ANALISIS STANDAR PROSES PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SDN 4 PAHANDUT

Analysis of Standard Processes in Learning Mathematics in Grades III SDN 4 Pahandut

Authors

  • Dede Shintano Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Nurul Hikmah Kartini Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Dedy Setyawan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v21i3.3750

Keywords:

Standar Proses, Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa standar proses pada pembelajaran matematika di kelas III SDN 4 Pahandut. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas III, kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan teman sejawat guru.

Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, untuk memperoleh gambaran proses pembelajaran yang meliputi pengajaran didalam didalam kelas III dan aktifitas peserta didik saat belajar dikelas, wawancara dilakukan untuk memperoleh data-data berupa informasi dari pihak yang menjadi nara sumber dalam penelitian untuk mengetahui bagaimana pengimplementasian standar proses pada mata pelajaran matematika di kelas III, dan dokumentasi dilakukan untuk mendokumentasikan aktivitas pembelajaran yang dilakukan guru dan peserta didik didalam  kelas saat sedang melaksanakan proses pembelajaran.

Hasil penelitan menunjukan bahwa dalam perencanaan atau dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) semua komponen-komponen yang wajib ada dalam sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sudah tersusun dengan rapi. Tetapi dalam pelaksanaannya, guru hanya melaksanakan kegiatan inti dan kegiatan penutup dan melewatkan kegiatan pendahuluan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dede Shintano, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Nurul Hikmah Kartini, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Dedy Setyawan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Dewi, S. H., Susanto, S., & Lestari, N. D. S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berstandar NCTM (National Council of Teachers of Mathematics) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VII Pada Pokok Bahasan Statistika. Jurnal Edukasi, 2(3), 25-30.
Diplan & Andi Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jawa Tengah: CV. Sarnu Untung
Hamzah, Ali & Muhlisrani, Dra. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Haryono, Didi. 2015. Filsafat Matematika. Bandung: Alfabeta
Imam Gunawan. 2016. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktek. Jakarta: PT Bumi Aksara
Lampiran Permendikbud No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah
Mardawani. 2020. Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. CV Budi Utama: Yogyakarta
Muh. Fitrah & Luthfiyah. 2017. Metofologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Jawa Barat: CV Jejak
Oktaviani, N. M., & Wulandari, I. (2019). Implementasi Standar Proses Dalam Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 180-187.
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar proses pendidikan dasar dan menengah
Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
Puspitasari, H. (2018). Standar proses pembelajaran sebagai sistem penjaminan mutu internal di sekolah. Muslim heritage, 2(2), 339-368.
Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. J Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10
Seto Mulyadi, dkk. 2019. Metode Penelitian Kualitatif dan Mixed Method Perspektih yang Terbaru Untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Kemanusiaan dan Budaya. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Siregar, N., & Ratnaningsih, N. (2019). Standar Proses Pendidikan Nasional: Implementasi Dan Analisis Terhadap Komponen Guru Matematika Pada Salah Satu Smp Di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan P-ISSN, 5(1), 2019.
Sobarningsih, N., Sugilar, H., & Nurdiansyah, R. (2019). Analisis Implementasi Standar Proses Pembelajaran Guru Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 67-84.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabet
Sukmadinata, N. S. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Yulianti, E., Arafat, Y., & Wardiah, D. (2020). Analisis Standar Proses Dalam Pelaksanaan Pembelajaran PPKN. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 144-151.

Downloads

Published

2022-08-16

How to Cite

Shintano, D., Kartini, N. H., & Setyawan, D. (2022). ANALISIS STANDAR PROSES PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SDN 4 PAHANDUT: Analysis of Standard Processes in Learning Mathematics in Grades III SDN 4 Pahandut. Anterior Jurnal, 21(3), 68–71. https://doi.org/10.33084/anterior.v21i3.3750

Most read articles by the same author(s)