Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian Dengan Menggunakan Metode Jarimatika Pada Peserta Didik Kelas IIB SDN 2 Palangka

Efforts to Improve Multiplication Learning Outcomes Using the Jarimatics Method for Class IIB Students at Elementary School 2 Palangka

Authors

  • Endang Sri Estimurti Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Eka Mei Florensa Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i1.5749

Keywords:

Hasil belajar, Perkalian, Teknik Jarimatika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas peserta didik dalam proses belajar saat menggunakan metode jarimatika, (2) mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar pada materi  perkalian pelajaran matematika dengan menggunakan metode jarimatika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi aktivitas guru, aktivitas peserta didik, dan tes berupa soal isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan: (1) aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 3,94 atau cukup tinggi sedangkan pada siklus II memperoleh 3,7 atau cukup tinggi ; (2) aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 4,02 atau tinggi sedangkan siklus II memperoleh rata-rata 4,06 atau tinggi ; (3) hasil belajar pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 80,83% dengan persentase hasil belajar sebesar 70,83% sedangkan siklus II memperoleh rata-rata sebesar  87,50% dengan persentase hasil belajar sebesar 91,66%. Dari data hasil penelitian yang diperoleh maka metode jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi perkalian yang dilakukan di kelas II B SD Negeri 2 Palangka.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Endang Sri Estimurti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Eka Mei Florensa, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Astuti, Trivia. (2020). Metode Berhitung Lebih Cepat Jarimatiaka. Bandung: Bintang Indonesia.

Paizaluddin, & Ermalinda. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). ALFABETA, cv.

Aqib., Z & Murtadlo., A.(2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: CV. YRAMA WIDYA.

Yudha., F.(2020). Penerapan Metode Jarimatika Materi Perkalian Pada Siswa Kela 4 MI Hidayatul Mubtadiin Balak Songgon, Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 6, 1.

Mustadi, Ali, dkk. (2018) . Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. UNY Press.

Aryani, Rizqi. (2020). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 4 di MI Futukhiyah Pamulian, Warungpring Pemalang Tahun Ajaran 2019/2020. Ibtida, 1, 1.

Kurniasih. I., & Sani, B. (2014). Teknik dan Cara Mudah Membuat Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru. Kata Pena.

Anggreini, E. R., dkk. (2020). Pengembangan Metode Demontrasi Berbasis Alat Peraga Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SD. Yogyakarta: K-Media.

Downloads

Published

2023-03-29

How to Cite

Estimurti, E. S., & Florensa, E. M. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian Dengan Menggunakan Metode Jarimatika Pada Peserta Didik Kelas IIB SDN 2 Palangka: Efforts to Improve Multiplication Learning Outcomes Using the Jarimatics Method for Class IIB Students at Elementary School 2 Palangka. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(1), 134–140. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i1.5749