Kandungan Nilai Pendidikan Islam pada Tradisi Pawai Khatam Quran di Nagari Pasia Kabupaten Agam Sumatera Barat
The Value of Islamic Education in Tradition Khatam Quran Parade from Nagari Pasia West Sumatra
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v23i3.7339Keywords:
Khatam Quran Parade Tradition, Nagari Pasia, Agam Regency, West SumatraAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalam Tradisi Pawai Khatam Quran di Nagari Pasia, Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Sumatera Barat. Fokus masalah adalah sudah menjadi tradisi bertahun-tahun di Nagari ini melaksanakan kegiatan syiar agama Islam, namun belum terdapat tulisan yang spesifik menggali nilai pendidikan Islam yang terkandung. Penelitian ini dilakukan secara Kualitatif melalui pendekatan Fenomenologis dengan teknik Purpossive Sampling melalui interaksi dan wawancara terhadap masyarakat sekitar, panitia khatam Quran, santri serta wali santri yang terlibat di dalam kegiatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penulis menemukan terdapat 3 komponen yang mengandung nilai pendidikan Islam pada tradisi Pawai Khatam Quran di Nagari Pasia, Sumatera Barat diantaranya, Komponen Seremonial, Komponen Pakaian, dan komponen arak-arakan. Pada komponen seremonial nilai pendidikan Islam tersirat dari susunan acara yang sarat dengan pesan-pesan syiar agama Islam. Kedua, pada komponen pakaian penulis menemukan bahwa ragam pakaian yang dikenanakan sarat dengan nilai ibadah dan akhlak yang berlandaskan agama dan kearifan lokal. Ketiga, pada komponen arak-arakan penulis menemukan unsur-unsur yang terlibat memberikan makna pendidikan akhlak, terlihat dari peran dan bagian yang ditampilkan dari masing-masing peserta pawai yang terikat dengan nilai-nilai adat yang basandi syarak.
Downloads
References
Ahmadi, A. (2001). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Alwizar. (2015). Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali. Jurnal Potensia Vol.14 Edisi 1, 129-130.
Ardiyana, R. (2023, 02 02). Apa Itu Khatam Al-Qur'an? Ini Bacaan Doa serta Tips Anak Cepat Khatam. Dipetik 04 22, 2024, dari https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/rekaardiyana/apa-itu-khatam-al-quran-berikut-penjelasannya
BNN, H. (2020, 12 22). PRESS RELEASE AKHIR TAHUN 2020; “Sikap BNN Tegas, Wujudkan Indonesia Bebas Dari Narkoba”. Dipetik 09 12, 2021, dari https://bnn.go.id/press-release-akhir-tahun-2020/
Darajat, Z. (2000). Dasar-Dasar Agama Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Galilea, P. (2018, 02 07). PUSAT REHABILITASI NARKOBA GALILEA. Dipetik 09 12, 2021, dari https://galileaprn.wordpress.com/
Hamdi Ishak, Mohd Hanafi Mamat, MohdFaizulamri Mohd Saad, & Sabri Mohamad. (2019). Tahap Pembelajaran dan Faktor Pencapaian Murid dalam Model Khatam al-Quran j-QAF. Islāmiyyāt, 41(2).
Hassan, S. S. Bin, & Zailaini, M. A. Bin. (2013). Khatam Al-Quran in Islamic Education Curriculum in Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.373Hakim, L. (2015). pemikiran imam al-ghazali tentang pendidikan akhlak. 18-24.
Herawati. (2017). Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan. Vol 3., 128-131.
HM. Thoha Chabib. ( 2005). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,Cet. Ke-2,.
Indonesia, C. (2020, 07 22). Polisi Ringkus Mahasiswa Aktif Bandar Narkoba. Dipetik 10 02, 2020, dari CNN Nasional: https://m.cnnindonesia.com/nasional/20200721232450-12-527386/polisi-ringkus-mahasiswa-aktif-bandar-narkoba
K, A. (2019). Tradisi Khatam Qur’an sebagai Upaya Perwujudan Pendidikan KarekterIslami di Kota Ternate Maluku Utara. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 11(1). https://doi.org/10.46339/foramadiahi.v11i1.146
KBBI. (2016). https://kbbi.kemdikbud.go.id. Dipetik 04 22, 2024, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Qur'an
Malangpos. (2023, 1 24). Mayoritas Pelaku Narkoba Didominasi Usia Muda. Diambil kembali dari malangposcomedia: https://malangposcomedia.id/mayoritas-pelaku-narkoba-didominasi-usia-muda/
Manurung, E. (2018, 02 06). Jenis Golongan dan Penerapan Pasal yang Dikenakan pada UU Narkotika. Dipetik 11 18, 2020, dari https://www.hukumonline.com/: https://www.hukumonline.com/berita/baca/lt5a799bc2a041a/jenis-golongan-dan-penerapan-pasal-yang-dikenakan-pada-uu-narkotika-oleh--eric-manurung/
Marison, W. (2020, 03 10). Dua Mahasiswa Pengedar Narkoba Ditangkap, Polisi AKan Razia Kampus dalam Waktu Dekat. Dipetik 10 02, 2020, dari Kompas.com: https://megapolitan.kompas.com/read/2020/03/10/15353781/dua-mahasiswa-pengedar-narkoba-ditangkap-polisi-akan-razia-kampus-dalam
Mubarak, F. R. (2014). PSIKOTERAPI ISLAM PADA PASIEN GANGGUAN JIWA AKIBAT PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI PONDOK INABAH BANJARMASIN. Studia Insania, 132 vol. 2, no. 2.
Muhaimin. (2008). Nuansa Baru Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Nasokah, N. (2019). KONSEP PEMIKIRAN AL-GHAZALI TENTANG PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM (Studi Kitab Ihya’ Ulumuddin). Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 19(2). https://doi.org/10.32699/mq.v19i2.1607
Pratama, N. N., Hamidin, & Zulfadhl. (2013). Pasambahan Dalam Upacara Khatam Al Quran Di Nagari Tabek Patah Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2).
Puspawati, D. (2021). Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan Akhlak bagi Anak Usia Dini Perspektif Perenialisme. Educational Journal of Islamic Management, 1(1). https://doi.org/10.47709/ejim.v1i1.1113
Sandora, L. (2020). TRADISI KHATAM QUR’AN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI KECAMATAN TILATANG KABUPATEN AGAM. Khazanah: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam, 10(2). https://doi.org/10.15548/khazanah.v10i2.343
Rohayati, E. (2011). Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan Akhlak. Jurnal Pendidikan, 96-99.
Saefulloh, A. (2019). Model Pendidikan Islam bagi Pecandu Narkotika. Yogyakarta: Deepublish.
Sandora, L. (2020). TRADISI KHATAM QUR'AN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI KECAMATAN TILATANG KABUPATEN AGAM. Khazanah: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam Vol. 10 No.2 (2020) : Juli - Desember.
Sartito. (2000). Pengantar Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang.
Sitnawati, A. M. (2018). Tradisi dalam Pernikahan Masyarakat Ternate di Kota Ternate. http://eprints.unm.ac.id/10080/1/ARTIKEL.pdf.
Suroso, E. (2021, 06 22). Pandemi, Peredaran Narkoba di Palangka Raya Marak. (H. Firmansyah, Editor) Dipetik 09 11, 2021, dari https://rri.co.id/nasional/sigap/1087194/pandemi-peredaran-narkoba-di-palangka-raya-marak
Tamba, S. (2011). Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali. Jurnal Al-Hikmah. Vol. 8. No. 1, 73-75.
Wirdanengsih, W. (2019). MAKNA DAN TRADISI-TRADISI DALAM RANGKAIAN TRADISI KHATAM QURAN ANAK-ANAK DI NAGARI BALAI GURAH SUMATERA BARAT. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 5(1). https://doi.org/10.22373/equality.v5i1.5375Purnomo, I. D. (2016). TERAPI DENGAN PENDEKATAN KONSEP KOGNITIF PERILAKU UNTUK MENCEGAH RELAPSE PADA PENGGUNA NARKOBA. Psikodimensia, Vol 15, No 1 (2016)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tobroni Tobroni, Ahmad Saefulloh, Faridi Faridi, Syafrul Nalus, Surawan Surawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.