INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP IT SE-KALIMANTAN TENGAH
Internalization Of Religious Moderation Values In Learning Islamic Religious Education In SMP IT Central Kalimantan
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v23i2.6271Keywords:
Pelaksanaan Internalisasi , Nilai-Nilai Moderasi, Kualitatif DeskriptifAbstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pelaksanaan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT se-Kalimantan Tengah. (2) Mendeskripsikan hasil internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT se-Kalimantan Tengah. (3) Mendeskripsikan kendala pelaksanaan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT se-Kalimantan Tengah. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian guru Pendidikan Agama Islam dan siswa, serta kepala sekolah sebagai informan. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dengan teknik analisis data menggunakan koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT se-Kalimantan Tengah sudah dilakukan dengan baik oleh guru Pendidikan Agama Islam yakni sejak kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (2) Hasil internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT se-Kalimantan Tengah dilakukan melalui berbagai kegiatan pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas. (3) Kendala yang dihadapi adalah terkait dengan latar belakang pendidikan peserta didik dan guru yang berbeda, masih kurangnya pemahaman dan kemampuan guru mengenai cara menginternalisasi nilai moderasi beragama pada semua materi yang diajarkan di sekolah.
Downloads
References
Abdullah dan Subhan Arief (2021). Konstruksi Moderasi Beragama: PPIM UIN Jakarta.
Abdullah, M.A. (2006). Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Abdullah, M.A. (2001). Al-Ta’wil al-‘Ilmi: Ke Arah Perubahan Paradigma Penafsiran Kitab Suci. al-Jami’ah, 39(1).
Anwar Syaiful (2014). Desain Pendidikan Agama Islam Konsepsi dan Aplikasinya dalam Pembelajaran di Sekolah. Idea Press: Yogyakarta
Azis, A.A., dkk. (2019). Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Kementerian Agama RI.
Hanafi, Y., dkk. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama: Sidoarjo: Delta Pijar Khatulistiwa
Hanafi, Y., dkk. (2021). The New Identity of Indonesian Islamic Boarding Schools in the "New Normal": the Education Leadership Response to Covid-19. Heliyon. 7(3). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06549.
Hanafi, Y., dkk. (2020a). Development and validation of a questionnaire for teacher effective communication in Qur’an learning. British Journal of Religious Education (BJRE). 42(4). https://doi.org/10.1080/01416200.2019. 1705761.
Hanafi, Y. (2019b). The Changing of Islamic education curriculum Paradigm in Public Universities. Al-Ta’lim Journal. 26(3), 243-253. http://dx.doi.org/10.15548/jt.v26i3.552.
Hawi Akmal (2014). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Rajawali Pers: Jakarta
Khatulistiwa. Ibrahim, I., Wulansari, D., & Hidayat, N. (2018). Radicalism in Indonesia and the Reflective Alternatives to Reduce. PEOPLE: International Journal of Social Sciences, 3(3), 1554–1564. https://dx.doi.org/10.20319/pijss.2018.33.15541564.
Krisiandi. (2019, July 9). Kepala BNPT: Mantan Militan ISIS Tak Boleh Dimarginalkan. Retrieved November 2, 2019, from KOMPAS.com website: https://nasional.kompas.com/read/2019/07/09/21593981/kepalabnpt-mantan-militan-isis-tak-boleh-dimarginalkan?page=all
Ma’rifah, I. (2012). Rekonstruksi Pendidikan Agama Islam: Sebuah Upaya Membangun Kesadaran Multikultural untuk Mereduksi Terorisme dan Radikalisme Islam. Conference Proceedings: Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) XII UIN Sunan Ampel Surabaya.
Mahfud, C., Prasetyawati, N., Wahyuddin, W., Agustin, D. S. Y., & Sukmawati, H. (2018). Religious Radicalism, Global Terrorism and Islamic Challenges in Contemporary Indonesia. Jurnal Sosial Humaniora, 11(1), 8. https://doi.org/10.12962/j24433527.v11i1.3550.
Pahrudin Agus, dkk., (2017). Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural: Perjumpaan Berbagai Etnis Dan Budaya. Pustaka Ali Imron: Lampung Selatan
Rusydiyah Fatimatur Evi (2019). Aliran dan Paradigma Pemikiran Pendidikan Agama Islam Kontemporer. UIN Sunan Ampel Press: Surabaya
Tim penyusun (2019). Moderasi Beragama. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Gedung Kementerian Agama RI: Jakarta Pusat
Tӧme, L. (2015). The "Islamic State‟: Trajectory and Reach A Year After Its Self-Proclamation as A "Caliphate‟. Journal of International Relation, 6(1), 116–139.
Zen Suhendi Endi dan Khairiyah Nelty (2014). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abdul Azis, Ali Iskandar Zulkarnain
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.