Kandungan Nilai Pendidikan Islam pada Tradisi Pawai Khatam Quran di Nagari Pasia Kabupaten Agam Sumatera Barat

The Value of Islamic Education in Tradition Khatam Quran Parade from Nagari Pasia West Sumatra

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v23i3.7339

Keywords:

Value of Islamic Education, Khatam Quran Parade Tradition, Nagari Pasia, Agam Regency, West Sumatra

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalam Tradisi Pawai Khatam Quran di Nagari Pasia, Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Sumatera Barat. Fokus masalah adalah sudah menjadi tradisi bertahun-tahun di Nagari ini melaksanakan kegiatan syiar agama Islam, namun belum terdapat tulisan yang spesifik menggali nilai pendidikan Islam yang terkandung. Penelitian ini dilakukan secara Kualitatif melalui pendekatan Fenomenologis dengan teknik Purpossive Sampling melalui interaksi dan wawancara terhadap masyarakat sekitar, panitia khatam Quran, santri serta wali santri yang terlibat di dalam kegiatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penulis menemukan terdapat 3 komponen yang mengandung nilai pendidikan Islam pada tradisi Pawai Khatam Quran di Nagari Pasia, Sumatera Barat diantaranya, Komponen Seremonial, Komponen Pakaian, dan komponen arak-arakan. Pada komponen seremonial nilai pendidikan Islam tersirat dari susunan acara yang sarat dengan pesan-pesan syiar agama Islam. Kedua, pada komponen pakaian penulis menemukan bahwa ragam pakaian yang dikenanakan sarat dengan nilai ibadah dan akhlak yang berlandaskan agama dan kearifan lokal. Ketiga, pada komponen arak-arakan penulis menemukan unsur-unsur yang terlibat memberikan makna pendidikan akhlak, terlihat dari peran dan bagian yang ditampilkan dari masing-masing peserta pawai yang terikat dengan nilai-nilai adat yang basandi syarak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Tobroni Tobroni, Universitas Muhammadiyah Malang

Ahmad Saefulloh, Universitas Palangka Raya

Faridi Faridi, Universitas Muhammadiyah Malang

Syafrul Nalus, STAI Pengembangan Ilmu Al-Qur`an (STAIPIQ)

Surawan Surawan, IAIN Palangkaraya

References

Ahmadi, A. (2001). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Alwizar. (2015). Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali. Jurnal Potensia Vol.14 Edisi 1, 129-130.

Ardiyana, R. (2023, 02 02). Apa Itu Khatam Al-Qur'an? Ini Bacaan Doa serta Tips Anak Cepat Khatam. Dipetik 04 22, 2024, dari https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/rekaardiyana/apa-itu-khatam-al-quran-berikut-penjelasannya

BNN, H. (2020, 12 22). PRESS RELEASE AKHIR TAHUN 2020; “Sikap BNN Tegas, Wujudkan Indonesia Bebas Dari Narkoba”. Dipetik 09 12, 2021, dari https://bnn.go.id/press-release-akhir-tahun-2020/

Darajat, Z. (2000). Dasar-Dasar Agama Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Galilea, P. (2018, 02 07). PUSAT REHABILITASI NARKOBA GALILEA. Dipetik 09 12, 2021, dari https://galileaprn.wordpress.com/

Hamdi Ishak, Mohd Hanafi Mamat, MohdFaizulamri Mohd Saad, & Sabri Mohamad. (2019). Tahap Pembelajaran dan Faktor Pencapaian Murid dalam Model Khatam al-Quran j-QAF. Islāmiyyāt, 41(2).

Hassan, S. S. Bin, & Zailaini, M. A. Bin. (2013). Khatam Al-Quran in Islamic Education Curriculum in Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.373Hakim, L. (2015). pemikiran imam al-ghazali tentang pendidikan akhlak. 18-24.

Herawati. (2017). Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan. Vol 3., 128-131.

HM. Thoha Chabib. ( 2005). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,Cet. Ke-2,.

Indonesia, C. (2020, 07 22). Polisi Ringkus Mahasiswa Aktif Bandar Narkoba. Dipetik 10 02, 2020, dari CNN Nasional: https://m.cnnindonesia.com/nasional/20200721232450-12-527386/polisi-ringkus-mahasiswa-aktif-bandar-narkoba

K, A. (2019). Tradisi Khatam Qur’an sebagai Upaya Perwujudan Pendidikan KarekterIslami di Kota Ternate Maluku Utara. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 11(1). https://doi.org/10.46339/foramadiahi.v11i1.146

KBBI. (2016). https://kbbi.kemdikbud.go.id. Dipetik 04 22, 2024, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Qur'an

Malangpos. (2023, 1 24). Mayoritas Pelaku Narkoba Didominasi Usia Muda. Diambil kembali dari malangposcomedia: https://malangposcomedia.id/mayoritas-pelaku-narkoba-didominasi-usia-muda/

Manurung, E. (2018, 02 06). Jenis Golongan dan Penerapan Pasal yang Dikenakan pada UU Narkotika. Dipetik 11 18, 2020, dari https://www.hukumonline.com/: https://www.hukumonline.com/berita/baca/lt5a799bc2a041a/jenis-golongan-dan-penerapan-pasal-yang-dikenakan-pada-uu-narkotika-oleh--eric-manurung/

Marison, W. (2020, 03 10). Dua Mahasiswa Pengedar Narkoba Ditangkap, Polisi AKan Razia Kampus dalam Waktu Dekat. Dipetik 10 02, 2020, dari Kompas.com: https://megapolitan.kompas.com/read/2020/03/10/15353781/dua-mahasiswa-pengedar-narkoba-ditangkap-polisi-akan-razia-kampus-dalam

Mubarak, F. R. (2014). PSIKOTERAPI ISLAM PADA PASIEN GANGGUAN JIWA AKIBAT PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI PONDOK INABAH BANJARMASIN. Studia Insania, 132 vol. 2, no. 2.

Muhaimin. (2008). Nuansa Baru Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nasokah, N. (2019). KONSEP PEMIKIRAN AL-GHAZALI TENTANG PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM (Studi Kitab Ihya’ Ulumuddin). Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 19(2). https://doi.org/10.32699/mq.v19i2.1607

Pratama, N. N., Hamidin, & Zulfadhl. (2013). Pasambahan Dalam Upacara Khatam Al Quran Di Nagari Tabek Patah Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2).

Puspawati, D. (2021). Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan Akhlak bagi Anak Usia Dini Perspektif Perenialisme. Educational Journal of Islamic Management, 1(1). https://doi.org/10.47709/ejim.v1i1.1113

Sandora, L. (2020). TRADISI KHATAM QUR’AN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI KECAMATAN TILATANG KABUPATEN AGAM. Khazanah: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam, 10(2). https://doi.org/10.15548/khazanah.v10i2.343

Rohayati, E. (2011). Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan Akhlak. Jurnal Pendidikan, 96-99.

Saefulloh, A. (2019). Model Pendidikan Islam bagi Pecandu Narkotika. Yogyakarta: Deepublish.

Sandora, L. (2020). TRADISI KHATAM QUR'AN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI KECAMATAN TILATANG KABUPATEN AGAM. Khazanah: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam Vol. 10 No.2 (2020) : Juli - Desember.

Sartito. (2000). Pengantar Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang.

Sitnawati, A. M. (2018). Tradisi dalam Pernikahan Masyarakat Ternate di Kota Ternate. http://eprints.unm.ac.id/10080/1/ARTIKEL.pdf.

Suroso, E. (2021, 06 22). Pandemi, Peredaran Narkoba di Palangka Raya Marak. (H. Firmansyah, Editor) Dipetik 09 11, 2021, dari https://rri.co.id/nasional/sigap/1087194/pandemi-peredaran-narkoba-di-palangka-raya-marak

Tamba, S. (2011). Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali. Jurnal Al-Hikmah. Vol. 8. No. 1, 73-75.

Wirdanengsih, W. (2019). MAKNA DAN TRADISI-TRADISI DALAM RANGKAIAN TRADISI KHATAM QURAN ANAK-ANAK DI NAGARI BALAI GURAH SUMATERA BARAT. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 5(1). https://doi.org/10.22373/equality.v5i1.5375Purnomo, I. D. (2016). TERAPI DENGAN PENDEKATAN KONSEP KOGNITIF PERILAKU UNTUK MENCEGAH RELAPSE PADA PENGGUNA NARKOBA. Psikodimensia, Vol 15, No 1 (2016)

Downloads

Published

2024-09-19

How to Cite

Tobroni, T., Saefulloh, A., Faridi, F., Nalus, S., & Surawan, S. (2024). Kandungan Nilai Pendidikan Islam pada Tradisi Pawai Khatam Quran di Nagari Pasia Kabupaten Agam Sumatera Barat: The Value of Islamic Education in Tradition Khatam Quran Parade from Nagari Pasia West Sumatra. Anterior Jurnal, 23(3), 17–25. https://doi.org/10.33084/anterior.v23i3.7339