PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN

THE EFFECT OF COMMUNICATION ABILITY AND EMOTIONAL INTELLIGENCE ON EMPLOYEE PERFORMANCE

Authors

  • Muhammad Takrim Universitas Bina Insani
  • Adrianus Trigunadi Santoso Universitas Bina Insani

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v22i2.4920

Keywords:

Communication Skills, Emmotional Intelligence, Employee Performance

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aspek penting pada sebuah perusahaan, tanpanya kinerja perusahaan tidak akan dapat berjalan dengan baik. Dengan adanya sumber daya manusia, seseorang pemimpin dapat mengetahui informasi karyawan tertentu melalui komunikasi. Selain kemampuan komunikasi, kecerdasan emosional juga perlu dimiliki oleh seorang karyawan dalam meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan komunikasi dan kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan secara positif dan signifikan baik parsial maupun simultan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Uji Regresi Linier Berganda. Data diperoleh dari karyawan aktif di perusahaan yang bekerja di wilayah Bekasi dan sekitarnya dengan menyebarkan kuesioner melalui google form kepada responden, kemudian data diolah menggunakan Aplikasi SPSS dengan menganalisis setiap indikator dari variabel independen terhadap variabel dependennya. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling, dengan penentuannya menggunakan rumus Lemeshow yang didapat sebanyak 140 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja karyawan dipengaruhi oleh variabel Kemampuan Komunikasi secara parsial berpengaruh signifikan dan positif. Variabel Kecerdasan Emosional secara parsial menunjukkan berpengaruh signifikan dan positif terhadap Kinerja karyawan. Kemampuan Komunikasi dan Kecerdasan Emosional secara bersamaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja karyawan di Perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Takrim, Universitas Bina Insani

Adrianus Trigunadi Santoso, Universitas Bina Insani

References

Angraini, P. A. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Pegawai Pt Puspa Jaya Transport Bandar …. Visionist, 7(September). http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/jmv/article/view/1737

Ardiansyah, Y., & Sulistiyowati, L. H. (2018). Pengaruh Kompetensi dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 91. https://doi.org/10.33603/jibm.v2i1.1064

Arfandi. (2020). PENGARUH KOMUNIKASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI STUDI KASUS PADA DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KABUPATEN LUWU UTARA. Universitas Muhammadiyah Palopo.

Arni, M. (2017). Komunikasi Organisasi. Bumi Aksara.

Asy, A., Hakim, A. A., Rizki, S. D., & Sura, T. M. (2020). Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal KOMUNIKASI, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KINERJA PEGAWAI: STUDI EMPIRIS PADA DINAS SUMBERDAYA AIR BINA MARGA SULAWESI TENGGARA. Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal, 1(2). http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/MRABJ

Baehaki, M. K., & Faisal, A. (2020). PENGARUH DISIPLIN KERJA, PELATIHAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN (Studi Kausal Pada Perusahaan Asuransi PT.A.J Sequislife Jakarta). Ilmiah M-Progress, 10(1), 10–22.

Herawati, H. (2019). PENGARUH KOMUNIKASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. Gema Ekonomi, 9(1), 1397–1405.

Ibnu. (2021). Random Sampling Adalah Salah Satu Metode Untuk Melakukan Riset Pasar. Accurate. https://accurate.id/marketing-manajemen/random-sampling-adalah/

Junerti, S., Azra, T. A., Sanito, H., At Taufik, T. bin Z., & Siregar, D. (2021). Pengaruh kecerdasan emosional, karakteristik pekerjaan dan komunikasi kerja terhadap kinerja pegawai di dinas kesehatan pemerintah kabupaten labuhanbatu. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis (JRMB), 6(2), 131–140.

Kurnia, W. Al. (2020). PENGARUH KEDISIPLINAN, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI BALAI DESA WILADEG GUNUNG KIDUL. Jurnal Akuntansi & Manajemen Akmenika, 17(2), 446–453.

Lamirin. (2020). PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA PENGURUS VIHARA DHARMAKIRTI DI KOTA PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Buddha Dan Isu Sosial Kontemporer, 2(1), 9–21.

Lianovanda, D. (2021). Pentingnya Kecerdasan Emosional Bagi Karyawan dan Cara Meningkatkannya. Ruangkerja.Id. https://www.ruangkerja.id/blog/kecerdasan-emosional

Ritonga, E. Y. (2019). Revisi Diktat KOMUNIKASI ORGANISASI Oleh: Elfi Yanti Ritonga, MA. 1–135.

Rizki, P. J., & Fajrianti. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Kecerdasan Emosional terhadap Stres pada Karyawan. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental, 1(1), 569–576.

Suardi Yakub, Rudi Gunawan, J. H. (2015). Pengaruh Kemampuan Komunikasi dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Perkebunan Nusantara I (Persero) Aceh. Jurnal Ilmiah SAINTIKOM, 14(3), 160–170.

Utomo, B. (2019). Analisis Pengaruh Kompetensi Komunikasi , Kecerdasan Emosional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan ( Studi Pada Pt . Bangun Jaya Alam Permai I, Di Kotawaringin Barat). EKOMAKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 8(1), 10–16.

Downloads

Published

2023-05-25

How to Cite

Takrim, M., & Santoso, A. T. (2023). PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN: THE EFFECT OF COMMUNICATION ABILITY AND EMOTIONAL INTELLIGENCE ON EMPLOYEE PERFORMANCE. Anterior Jurnal, 22(2), 94–100. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i2.4920