Analisis Tingkat Pencemaran Udara Kendaraan Bermotor di Area Parkir Selatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Analysis of Air Pollution Levels of Motorized Vehicles in the South Parking Area of ​​Yogyakarta Muhammadiyah University

Authors

  • Reza Zulfikar Akbar Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/mitl.v8i1.4680

Keywords:

Emisi, Polusi Udara, Transportasi, Kendaraan Bermotor

Abstract

Padatnya aktivitas transportasi seperti penggunaan kendaraan bermotor adalah sumber utama yang memicu terjadinya pencemaran lingkungan terutama pencemaran udara dari emisi gas buang yang dihasilkan. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai salah satu tarikan perjalanan bagi mahasiswa tentu akan berpengaruh dengan penggunaan kendaraan pribadi. Hal ini mengakibatkan padatnya penggunaan kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil di lingkungan kampus sehingga memicu terjadinya pencemaran lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pencemaran udara yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor di kawasan parkir selatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan hasilnya akan dibandingkan dengan parameter baku mutu udara ambien Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengumpulan data primer dilakukan dengan melakukan survei lalu lintas untuk mendapatkan data volume kendaraan dan survei spot speed untuk mendapatkan data kecepatan kendaraan. Sedangakan data sekunder diperoleh dari instansi terkait dan perhitungan emisi kendaraan menggunakan rumus empirik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa nilai emisi polutan pencemar udara akan meningkat dengan besarnya volume kendaraan bermotor dan berdasarkan evaluasi emisi polutan terhadap baku mutu udara ambien DIY dapat dikatakan bahwa pada area parkir zona selatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta telah tercemari oleh jenis polutan CO sebesar 56,712 ppm dan HC sebesar 7,786 ppm.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Reza Zulfikar Akbar, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

L. A. Chambers, Classification and Extent of Air Pollution Problems 3rd Edition Volume 1, New York: Academia Press, 1976.

D. Murwono, Transport and Environmental Planning, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada, 2008.

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, "Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 153 Tahun 2002 Tentang Baku Mutu Udara Ambien Daerah Istimewa Yogyakarta," Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, Yogyakarta, 2022.

Pemerintah Republik Indonesia, "Peraturan Pemerintah Tentang Pengendalian Pencemaran Udara," Pemerintah Republik Indonesia, Jakarta, 1999.

Winaryani, "Analisa Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Akibat Arus Lalu Lintas (Studi Kasus Pada Ruas Jalan Magelang Yogyakarta)," Universitas Muhammadiyah Yogyakata, Yogyakarta, 2006.

Downloads

Published

2023-03-02

How to Cite

Akbar, R. Z. (2023). Analisis Tingkat Pencemaran Udara Kendaraan Bermotor di Area Parkir Selatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta: Analysis of Air Pollution Levels of Motorized Vehicles in the South Parking Area of ​​Yogyakarta Muhammadiyah University. Media Ilmiah Teknik Lingkungan (MITL), 8(1), 25–33. https://doi.org/10.33084/mitl.v8i1.4680