Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Peserta Didik Pada MTS. Islamiyah Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v9i1.614Keywords:
Kooperatif tipe STAD, Hasil belajar PKnAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik dan guru, pengelolaan pembelajaran oleh guru dan hasil belajar PKn peserta didik kelas V I IA p a d a M.Ts. Islamiyah Palangka Raya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2013 / 2014 dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas VIIA M.Ts. Islamiyah Palangka Raya yang berjumlah 20 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, dengan menggunakan analisis data presentase ketuntasan klasikal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar PKn mencapai nilai KKM dimana presentase ketuntasan klasikal 100% dengan rata-rata 89,5; (2) pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang sesuai dengan langkah-langkahnya dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan guru serta dapat meningkatkan hasil belajar PKn.
Downloads
References
Karuru, Perdy. 2004. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk meningkatkan Kualitas Belajar IPA Peserta Didik SLTP. http://www.depdiknas.go.id/jurnal/45/perdy Karuru.htm
Indarwanti. 2013. Penerapan Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri I Samarinda pada Mata Pelajaran Geografi. Tesis.
Jurusan Pendidikan Geografi. Malang : Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Mega Irhamna. 2009 . Cooperative Learning dengan Model STAD pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 2 Delitu. Jurnal Penelitian Kependidikan , Tahun 19, Nomor 2, Oktober 2009
Nanik Pudjowati . 2009 . Implementasi Model STAD (Student Teams Achievement Divisions) Sebagai Upaya Peningkatan Apresiasi HAM Pada Peserta Didik Kelas VII SMP 1. Jurnal Lemlit, Volume 3, Nomer 2, Desember 2009
Rusman.2011.Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionaisme Guru.Jakarta:Rajawali Pers.
Safitri Barus, A. (2014). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Menggunakan Animasi Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. Medan: Pascasarjana Universitas Negeri Medan.
Slavin. 2007 . Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Slavin . 2007. Cooperatif Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License