Meningkatkan Apresiasi Sastra Pada Peserta Didik Melalui Story Telling Berbasis Cerita Rakyat Kalimantan Tengah

Authors

  • Siti Arnisyah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Keywords:

Cerita Rakyat, Apresiasi Sastra, Kalimantan Tengah

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini hadir sebagai sarana untuk membantu melestarikan kebudayaan daerah kalimantan tengah melalui kegiatan story telling tentang cerita rakyat yang ada di Kalimantan Tengah. Rancangan program kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai sastra tradisional kepada peserta didik sehingga memperkuat kecintaan terhadap karya sastra berbasis local wisdom. Kegiatan story telling ini sangan bermanfaat bagi peserta didik sebagai wawasan dasar konsep kesusastraan yang periode belakangan ini berangsur tenggelam. Wawasan atau pengetahuan tentang sastra tentu saja dapat menumbuhkan jiwa kreatifitas, estetika, dan nilai-nilai kearifan lainnya bagi peserta didik. Selain itu, kegiatan ini tentu saja bermanfaat bagi pihak sekolah karena dengan dilaksanakannya kegiatan story telling akan memberi warna bagi proses belajar mengajar yang menurut pihak sekolah ini merupakan suatu hal yang baru di sekolah tersebut. Baik peserta didik, guru, maupun perangkat sekolah lainnya akan tersadarkan betapa pentingnya penanaman kesusastraan di sekolah untuk meningkatkan nilai-nilai kearifan dan Pendidikan karakter. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-05-31