UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SDN 3 KUMAI HILIR KECAMATAN KUMAI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

EFFORTS TO IMPROVE TEACHERS' SKILLS IN THE LEARNING PROCESS DURING PANDEMI THROUGH CLINICAL SUPERVISION AT SDN 3 KUMAI HILIR, KUMAI DISTRICT, ACADEMIC YEAR 2020/2021

Authors

  • Firdaus Firdaus SDN 3 Kumai Hilir

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v22i2.5073

Keywords:

Keterampilan Mengajar, Proses Pembelajaran, Pandemi, Supervisi Klinis, Guru

Abstract

Proses pengelolaan kelas yang terjadi pada Sekolah SDN 3 Kumai Hilir Kecamatan Kumai selama  masa  pandemi  covid-19  ini  terkendala kurangnya kreatifitas guru dalam menyampaikan materi Ilmu Pengetahuan Alam dengan sistem online, Oleh karenanya peneliti merasa perlu sekali untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru kelas dalam proses pembelajaran dimasa pandemi melalui Supervisi klinis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Penelitian ini akan dilaksanakan di SDN 3 Kumai Hilir Kecamatan Kumai. Hasil penelitian ini adalah pada pra siklus peneliti baru mengamati seberapa besar Keterampilan mengajar guru kelas dalam proses pembelajaran dimasa pandemi dan ternyata hasilnya sangat rendah yakni mendapat skor rata-rata hanya mencapai 6,4 artinya keterampilan mengajar guru kelas dalam proses pembelajaran dimasa pandemi kurang baik. Lalu di lanjutkan siklus I peneliti (kepala sekolah) sudah mengadakan Supervisi klinis untuk memperbaiki keterampilan mengajar guru kelas dalam proses pembelajaran dimasa pandemi di SDN 3 Kumai Hilir Kecamatan Kumai. Supervisor (Peneliti) mengevaluasi hal-hal yang telah terjadi selama observasi dan seluruh siklus proses supervisi dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru kelas dalam proses pembelajaran dimasa pandemi. Di lihat dari Hasil supervisi ada peningkatan skor rata-rata dari pra siklus ke siklus I, dimana hasil skor rata-rata observasi pra siklus hanya mencapai skor 6,25 sementara pada siklus I mencapai 11,75 yang artinya keterampilan mengajar guru kelas dalam proses pembelajaran dimasa pandemi baik. Selanjutnya pada siklus II Hasil supervisi mencapai skor 14,75 artinya Keterampilan mengajar guru kelas dalam proses pembelajaran dimasa pandemi sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Firdaus Firdaus, SDN 3 Kumai Hilir

References

Arikunto Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Imam Gunawan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar . Bandung: PT Remaja RoSDakarya.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta CV.

Suharjono. 2010. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Malang: Lembaga Cakrawala Indonesia (LCI).

Hamzah. 2011. Profesi Kependidikan : Problema, Solusi, dan Formasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta : Numi Aksara.

Suharsaputra, Uhar. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung : Refika Aditama.

Surakhmad, Winarno. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Pt Remaja Rosda Karya.

Mulyasa.2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nurfuadi, Moh.Roqib. 2009. Kepribadian Guru. Yogyakarta : Grafindo Litera Media.

Iim Waliman, dkk. 2001. Supervisi Klinis (Modul Manajemen Berbasis Sekolah). Bandung: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

Agus Taufiq. 2007. Supervisi Bimbingan dan Konseling (Bahan Pelatihan BK di Cikole). Bandung.

Downloads

Published

2023-05-25

How to Cite

Firdaus, F. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SDN 3 KUMAI HILIR KECAMATAN KUMAI TAHUN PELAJARAN 2020/2021: EFFORTS TO IMPROVE TEACHERS’ SKILLS IN THE LEARNING PROCESS DURING PANDEMI THROUGH CLINICAL SUPERVISION AT SDN 3 KUMAI HILIR, KUMAI DISTRICT, ACADEMIC YEAR 2020/2021. Anterior Jurnal, 22(2), 18–27. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i2.5073