PARADIGMA GURU SEKOLAH DASAR TENTANG EDUKASI SEKSUAL SEJAK DINI SEBAGAI IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK
PARADIGM OF ELEMENTARY SCHOOL TEACHER ABOUT SEXUAL EDUCATION FROM EARLY AS A CHILD FRIENDLY SCHOOL IMPLEMENTATION
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v22i2.4713Keywords:
Sekolah ramah anak, Kekerasan seksual, Paradigma guruAbstract
Kekerasan seksual menjadi sebuah permasalahan kompleks di tengah masyarakat. Ironisnya kekerasan seksual kerao terjadi di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan paradigma guru sekolah dasar tentang edukasi seksual sejak dini sebagai implementasi sekolah ramah anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif. Informan terdiri dari tujuh orang guru dari berbagai SD Muhammadiyah di jawa Timur yang dipilih melalui purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru yang menjadi informan telah memahami hakikat konsep sekolah ramah anak. Semua informan memiliki persamaan persepsi bahwa edukasi seksual sangat urgen meskipun stigma masyarakat masih menganggap tabu. Penanaman edukasi seksual menurut para informan penting dilakukan oleh orang tua, guru, dan terutama layanan bimbingan konseling. Pola pendekatan yang dilakukan oleh para guru dalam pelaksanaan edukasi seksual yakni melalui lagu berisi konten anggota tubuh yanag boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, melaksanakan edukasi seksual melalui layanan bimbingan konseling, memberi pengarahan cara berpakaian, organ reproduksi, dan jenis kelamin.
Downloads
References
Ali, Y. F., & Rosaline, V. F. (2020). Peran Sekolah Dalam Mencegah Penyalahgunaan Konten Pornografi Melalui Pendidikan Seks. … Pendidikan Hukum, Politik, Dan …, 1(1). http://mores.stkippasundan.ac.id/index.php/mores/article/download/30/6
Andika, A. (2010). Bicara Seks Bersama Anak. PT Suka Buku.
Artadianti, K. R., & Subowo, A. (2017). IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) PADA SEKOLAH PERCONTOHAN DI SD PEKUNDEN 01 KOTA SEMARANG SEBAGAI UPAYA UNTUK MENDUKUNG PROGRAM KOTA LAYAK ANAK (KLA). Journal Of Public Policy And Management Review, 6(3), 12–26.
Bayhaqi, A. (2021). KPAI: Korban Kekerasan Seksual Paling Tinggi Dialami di Tingkat Sekolah Dasar. Diakses 10 Februari 2022. Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/peristiwa/kpai-korban-kekerasan-seksual-paling-tinggi-dialami-di-tingkat-sekolah-dasar.html
Cobanoglu, F., Ayvaz-Tuncel, Z., & Ordu, A. (2018). Child-Friendly Schools: An Assessment of Secondary Schools. Universal Journal of Educational Research, 6(3), 466–477.
Damarjati, D. (2019). Pelecehan Seksual Tak Ada Kaitan dengan Pakaian Korban, Sepakat?. Diakses tanggal 3 Februari 2023. Detik.Com. https://news.detik.com/pro-kontra/d-4636306/pelecehan-seksual-tak-ada-kaitan-dengan-pakaian-korban-sepakat
Istiningsih, S., Indraswati, D., Rahmatih, A. N., Fauzi, A., Sobri, M., & Sutisna, D. (2021). Sosialisasi Kebijakan Dan Strategi Sekolah Ramah Anak Bagi Mahasiswa Pgsd Universitas Mataram. Jurnal Warta Desa (JWD), 3(3), 176–185. https://doi.org/10.29303/jwd.v3i3.154
Margaretta, S. S., & Kristyaningsih, P. (2020). the Effectiveness of Sexual Education on Sexuality Knowledge and How To Prevent Sexual Violence in School Age Children. JIKBW Press, 57–61.
Maulida, H., & W, R. Y. P. (2021). Communication Behavior At Child Friendly School of Magelang City. Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik, Universitas Tidar, 39, 239–251.
Na’imah, T., Widyasari, Y., & Herdian, H. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 747. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.283
Nurbaya, S., & Qasim, M. (2018). DOI : https://doi.org/10.32382/medkes.v13i2.612 DOI : https://doi.org/10.32382/medkes.v13i2.612. 8153, 19–27.
Nurkhalis, -. (2012). Konstruksi Teori Paradigma Thomas S. Kuhn. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(02), 79. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i02.55
Ramadhan, B. (2023). Komnas Perempuan Bantah Pakaian Terbuka Jadi Pemicu Pelecehan. Diakses 3 Februari 2023. Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/ro9j5d330/komnas-perempuan-bantah-pakaian-terbuka-jadi-pemicu-pelecehan
Situmorang, A., Traggiai, C., Stanhope, R., Hickey, M., Balen, A., Van Der Mei, J., Heijstra, T., Boersma, E., Christie, D., & Viner, R. (2013). Adolescent reproductive health in Indonesia. Best Practice and Research Clinical Obstetrics and Gynaecology, 17(1), 41–56.
Tresiana, N., Duadji, N., Fahmi, T., & Putri, R. D. (2018). Pelatihan Mendesain Kebijakan dan Strategi Sekolah Ramah Anak pada Satuan Pendidikan. Sakai Sambayan Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 41. https://doi.org/10.23960/jss.v2i1.48
Zakiyah, R., Prabandari, Suryo, Y., & Triratnawati, A. (2016). Tabu, Hambatan Budaya Pendidikan Seksualitas Dini pada Anak di Kota Dumai Taboo, The Culture’s Barrier of Early Sexuality Education for Children in the City of Dumai. BKM Journal of Community Medicine and Public Health, 32(9), 323–330. https://jurnal.ugm.ac.id/bkm/article/view/10557/20627
Zulfahmi, A., Billah, M., & Erfantinni, I. H. (2021). Peran BK dalam Memberikan Pemahaman Pendidikan Seks kepada Siswa. 2(4), 2686–2875. https://doi.org/10.31960/konseling.v2i4.1015
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Holy Ichda Wahyuni, Meirza Nanda Faradita, Islam Syarifurrahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.