Pengaruh Layanan Bimbingan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di MTS Muslimat NU Palangkaraya
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v9i1.611Keywords:
Layanan Bimbingan Belajar, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Layanan Bimbingan Belajar yang diterima peserta terhadap Motivasi Belajar di sekolah pada kelas VIII MTs Muslimat NU Palangkaraya tahun pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu penelitian yang memaparkan tentang karakteristik dari data variabel yang diteliti. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Muslimat NU Palangkaraya tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 54 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel random atau sampel acak.instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang terdiri dari masing-masing variabel 25 item. Berdasarkan hasil penelitian variabel layanan bimbingan belajar terhadap motivasi belajar dengan menggunakan analis statistik korelasi product moment tangkar, diperoleh r hitung sebesar = 0,55 > r tabel (N = 54-2) pada taraf signifikan 5% tabel r produk moment, yaitu 0,279. Mengingat r hitung lebih lebih besar dari r teoretik maka disimpulkan terdapat pengaruh/ hubungan yang positif atau signifikan antara layanan bimbingan belajar dengan motivasi belajar.
Downloads
References
Hariyanto,S.Pd, (2013) Pengertian Motivasi Belajar. http://www.belajarpsikologi.com/pengertian-motivasi-belajar(23 Pebruari 2013)
Asmani, J.M. (2010) Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jogjakarta : Diva Press
Marlianti, (2012) Kebiasaan Belajar Peserta Didik Kelas VII dan VIII di MTs Muslimat NU Palangka Raya Tahun Pelajaran 2012/2013. Palangka Raya: Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
Masri Singarimbun, (1982) Metodologi Penelitian Survey Sosial. Jakarta : LP3ES Muhibbin Syah, (2000) Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Nana Sudjana, (2002) Metodologi Penelitian. Bandung : Tarsito
Prayitno, (1997) Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Depdiknas
Sardiman,A.M, (2006) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.
Sofyan S.Willis, (2004) Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung : Alfabeta
Mutmainah Setianingsih NIM. 05470042, (2009) Peranan Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta (Studi Kasus Mata Pelajaran Tarikh). Skripsi Thesis, Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Sugiyono, (2008) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, (2010) Metode penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto, (2006) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Sutrisno Hadi, (1987) Analisis Regresi. Yogyakarta : Andi Offset
Sutrisno Hadi, (1990) Statistik Jilid II. Yogyakarta : Fakultas Psikologi UGM
Sutrisno Hadi, (1994) Metodologi Researc III. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM
Syaiful Bahri Djamarah, (2002) Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License