IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP PADA TAMAN KONSERVASI ANGGREK TAHURA SULTAN ADAM
Environmental Education Implementation in Sultan Adam Forest Park Orchid Concervation Park
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v22i2.4616Keywords:
Pendidikan lingkungan hidup, Konservasi Anggrek, Tahura Sultan AdamAbstract
Lingkungan Hidup merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi alam itu sendiri. Satu diantaranya yaitu tanaman Anggrek yang perlu dibudidayakan agar tetap lestari. Taman Konservasi Anggrek Tahura Sultan Adam merupakan tempat untuk melindungi serta melestarikan anggrek-anggrek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan lingkungan hidup pada Taman Konservasi Anggrek Tahura Sultan Adam . Artikel ini disusun dengan metode kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu melalui Taman Konservasi Anggrek Tahura Sultan Adam bertujuan untuk melestarikan tanaman Anggrek, sebagai sumber belajar peserta didik dalam pendidikan lingkungan hidup serta dapat menjadi sumber ekonomi masyarakat.
Downloads
References
Afandi, R. (2013). Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 2(1), 98–108. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.50
Amelia, M. P., Rianawati, F., & Rezekiah, A. A. (2021). DAYA DUKUNG EKOLOGIS DAN JUMLAH WISATAWAN DI KAWASAN WISATA TAMAN HUTAN RAYA SULTAN ADAM MANDIANGIN KALIMANTAN SELATAN. Jurnal Sylva Scienteae, 4(4), 663. https://doi.org/10.20527/jss.v4i4.3942
Ayudia, Suryanto, E., & Waluyo, B. (2017). Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Laporan Hasil Observasi Pada Siswa SMP. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 4(1), 34–49.
Gaol, L., & Esauli, P. C. (2018). Tingkat Persepsi Masyarakat dalam Upaya Pemulihan dan Pelestarian Ekosistem Gambut di Desa Perbangunan Kecamatan Sei Kepayang Kabupaten Asahan. Universitas Sumatera Utara.
Joko, C. (2014). Ruang Lingkup Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan. In Ruang Lingkup Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan (pp. 1–29). Universitas Terbuka.
Nugroho, M. A. (2022). Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup: Upaya Penenaman Kesadaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 93–108.
Pangestu, F., Arifin Aziz, S., & Sukma, D. (2014). Karakterisasi Morfologi Anggrek Phalaenopsis Hibrida. Jurnal Hortikultura Indonesia, 5(1), 29. https://doi.org/10.29244/jhi.5.1.29-35
PILENDIA, D. (2020). PEMANFAATAN ADOBE FLASH SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA : STUDI LITERATUR. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.255
Sabran, M., Krismawati, A., Galingging, Y., & Firmansyah, A. (2003). Eksplorasi dan karakterisasi tanaman anggrek di Kalimantan Tengah. Buletin Plasma Nutfah, 9(1).
Statistik, B. P. (2016). Indeks Pembangunan Manusia 2015. https://www.bps.go.id/pressrelease/2016/06/15/1278/indeks-pembangunan-manusia-2015.html#:~:text=IPM Indonesia Tahun 2015&text=Pada tahun 2015%2C IPM Indonesia,2014 yang sebesar 68%2C90.
Sya’ban, M. A. (2018). Tinjauan mata pelajaran IPS SMP pada penerapan pendidikan lingkungan hidup untuk peduli akan tanggung jawab lingkungan. Jurnal Geografi, Edukasi Dan Lingkungan (JGEL), 2(1), 32–44.
Wihardja, R. S. D., & Rahmayanti. (2021). Pendidikan Lingkungan Hidup. Penerbit NEM.
Wijarini, F., & Siregar, M. A. Si. (2021). Peningkatan Keterampilan Pengelola Taman Anggrek Melalui Kegiatan Pelatihan Budidaya Tanaman Annggrek Dan Pembuatan Herbarium Tanaman Anggrek. Jurnal Maslahat, 2(1), 1–8.
Winarto, B., Mattjik, N. A., Da silva, J. A. T., Purwito, A., & Marwoto, B. (2010). Ploidy screening of anthurium (Anthurium andreanum Linden ex André) regenerants derived from anther culture. Scientia Horticulturae, 127(1), 89–90.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rusmaniah Rusmaniah, Muhammad Adhitya Hidayat Putra, Muhammad Rezky Noor Handy , M. Ridha Ilhami, Mutiani Mutiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.