Peran Guru Bimbingan Konseling Mengatasi Kenakalan Remaja di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v10i1.597Keywords:
guru BK, kenakalan remajaAbstract
Masa remaja seringkali dihubungkan dengan penyimpangan dan ketidakwajaran. Kenakalan remaja merupakan suatu tindakan atau bentuk gejala patologis sosial yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. Akibatnya para remaja mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang. Kenakalan remaja disebabkan oleh adanya perubahan pada pribadi remaja, hal tersebut menunjukkan adanya usaha remaja untuk meningkatkan kualitas kepribadiannya. Remaja yang melakukan perbuatan nakal memerlukan perhatian bukan cacian ditimpakan pada mereka. Guru BK mempunyai peran yang sangat penting untuk menangani masalah kenakalan remaja yang terjadi di sekolah.
Downloads
References
Kartono, Kartini. 2011. Kenakalan Remaja. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Kusumawati, Ambar, dkk. 2012. Pengaruh Pergaulan Kawan Sebaya Terhadap Kenakalan Remaja Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Natar Tp 2011/2012. Jurnal Bimbingan Konseling. Volume 1, Nomor 1. ISSN 2301-9824.
Nindya P. N dan Margaretha R. 2012.Hubungan antara Kekerasan Emosional pada Anak
terhadap Kecenderungan Kenakalan Remaja. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental. Vol.1.No.02.
Republik Indonesia. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.
Santrock, J. W. 2011. Life Span Development. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1 (edisi kelima). Jakarta: Erlangga.
Syafaat Dkk. 2008. Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Wahidin, dkk. 2012. Pemahaman Remaja Tentang Kenakalan Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Di Kecamatan Mamajang Makassar. Jurnal Ilmu Sosial. Vol.I No.1. ISSN 2302-6340
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License