Meningkatkan Kemampuan Membaca Reading for Reference dalam Teks Bahasa Inggris Siswa Kelas VII-1 SMP Muhammadiyah Palangka Raya Semester 2 Tahun Pelajaran 2015-2016 melalui Teknik Inference.
Improving the Reading Ability of Reading in English Texts of Class VII-1 Students in Muhammadiyah Middle School Palangka Raya Semester 2 of the 2015-2016 Academic Year through Inference Technique.
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v11i2.420Keywords:
Reading For ReferenceAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kemampuan membaca reading for reference siswa kelas VII-1 SMP Muhammadiyah Palangka Raya berada dikisaran nilai 0-40 dengan rerata 7 pada rentang 0-100 dan tanpa satupun siswa yag mencapai KKM. Olehkarena itu diupayakan agar kemampuan reading for reference siswa tersebut meningkat dengan menggunakan teknik inference. Dalam penelitian ini inference disebut juga dengan istilah inferensi. Sedangkan prosesnya disebut inferring. Inference atau Inferensi atau inferring dapat berarti sebagai proses yang dilakukan pembaca untuk memahami makna yang tidak diungkapkan secara tersurat. Setelah dilaksanakan selama 2 (dua) siklus, hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan bahwa teknik inference dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca reading for reference dengan sangat baik. Peningkatan rerata secara individu dan klasikal menunjukan bahwa peningkatan rerata terendah secara individu terjadi sebesar 1,5 kali dari kemampuan awal dan tertinggi sebesar 8,5 kali lipat. Peningkatan rerata kemampuan secara klasikal juga terjadi. Hasil penelitian menunjukan rerata peningkatan kemampuan siswa setelah dua siklus menjcapai rerata 5 kali lipat. Peningkatan juga terjadi pada jumlah siswa yang mencapai atau melampaui KKM. Data menunjukan bahwa pada kemampuan awal tidak ada satupun siswa yang mencapai KKM atau 0 %. Pada siklus 1 meningkat menjadi 9,5 % (Sembilan koma lima persen) dan pada akhir siklus 2 jumlah siswa yang mencapai atau melampaui KKM sebanyak 60,9 %.(enam puluh koma sembilan persen). Ini menunjukan bahwa teknik inference cukup berhasil meningkatkan jumlah siwa dalam mencapai KKM
Downloads
References
Arifin, Zanial. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rodakarya
Brown, Douglas H. 2000. Teaching by Principles : An Interactive Approach to Language Pedagogy. Second Edition. California:Longman
Depdiknas. 2004. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk SMP/MTs.
Handayani, Dwi Suci Nur. 2010. The Effectiveness of Nursery Rhymes in Teaching Speaking to the Eighth Grade Students of SMP Muhamadiyah 1 Alternatif Kota Magelang in the School year 2010/2011 (A Paper). Magelang: Tidar University Magelang
McNeil. John D. 1991. Reading Comprehensiitonon -3rd E. New York : Harper Collins Publisher.
Raymond S, Pastore, Ph.D. 2003. Principles of Teaching. Associate Professor of Education Bloomsburg University. Bloomsburg.
Suryati, N. 2003. Pembelajaran Membaca Bahasa Inggris. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Susilowati, Yulia. 2007. Upaya Peningkatan Ketrampilan Berbahasa Produktif Siswa pada Teks Recount Melalui Biografi Card Trading (Laporan Penelitian). Ungaran
Thornbury, Scott. 2004. How to Teach Vocabulary. Malysia, Longman
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License