Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian Dengan Menggunakan Metode Jarimatika Pada Peserta Didik Kelas IIB SDN 2 Palangka
Efforts to Improve Multiplication Learning Outcomes Using the Jarimatics Method for Class IIB Students at Elementary School 2 Palangka
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i1.5749Keywords:
Hasil belajar, Perkalian, Teknik JarimatikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas peserta didik dalam proses belajar saat menggunakan metode jarimatika, (2) mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar pada materi perkalian pelajaran matematika dengan menggunakan metode jarimatika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi aktivitas guru, aktivitas peserta didik, dan tes berupa soal isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan: (1) aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 3,94 atau cukup tinggi sedangkan pada siklus II memperoleh 3,7 atau cukup tinggi ; (2) aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 4,02 atau tinggi sedangkan siklus II memperoleh rata-rata 4,06 atau tinggi ; (3) hasil belajar pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 80,83% dengan persentase hasil belajar sebesar 70,83% sedangkan siklus II memperoleh rata-rata sebesar 87,50% dengan persentase hasil belajar sebesar 91,66%. Dari data hasil penelitian yang diperoleh maka metode jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi perkalian yang dilakukan di kelas II B SD Negeri 2 Palangka.
Downloads
References
Astuti, Trivia. (2020). Metode Berhitung Lebih Cepat Jarimatiaka. Bandung: Bintang Indonesia.
Paizaluddin, & Ermalinda. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). ALFABETA, cv.
Aqib., Z & Murtadlo., A.(2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: CV. YRAMA WIDYA.
Yudha., F.(2020). Penerapan Metode Jarimatika Materi Perkalian Pada Siswa Kela 4 MI Hidayatul Mubtadiin Balak Songgon, Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 6, 1.
Mustadi, Ali, dkk. (2018) . Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. UNY Press.
Aryani, Rizqi. (2020). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 4 di MI Futukhiyah Pamulian, Warungpring Pemalang Tahun Ajaran 2019/2020. Ibtida, 1, 1.
Kurniasih. I., & Sani, B. (2014). Teknik dan Cara Mudah Membuat Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru. Kata Pena.
Anggreini, E. R., dkk. (2020). Pengembangan Metode Demontrasi Berbasis Alat Peraga Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SD. Yogyakarta: K-Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Endang Sri Estimurti, Eka Mei Florensa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License