PARADIGMA GURU SEKOLAH DASAR TENTANG EDUKASI SEKSUAL SEJAK DINI SEBAGAI IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK

PARADIGM OF ELEMENTARY SCHOOL TEACHER ABOUT SEXUAL EDUCATION FROM EARLY AS A CHILD FRIENDLY SCHOOL IMPLEMENTATION

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v22i2.4713

Keywords:

Sekolah ramah anak, Kekerasan seksual, Paradigma guru

Abstract

Kekerasan seksual menjadi sebuah permasalahan kompleks di tengah masyarakat. Ironisnya kekerasan seksual kerao terjadi di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan paradigma guru sekolah dasar tentang edukasi seksual sejak dini sebagai implementasi sekolah ramah anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif. Informan terdiri dari tujuh orang guru dari berbagai SD Muhammadiyah di jawa Timur yang dipilih melalui purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru yang menjadi informan telah memahami hakikat konsep sekolah ramah anak. Semua informan memiliki persamaan persepsi bahwa edukasi seksual sangat urgen meskipun stigma masyarakat masih menganggap tabu. Penanaman edukasi seksual menurut para informan penting dilakukan oleh orang tua, guru, dan terutama layanan bimbingan konseling. Pola pendekatan yang dilakukan oleh para guru dalam pelaksanaan edukasi seksual yakni melalui lagu berisi konten anggota tubuh yanag boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, melaksanakan edukasi seksual melalui layanan bimbingan konseling, memberi pengarahan cara berpakaian, organ reproduksi, dan jenis kelamin.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Holy Ichda Wahyuni, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Meirza Nanda Faradita, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Islam Syarifurrahman, Universitas Airlangga

References

Ali, Y. F., & Rosaline, V. F. (2020). Peran Sekolah Dalam Mencegah Penyalahgunaan Konten Pornografi Melalui Pendidikan Seks. … Pendidikan Hukum, Politik, Dan …, 1(1). http://mores.stkippasundan.ac.id/index.php/mores/article/download/30/6

Andika, A. (2010). Bicara Seks Bersama Anak. PT Suka Buku.

Artadianti, K. R., & Subowo, A. (2017). IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) PADA SEKOLAH PERCONTOHAN DI SD PEKUNDEN 01 KOTA SEMARANG SEBAGAI UPAYA UNTUK MENDUKUNG PROGRAM KOTA LAYAK ANAK (KLA). Journal Of Public Policy And Management Review, 6(3), 12–26.

Bayhaqi, A. (2021). KPAI: Korban Kekerasan Seksual Paling Tinggi Dialami di Tingkat Sekolah Dasar. Diakses 10 Februari 2022. Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/peristiwa/kpai-korban-kekerasan-seksual-paling-tinggi-dialami-di-tingkat-sekolah-dasar.html

Cobanoglu, F., Ayvaz-Tuncel, Z., & Ordu, A. (2018). Child-Friendly Schools: An Assessment of Secondary Schools. Universal Journal of Educational Research, 6(3), 466–477.

Damarjati, D. (2019). Pelecehan Seksual Tak Ada Kaitan dengan Pakaian Korban, Sepakat?. Diakses tanggal 3 Februari 2023. Detik.Com. https://news.detik.com/pro-kontra/d-4636306/pelecehan-seksual-tak-ada-kaitan-dengan-pakaian-korban-sepakat

Istiningsih, S., Indraswati, D., Rahmatih, A. N., Fauzi, A., Sobri, M., & Sutisna, D. (2021). Sosialisasi Kebijakan Dan Strategi Sekolah Ramah Anak Bagi Mahasiswa Pgsd Universitas Mataram. Jurnal Warta Desa (JWD), 3(3), 176–185. https://doi.org/10.29303/jwd.v3i3.154

Margaretta, S. S., & Kristyaningsih, P. (2020). the Effectiveness of Sexual Education on Sexuality Knowledge and How To Prevent Sexual Violence in School Age Children. JIKBW Press, 57–61.

Maulida, H., & W, R. Y. P. (2021). Communication Behavior At Child Friendly School of Magelang City. Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik, Universitas Tidar, 39, 239–251.

Na’imah, T., Widyasari, Y., & Herdian, H. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 747. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.283

Nurbaya, S., & Qasim, M. (2018). DOI : https://doi.org/10.32382/medkes.v13i2.612 DOI : https://doi.org/10.32382/medkes.v13i2.612. 8153, 19–27.

Nurkhalis, -. (2012). Konstruksi Teori Paradigma Thomas S. Kuhn. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(02), 79. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i02.55

Ramadhan, B. (2023). Komnas Perempuan Bantah Pakaian Terbuka Jadi Pemicu Pelecehan. Diakses 3 Februari 2023. Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/ro9j5d330/komnas-perempuan-bantah-pakaian-terbuka-jadi-pemicu-pelecehan

Situmorang, A., Traggiai, C., Stanhope, R., Hickey, M., Balen, A., Van Der Mei, J., Heijstra, T., Boersma, E., Christie, D., & Viner, R. (2013). Adolescent reproductive health in Indonesia. Best Practice and Research Clinical Obstetrics and Gynaecology, 17(1), 41–56.

Tresiana, N., Duadji, N., Fahmi, T., & Putri, R. D. (2018). Pelatihan Mendesain Kebijakan dan Strategi Sekolah Ramah Anak pada Satuan Pendidikan. Sakai Sambayan Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 41. https://doi.org/10.23960/jss.v2i1.48

Zakiyah, R., Prabandari, Suryo, Y., & Triratnawati, A. (2016). Tabu, Hambatan Budaya Pendidikan Seksualitas Dini pada Anak di Kota Dumai Taboo, The Culture’s Barrier of Early Sexuality Education for Children in the City of Dumai. BKM Journal of Community Medicine and Public Health, 32(9), 323–330. https://jurnal.ugm.ac.id/bkm/article/view/10557/20627

Zulfahmi, A., Billah, M., & Erfantinni, I. H. (2021). Peran BK dalam Memberikan Pemahaman Pendidikan Seks kepada Siswa. 2(4), 2686–2875. https://doi.org/10.31960/konseling.v2i4.1015

Downloads

Published

2023-05-25

How to Cite

Wahyuni, H. I., Faradita, M. N., & Syarifurrahman, I. (2023). PARADIGMA GURU SEKOLAH DASAR TENTANG EDUKASI SEKSUAL SEJAK DINI SEBAGAI IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK: PARADIGM OF ELEMENTARY SCHOOL TEACHER ABOUT SEXUAL EDUCATION FROM EARLY AS A CHILD FRIENDLY SCHOOL IMPLEMENTATION. Anterior Jurnal, 22(2), 88–93. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i2.4713