Regulation Learning Qur’an: Upaya Membangun Kemandirian Belajar Abad 21

Authors

  • Saiful Lutfi Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Surawan Surawan Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Adisty Arselia Zanuba Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v23i1.6618

Keywords:

Self-regulated learning, Kemandirian belajar, Remaja

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi dilapangan, peneliti melihat sebagian remaja di Desa Ruwuk Ranggan kurang memperhatikan tanggung jawab intelektualnya, khususnya dalam pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang self-regulated learning pada remaja di Desa Ruwuk Ranggan Kecamatan Cempaga Kabupaten Kotawaringin Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif  dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa mayoritas remaja di Desa Ruwuk Ranggan memiliki self-regulated learning yang rendah, terkhusus dalam belajar Al-Qur’an secara mandiri, namun ada juga sebagian remaja yang memiliki self-regulated learning yang tinggi. self-regulated learning pada remaja dalam belajar Al-Qur’an dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung yaitu; 1) keyakinan diri (Self efficacy), 2) motivasi diri (Self-motivation), 3) dukungan sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Saiful Lutfi, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Surawan Surawan, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Adisty Arselia Zanuba, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

References

Aziz, J. A. (2017). Self Regulated Learning dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(1), 81–108. https://doi.org/10.14421/jpai.2017.141-06

Azmi, S. (2016). Self Regulated Learning Salah Satu Modal Kesuksesan Belajar dan Mengajar. Jurnal Psychology & Humanity, 1(1), 400–406.

Bintoro, W., Purwanto, E., & Noviyani, D. I. (2013). Hubungan Self Regulated Learning dengan Kecurangan Akademik Mahasiswa. Educational Psychology Journal, 2(1), 57–64. https://e-journal.faiuim.ac.id/index.php/dirasatIslamiah

Deasyanti, & R., A. A. (2007). Self Regulation Learning pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Perspektif Ilmu Pendidikan, 16(VIII), 13–21. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/PIP.162.2

Dinata, P. A. C., Rahzianta, & Zainuddin, M. (2016). Self Regulated Learning Sebagai Strategi Membangun Kemandirian Peserta Didik dalam Menjawab Tantangan Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 139–146.

DLT, S. A., Hamidah, H., & Surawan, S. (2022). SELF REGULATED LEARNING DALAM BELAJAR AL-QUR’AN PADA REMAJA DI SIDOMULYO TUMBANG TAHAI PALANGKA RAYA. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 4(2), 117-130. https://doi.org/10.54437/ilmuna.v4i2.602

Fasikhah, S. S., & Fatimah, S. (2013). Self Regulated Learning (SRL) dalam Meningkatkan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 145–155. https://doi.org/10.4135/9781412964012.n19

Fauzia, I., & Surawan, S. (2021). KEMAMPUAN PEDAGOGISITAS USTADZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SANTRI UNTUK MEMBACA AL-QUR’AN. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 357–367. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v8i2.5333

Hafifah, W., Hamdanah, H., & Surawan, S. (2023). DAMPAK PEMBINAAN AKHLAK TERHADAP SELF CONTROL REMAJA. journal TA'LIMUNA, 12(2), 128-139. doi:http://dx.doi.org/10.32478/talimuna.v12i2.1682

Hukmiah, H., & Saad, M. (2020). Al-Qur’an antara Teks dan Konteks. Dirasat Islamiah: Jurnal Kajian Keislaman, 1(1), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.3893615

Khoerunnisa, N., Rohaeti, E. E., & Ningrum, D. S. ayu. (2021). Gambaran Self Regulated Learning Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 298–308. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7433

Latipah, E. (2010). Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar: Kajian Meta Analisis. Jurnal Psikologi, 37(1), 110–128. https://doi.org/10.22146/jpsi.7696

Mariadi, M., Surawan, S., & Monalisa, M. (2022). Analisis Pemberdayaan Potensi Siswa Melalui Model Self Directed Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Islamic Education Annaba, 8(2), 253-267.

Mukhid, A. (2008). STRATEGI SELF-REGULATED LEARNING (Perspektif Teoritik). Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 233–239. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/tjpi.v3i2.239

Pradnyaswari, N. M., & Susilawati, L. K. P. A. (2019). Peran Self Control dan Self Regulated Learning terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas ( SMA ). Jurnal Psikologi Udayana, 6(3), 32–43. https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/52406

Sholihah, D. N., Sahrani, R., & Hastuti, R. (2019). Peran Self-Regulated Learning Terhadap Emotional Exhaustion yang Dimediasi Oleh Student Engagement pada Santri. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3(2), 423–432. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v3i2.5949

Surawan, S., & DLT, S. A. (2022). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH INSECURITY PADA SISWA SMAN 01 PALANGKA RAYA. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(2), 260-269.

Surawan, S. (2020). Dinamika Dalam Belajar (Sebuah Kajian Psikologi Pendidikan). Yogyakarta: K-Media.

Surawan, S. (2019). Peningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar PAI Menggunakan Model Pembelajaran Pakem Pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Sumbermulyo Bantul Yogyakarta. Journal of Classroom Action Research, 1(1), 29–30. https://doi.org/10.29303/jcar.v1i1.239

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187

Yasdar, M., & Muliyadi, M. (2018). Penerapan Teknik Regulasi Diri (self-regulation) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(2), 50–60. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i2.9

Yusuf, M., Muslimah, M., & Surawan, S. (2023). The Use of Sociodrama to Instill Noble Morals (Akhlâq al-Karîmah) in Adolescents. Tsamratul Fikri | Jurnal Studi Islam, 17(1), 1-11. doi:10.36667/tf.v17i1.1183

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Lutfi, S., Surawan, S., & Zanuba, A. A. (2024). Regulation Learning Qur’an: Upaya Membangun Kemandirian Belajar Abad 21. Anterior Jurnal, 23(1), 75–80. https://doi.org/10.33084/anterior.v23i1.6618