IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER AIK DI SD MUHAMMADIYAH PAHANDUT PALANGKARAYA
IMPLEMENTATION OF AIK CHARACTER EDUCATION IN SD MUHAMMADIYAH PAHANDUT PALANGKARAYA
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.4519Keywords:
Implementasi, Pendidikan Karakter, AIKAbstract
Diera globalisasi seperti saat ini, sangat penting menanamkan pendidikan karakter sedini mungkin, agar peserta didik memiliki kepribadian berkarakter dan berbudi pekerti yang baik. Untuk mewujudkan itu diperlukan dukungan tidak hanya dari keluarga tetapi juga dari sekolah, salah satu cara menanamkan pendidikan karakter yaitu dengan mengimplementasikan Al-islam dan Kemuhammadiyahan di dalam lingkungan sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat menganalisis implementasi pendidikan karakter berbasis Al-islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) di SD Muhammadiyah Pahandut Palangkaraya. Penelitian ini menngunakan pendekatan kualitatif dengan metode yang digunakan peneliti yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan beberapa cara guru disekolah tersebut menerapkan AIK, (1)menghadirkan mata pelajaran kemuhammadiyahan untuk peserta didik, (2)mencerminkan nilai karakter dari prilaku guru di sekolah, (3)mengajarkan sholat berjamaah tepat waktu, (4)menyelipkan nilai karakter pada setiap pembelajaran, (5) mewajibkan peserta didik mengikuti hizbul wathan, (6)melakukan tadarus Al-Quran sebelum memulai pembelajaran. semua hal tersebut disambut antusias oleh seluruh peserta didik, namun untuk penanaman nilai karakter tidak hanya terfokus disekolah saja, tetapi juga didukung oleh keluarga dan lingkungan sekitar agar dapat tertanam dengan baik dalam kehidupan peserta didik.
Downloads
References
Abdurahman, D. (2007). MetodePenelitianSejarah. Jakarta: Logos WacanaIlmu.
Achmad Djauhari. (2021). Pendidikan Karakter berbaisis Al- Islam dan Kemuhammadiyahan dengan Metode Shibghah. Jurnal Instruksional, 2(2).
Ady Ferdian Noor. (2013). Pembelajaran Bermakna untuk Mencapai Pendidikan Karakter : Anterior Jurnal. 12(2), 54-60.
Chusnan Yusuf, dkk. 2014. 6 Dimensi Kuliah Kemuhammadiyahan, Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta
Faisal, Sanapiah. 1999. Dasar dan Tehnik Penelitian Keilmuan Sosial. Surabaya:Usaha Nasional.
Farid Setiawan, dkk. 2010. Mengokohkan Spirit Pendidikan Muhammadiyah. Yogyakarta: Penerbit Pyramedia
Licona, T. (2013). Pendidikan Karakter : Panduan Lengkap mendidik peserta menjadi Pintar dan Baik. Bandung : Nusa Media
Mahmudin Sudin. 2019. Karakter Pendidik Muhammadiyah. Yogyakarta: CV. Tangan Emas.
Noor Amirudin. 2016. Peran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam Meningkatkan Perilaku Keberagamaan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik.Gresik: Universitas Muhammadiyah Gesik, Jurnal Didaktika, vol. 23 no. 1. Suradika, Agus, Dirgantara Wicaksono. 2019. Metodologi Penelitan.Tangerang
Supardi. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di SDN-1 Panarung Kota Palangkaraya : Anterior Jurnal, 12(2), 34 – 45.
Suwahyu, I. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Konsep Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2).
Wibowo, Sareh Setyo Siswo. 2017.“Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan Dan Bahasa Arab (Ismuba) Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Purbalingga”. Tesis yang tidak diterbitkan. Purwokerto : Institut Agama Islam Negeri
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gusti Nida Nurkhaliza, Muhammad Nurhuda, Oktarina Wulandari Y Garib, Nurul Hikmah Kartini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.