Pemetaan Mutu Pendidikan Dan Solusi Terapinya (PMP-St) Jenjang Sma Di Wilayah Kota Palangkaraya
Mapping Of Quality Of Education And Its Solution (PMP-St) Jenjang High Schools In The Palangkaraya City
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1303Keywords:
Pemetaan Mutu Pendidikan, Solusi TerapiAbstract
Peta Mutu Pendidikan dan Solusi Terapinya (PMP-ST) disusun dengan tujuan Memberikan gambaran tentang data capaian/pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP) pada tingkat satuan pendidikan, Memberikan rekomendasi secara tepat kepada berbagai pemangku kepentingan guna pencapaian/pemenuhan delapan SNP di satuan pendidikan di wilayah Palangka Raya dan sasarannya adalah Warga satuan pendidikan menengah (SMA) di wilayah Kota Palangka Raya selaku pelaku utama proses pendidikan di tingkat paling bawah. Bedasarkan hasil rapor Peta Mutu Pendidikan (PMP), pada 13 SMA yang tersebar di wilayah Kota Palangka Raya yang sudah mengisi aplikasi PMP dan kevalidan datanya telah diverifikasi oleh pengawas sekolah masing-masing. SMA di Kota Palangka Raya belum ada yang memenuhi apalagi melampui delapan SNP. Dari 13 SMA yang mengisi rapor PMP kesemuanya masih berada di bawah SNP. 3 SMA berada pada level 3 (menuju SNP 3), dan 10 SMA berada pada level 4 (menuju SNP 4). Khusus untuk Kota Palangka Raya jenjang SMA, alternatif solusi dan Rekomendasinya sesuai hasil analisis penyebab Ketidaktercapaian indikator/subindikator pada setiap standar.
Downloads
References
Diplan. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SDN 5 Panarung Palangka Raya.(Tesis). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2009.
Jakarta : Prestasi
Mulyasa, E. 2011. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : Rosda.
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Ramli, Muhamad & Isnawati. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1):6-10.
Setiawan, M. Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Setyawan, Dedy. 2014. Pembelajaran Matematika yang Mengacu Multiple Inteligences pada Materi Statistik di Kelas XI Ips Sma Negeri 2 Batu. Anterior Jurnal, 14(2):51-58.
Sudjana dan Rivai. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka.
Suhardjono, Supardi. 2011. Penelitian TindakanKelas. Jakarta: Bumi. Aksara.
Susanto. Ahmad, 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License