Upaya Pemberdayaan Guru Oleh Kepala Sekolah Guna Meningkatkan Prestasi Kerja Yang Optimal Pada SD Negeri Tumbang Kalemei

Teacher Empowerment Efforts By The School Head To Improve Optimum Work Achievement In SD Negeri Tumbang Kalemei

Authors

  • Dagan Dagan SD Negeri Tumbang Kalemei

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i2.1702

Keywords:

Pemberdayaan Guru, Prestasi Kerja Optimal

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada tahap ini peneliti melaksanakan rencana tindakan supervise individual/kelompok untuk menilai administrasi guru yang sudah dikumpulkan sebelumnya. Pelaksanaan supervise dilakukan dengan pertemuan individual office-conference. Hal ini dilakukan terutama kepada guru yang tidak mengumpulkan perangkat pembelajaran, untuk mengetahui penyebab/masalahnya. Tahap ini peneliti rencanakan berlangsung selama 2 minggu dan dilaksanakan bersama-sama dengan kolaborator. Pelaksanaan inovasi pembelajaran guru sudah melaksankan inovasi sesuai apa yang sudah di arahkan oleh kepala sekolah dan imotivasi. Hal ini ditunjukkan dengna bukti ilmiah adanya peningkatan dari siklus I sebesar 62,50% menjadi siklus II sebesar 87,50%. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari presensi kehadiran guru dan keaktifan dalam membuat administrasi guru serta dalam mengajar, diperloeh data bahwa guru mulai menerapkan inovasi dalam pembelajaran di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dagan Dagan, SD Negeri Tumbang Kalemei

References

Adimiharja, K.(2002). Metode Penelitian Sosial. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya
Ali, M. (1987). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo
Anwar, Idochi. (1984). Evaluasi dan Pengukuran Pendidikan. Jakarta : Depdikbud
Aqib, Zainal.(2002). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendikia
Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta : Rineka Cipta.
BAKN.(1980). Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan Dan Daftar Urut Kepangkatan Pegawai Negeri Sipil. Jakarta: PT. Analtu.
DEPDIKBUD.(1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Dharma, Agus.(1999). Manajemen Prestasi Kerja. Jakarta : CV Rajawali
Engkoswara. (1999). Dasar-dasar Administrasi Pendidikan. Jakarta : CV Rajawali
Fauzan, Mohamad. (2004). Kontribusi Efektivitas Manajemen Terhadap Kinerja Guru. Tesis Administrasi Pendidikan : Tidak Diterbitkan.
Flippo, E.B. (1995). Manajemen Personalia Edisi 6, Alih Bahasa Moh Mas’ud. Jakarta : Erlangga.
Mundu Kabupaten Cirebon). Tesis Program Pasca Sarjana Upi.
Hadari, Nawawi. (1998). Administrasi Penmdidikan. Jakarta : CV Haji Masagung
Hariyanto, Anita B. (2001). Keterampilan Kepemimpinan. Jakarta : Mitra Media.
Hasibuan, Malayu SP. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara
Mangkunegara, Anwar Prabu. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moekijat. (1989). Manajemen Tenaga Kerja dan Hubungan Kerja. Bandung : Pionir Jaya
Mulyasa, E. (2006). Menjadi Kepala Sekolah Yang Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nazir, M. (1999). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta : Ghalia Indonesia.
Nasution, S. (1987). Penelitian Pendidikan, Prosedur dan Strategi. Bandung : Bumi Aksar.
Permadi, Ade Salahudin & Muchlis Saini. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):20-26.
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Riadin, Agung. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Peserta Didik Kelas V SDS Muhammadiyah Plus Kabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2014/2015.
Sahlan Hadi, Akdon. (2005). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi dan Manajemen. Bandung : Dewa Ruchi.
Samsudin, Sadili. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : CV Pustaka Setia
Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung : CV Mandar Maju.
Siagian, S.P. (1992). Organisasi, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta : PT Toko Gunung Agung.
Siagian, S.P. (2002). Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Stewart Aileen Mitchell. (2002). Empowering People. Yogyakarta : Konisius.
Strauss & Stayles. (1981). Manajemen Personalia : Segi Manusia Dalam Organisasi. Penerjemah NY L Mulyana. Jakarta : Percetakan Sapodadi.
Subino. (1982). Bimbingan Skripsi : Rancangan, Pelaksanaan, Analisis dan Penelitian. Bandung: ABA Yapari.
Sudjana. (1996). Metode Statistika. Bandung : Transito
Sutisna, Oteng. (1983). Administrasi Pendidikan (Dasar dan Teoritis untuk Praktek Profesional). Bandung : Angkasa.
Sufaryarma. (2003). Manajemen Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2000). Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta
Surakhmad, Winarno. (1998). Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung : Transito
Syadam, Ghauzali. (1996). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Gunung Agung.
Syafarudin. (2002). Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan. Jakarta : Grasindo
Tim Dosen Adpend UPI. (2008). Manajemen Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Tim Dosen MKDK. (2002). Pengelolaan Pendidikan. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
______. (2009). Undang-undang Guru dan Dosen. Bandung : Fokus Media Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). (2008). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah
(Laporan Buku, Makalah, Skripsi, Tesis dan Disertasi). Bandung : Depdiknas UPI.
Usman Uzer. (1995). Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Wahjusumidjo. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah (Tinjauan Teori dan Permasalahannya). Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Wasito, Hermawan. (1995). Pengantar Metodelogi Penelitian. Jakarta : Pustaka Utama Gramedia.
Winardi. (1971). Organisasi Perkantoran dan Motivasi. Bandung : Alumni
Yanwar Yosef. (2005). Pengaruh Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader Terhadap Prestasi Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Cidadap Kota Bandung. Bandung : Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan UPI.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Dagan, D. (2020). Upaya Pemberdayaan Guru Oleh Kepala Sekolah Guna Meningkatkan Prestasi Kerja Yang Optimal Pada SD Negeri Tumbang Kalemei: Teacher Empowerment Efforts By The School Head To Improve Optimum Work Achievement In SD Negeri Tumbang Kalemei. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(2), 70–78. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i2.1702