Inovasi Penggunaan Media Digital pada Layanan Bimbingan Karir dalam Kerangka Kurikulum Merdeka Belajar di Era Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v23i1.5738Keywords:
Penggunaan Media Digital, Layanan Bimbingan Karir, Kurikulum MerdekaAbstract
Layanan bimbingan karir dengan media digital digunakan guru BK dalam upaya untuk memberikan informasi terkait karir. Guru BK/ Konselor sekolah harus mampu memanfaatkan teknologi untuk menunjang pemberian layanan BK, khususnya dalam pemberian layanan bimbingan karir dalam kurikulum merdeka belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui inovasi penggunaan media digital pada layanan bimbingan karir dalam kerangka kurikulum merdeka belajar di era society 5.0. metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian survey. Desain penelitian survey dipilih untuk melihat tingkat penggunaan media digital pada layanan bimbingan karir dalam kerangka merdeka belajar dan inovasi yang digunakan guru BK dalam layanan bimbingan karir. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan media digital yang dilakukan guru BK se Kotawaringin Timur dalam pemberian layanan karir masih dalam kategori sedang dan perlu ditingkatkan serta disesuaikan dengan kurikulum merdeka pada era society 5.0. kesimpulan dalam penelitian ini adalah inovasi dalam penggunaan media digital yang dilakukan oleh guru BK beraneka ragam diantaranya seperti Whatsaap Google Classroom, Canva, Instagram, dll. Akan tetapi dalam proses nya perlu adanya sosialisasi terhadap guru BK terkait penggunaan media digital yang berfokus pada karir siswa.
Downloads
References
Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan Untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173
Ginting, R. L., & Purba, T. E. (2021). Pengembangan Bahan Bimbingan Karir Berbasis Internet dalam Pelayanan Informasi Pada Siswa Kelas XI SMA. Indonesian Counseling and Psychology, 1(2), 19. https://doi.org/10.24114/icp.v1i2.25762
Hanapi, K., Gutji, N., & Amanah, S. (2022). Pengaruh Layanan Informasi menggunakan Media Sosial terhadap Perencanaan Karier Siswa Kelas XI di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 13645–13654. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4609
Ilfana, A., & Hidayat, D. R. (2022). Konseling Karier untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa: Kajian Pustaka. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(7). https://doi.org/https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i7.7540
Januari, M. R. (2022). Pengaruh Bimbingan Karier Berbasis Media Digital terhadap Perencanaan Karir Siswa SMK Negeri 7 Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Kesuma, R. G., Pambudi, A. T., & Aliyah, S. N. (2018). Kelompok Psikoedukasi Sebagai Strategi Meningkatkan Self-Efficacy Pengambilan. Prosiding Seminar Nasiional Strategi Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Era Disrupsi, July, 242–247. https://www.researchgate.net/profile/Aji-Pambudi/publication/326539474_KELOMPOK_PSIKOEDUKASI_SEBAGAI_STRATEGI_MENINGKATKAN_SELF-EFFICACY_PENGAMBILAN_KEPUTUSAN_KARIER_DAN_ADAPTABILITAS_KARIER_PESERTA_DIDIK_SMP_DI_KOTA_SEMARANG/links/5b5349d80f7e9b240ff935c
Kusuma, R. H., Muslifar, R., & Janah, M. (2023). Implementasi Bimbingan Karier dengan Pemanfaatan Media Daring bagi Siswa Kelas XII Sekolah Menengah Atas. 3(2), 74–85.
Maidiana, M. (2021). Penelitian Survey. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.23
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN
Masfiah, S., Hendriana, H., & Suherman, M. M. (2020). Layanan Bimbingan Karier Untuk Siswa Smp Kelas Ix. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(4), 151. https://doi.org/10.22460/fokus.v3i4.5426
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosdakarya.
Rahmatyana, N., & Irmayanti, R. (2020). Teknik Modeling Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Perencanaan Karier Siswa Sma. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(2), 61. https://doi.org/10.22460/fokus.v3i2.4916
Rosadi, H. Y., & Andriyani, D. F. (2020). TANTANGAN MENJADI GURU BK DENGAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding KONFERENSI ILMIAH MAHASISWA UNISSULA (KIMU) 4 Universitas Islam Sultan Agung, 356–363.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Suherman, S., Musnaini, M., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). INDUSTRY 4.0 vs SOCIETY 5.0 (Issue September). CV. Pena Persada.
Titting, H., & Feriyanto, F. (2021). Bimbingan Karir Berbasis Konsep Manusia Toraja di Era Revolusi Industri 4.0. PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen, 2(2), 85–101. https://doi.org/10.34307/peada.v2i2.30
Tri Putri, A. s, Irman, & Fitriani, W. (2022). OPTIMALISASI PERAN KONSELOR SEKOLAH ERA MERDEKA BELAJAR. Jurnal Realita Bimbingan Dan Konseling (JRbk), 7(2), 1842–1852.
Wira, A. T. (2018). Pengembangan multimedia bimbingan karir berbasis android tentan g program studi di perguruan tinggi untuk meningkatkan eksplorasi karir peserta didik kelas X SMAN 2 Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Riza Amalia, Erma Pratiwi Nufi, Izati Maydana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.