ILMU SOSIAL DASAR BAGI MAHASISWA STAI KUALA KAPUAS DI ERA GLOBALISASI: Implementation of Communication & Basic Social Knowledge for STAI Kuala Kapuas Colleger in Globalization Era. Anterior Jurnal, 22(1), 86–93. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i1.3996